5 Cara Tepat Memilih Obat Flu Generik

  • August 16, 2020

Flu sering kali dialami seseorang, gejalanya mulai dari demam, pilek, batuk, dan bersin. Untuk mengatasinya, banyak orang yang membeli obat flu generik di apotek atau warung dekat rumah. Ini sangat membantu Anda dalam hal waktu dan biaya. Nah, manfaat obat flu generik ini bisa Anda peroleh dengan baik jika Anda memilihnya dengan tepat.

Berbagai merk obat flu generik yang tersedia, mungkin di sini masih banyak yang bingung bagaimana caranya memilih obat flu yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih obat flu generik yang tepat.

  • Tentukan, apakah obat tipe umum atau tipe khusus.

Obat flu generik bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe umum untuk mengobati penyakit umum, dan tipe khusus untuk gejala penyakit yang khusus. Jika Anda mengalami berbagai gejala flu yang umum, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, dan sejenisnya, maka cocok mengonsumsi obat flu tipe umum. Obat dengan tipe umum ini mengandung kombinasi bahan-bahan aktif yang seimbang, sehingga ampuh mengobati setiap gejala yang muncul. Umumnya, kemasan obat flu generik tipe umum ini dilengkapi dengan keterangan “Mengatasi berbagai gejala flu”.

Apabila gejala yang muncul tampaknya parah, seperti demam, pilek, dan sakit tenggorokan yang sudah sangat mengganggu, maka obat flu tipe khusus akan lebih efektif. Biasanya, kemasan obat flu generik dengan tipe khsusus ini ada keterangan menyembuhkan sakit tenggorokan, mengobati batuk, untuk pilek dan hidung tersumbat, dan sejenisnya. Obat flu tipe khusus bekerja dengan lebih cepat dibandingkan tipe umum. Oleh sebab itu, obat ini cocok untuk Anda yang menginginkan efek obat bekerja dengan cepat.

  • Tidak ada salahnya mencoba obat flu lepas lambat (sustained release).

Aturan minum obat flu generik biasanya tiga kali sehari setelah makan atau sebelum tidur. Hanya saja, orang-orang sering melewatkan minum obat di siang hari karena sibuk bekerja. Orang-orang yang seperti ini direkomendasikan mengonsumsi obat flu sustained release yang telah diracik dengan dosis yang tepat. Alhasil, obat ini dapat bekerja dengan baik meskipun hanya dikonsumsi dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari.

  • Bisa menggunakan obat-obatan Cina.

Penggunaan obat-obatan Cina juga dapat dikonsumsi jika gejala flu belum terlalu parah. Terlebih lagi, bagi Anda yang akan berkendara dapat mengonsumsi obat ini sebelumnya, karena tidak akan menyebabkan kantuk. Hanya saja, obat ini bekerja lebih lambat, sehingga bagi Anda yang mengalami gejala yang cukup parah, tidak cocok mengonsumsinya. Maka dari itu, sebelum memilih obat flu generik, Anda harus tahu dulu kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

  • Hindari obat yang mengandung antihistamin jika akan mengemudi.

Sebelum Anda membeli obat flu generik, periksa terlebih dahulu kandungannya. Jika Anda mengonsumsi obat sebelum berkendara, maka hindarilah obat-obatan yang mengandung antihistamin. Meskipun zat ini efektif menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat, tapi memiliki efek kantuk yang dapat berisiko kecelakaan jika Anda mengemudi. Beberapa obat flu generik yang mengandung antihistamin adalah Diphenhydramine hydrochloride, Chlorpheniramine maleate, Clemastine fumarate, Mequitazine, dan Carbinoxamine maleate.

  • Pilih obat dalam bentuk cair jika ingin cepat sembuh.

Obat flu yang banyak dijual di toko-toko obat telah tersedia dalam berbagai bentu, seperti kapsul, tablet, puyer, dan obat sirop. Anda tidak perlu khawatir, adanya perbedaan bentuk obat ini tidak akan membedakan kandungan yang ada di dalamnya. Hanya saja, obat dalam bentuk cair atau sirop cenderung lebih mempercepat proses penyembuhan flu. Sayangnya, harganya pun lebih mahal dibandingkan obat flu dalam bentuk tablet atau kapsul. Jadi, ini disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membeli obat-obatan tersebut.

Inilah 5 cara tepat sebelum Anda membeli obat flu generik di apotek atau toko obat lainnya yang dekat dengan rumah Anda. Selalu baca kandungan zat aktif dalam kemasan obat sebelum membeli. Perlu Anda pahami, bahwa obat flu hanya mampu meredakan gejala-gejala yang muncul, bukan untuk mengobati. Oleh sebab itu, Anda tetap perlu memenuhi asupan nutrisi dari makanan, banyak minum air putih, dan cukup istirahat untuk membantu memulihkan kondisi.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*