10 Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah dengan Benar

10 Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah dengan Benar

  • April 28, 2021
10 Cara Mengatasi Pori-pori Besar di Wajah dengan Benar

Pori-pori yang besar memang sering kali menjadi keluhan banyak wanita. Meski tak sepenuhnya bisa ditutup atau dihilangkan, namun ada kok beberapa cara mengatasi pori-pori besar yang bisa dilakukan.

Cara Tepat Mengatasi Pori-pori Wajah

  1. Rutin membersihkan wajah

Salah satu cara mengatasi pori-pori besar adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Biasanya pori-pori jadi tersumbat karena kotoran atau sisa makeup yang menempel di wajah. 

Saat kotoran menyumbat pori-pori, maka  pori-pori pun melebar. Sehingga wajib sekali hukumnya membersihkan wajah terlebih malam hari sebelum tidur.

Anda bisa menggunakan air dingin atau air hangat untuk membersihkan wajah. Jangan sampai suhunya terlalu panas karena justru membuka pori-pori.

  1. Eksfoliasi kulit wajah secara teratur

Eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah juga penting dilakukan secara teratur. Sel-sel kulit mati berisiko menjadi kotoran yang akan menyumbat pori-pori dan memperbesar ukurannya.

Pilihlah eksfoliator wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Perhatikan pula ketika proses eksfoliasi, jangan sampai Anda menggosok wajah terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.

  1. Gunakan produk skincare dengan kandungan retinol

Retinol ternyata bisa mengatasi masalah pori-pori besar Anda, lho. Pori-pori wajah yang membesar bisa terjadi karena kulit berminyak, kendur, dan berjerawat. Sehingga Anda bisa menggunakan produk dengan kandungan retinol yang sebaiknya dipakai malam hari sebelum tidur.

  1. Gunakan pore strip

Pori-pori yang besar memang sering terlihat jelas di permukaan wajah khususnya hidung. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pore strip alias stiker penghilang pori-pori.

Pore strip ini berguna untuk mengangkat komedo, sel kulit mati, dan juga minyak berlebih di permukaan hidung. Hal ini akan membuat pori-pori wajah Anda tampak mengecil.

Setelah kotorannya terangkat, kulit akan jadi lebih halus. Anda bisa menggunakan pore strip ini secara rutin agar hasilnya maksimal.

Namun, hati-hati bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebab, penggunaan pore strip yang terlalu sering bisa membuat kulit hidung menjadi iritasi.

  1. Menggunakan sunscreen di siang hari

Penggunaan sunscreen atau tabir surya memang penting untuk mengatasi pori-pori yang membesar.

Paparan sinar matahari memang tidak bisa dihindari, apalagi bagi Anda yang bekerja di luar ruangan. Kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa mengalami kerusakan.

Selain menggunakan sunscreen, usahakan agar selalu mencari tempat teduh di tengah aktivitas di luar. Sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai kulit wajah.

  1. Gunakan produk perawatan wajah bebas minyak dan non-comedogenic

Pori-pori besar bisa diatasi dengan menggunakan produk perawatan yang non-comedogenic dan oil free. Non-comedogenic berarti tidak membuat pori-pori tersumbat saat penggunaannya.

  1. Pilih pembersih wajah dengan tekstur gel

POri-pori wajah besar bagi pemilik kulit berminyak disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang bertekstur gel. Sebab, facial wash ini mampu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah.

  1. Menggunakan moisturizer

Pelembap alias moisturizer juga penting digunakan untuk mengatasi pori-pori wajah yang besar. Namun, banyak sekali pemilik kulit berminyak menghindari moisturizer karena takut minyak di wajahnya akan semakin banyak.

Justru menggunakan pelembap akan membantu minyak alami di wajah menembus hingga lapisan kulit yang lebih dalam sehingga kulit wajah pun akan terlihat lebih sehat.

  1. Menggunakan salicylic acid untuk atasi jerawat

Pori-pori wajah yang tersumbat membuat wajah rentan berjerawat. Ini membuat pori-pori membesar. Gunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi jerawat. 

  1. Gunakan clay mask

Clay mask juga bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Clay mask ini adalah jenis masker tanah liat yang gunanya untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Selain melakukan berbagai cara tersebut, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar membantu perawatan kulit dari dalam. Pastikan juga untuk minum air putih yang cukup agar kulit tidak dehidrasi. 

Itulah 10 cara mengatasi pori-pori besar yang bisa Anda lakukan. Semoga Anda mendapatkan kulit wajah mulus dan sehat seperti yang didambakan!

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*