5 Ciri-Ciri Kurang Tidur yang Terjadi pada Perubahan Perilaku Saat Bekerja

  • January 14, 2022

motivasinya hanya berkeliaran pergi - sleep on working potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Kurang tidur tidak hanya menimbulkan ciri-ciri pada fisik Anda, seperti mata lelah, badan lemas, sakit kepala, dan lainnya. Pada saat Anda tidur tidak dengan waktu yang cukup, maka bisa juga menimbulkan ciri-ciri kurang tidur pada perilaku.”

Pekerjaan yang menumpuk seringkali menjadi alasan seorang pekerja bergadang untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga menyebabkan kurangnya waktu tidur. Padahal, perlu Anda tahu bawah kurang tidur juga akan memberikan dampak pada kinerja Anda saat di kantor. 

Tidak hanya menimbulkan rasa ngantuk, ciri-ciri kurang tidur juga bisa terjadi dalam bentuk yang lain selain yang terlihat pada fisik Anda. 

Ciri-ciri kurang tidur saat di kantor

Selain fisik, ciri-ciri kurang tidur juga bisa terjadi pada perilaku Anda. Oleh karena itu, sebagian orang tidak menyadari bahwa hal tersebut disebabkan karena kurangnya waktu tidur pada malam hari. Maka, simaklah beberapa ciri-ciri kurang tidur di bawah ini:

  1. Anda menjadi lebih sering berdebat 

Perbedaan pendapat sangat mungkin terjadi selama bekerja. Namun, adanya pengaruh suasana hati yang negatif karena kurang tidur membuat Anda menjadi lebih rentan meributkan hal kecil hingga akhirnya berdebat.

Selain itu, para peneliti juga berpikir bahwa kurang tidur bisa menurunkan kontrol impuls Anda. Anda akan lebih rentan untuk menanggapi sesuatu secara spontan tanpa memikirkan etika terlebih dahulu yang selanjutnya akan membuat Anda berada di dalam masalah baru. 

  1. Membuat keputusan yang tidak baik

Ciri-ciri kurang tidur selanjutnya adalah timbulnya kemungkinan teman kerja Anda menanyakan secara berulang atas keputusan yang Anda buat.

Saat kurang tidur, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kemampuan otak untuk memproses informasi dan juga menurunkan kadar fokus Anda. Jika kedua hal tersebut terjadi, dan ditambah dengan suasana hati yang buruk, maka bisa memicu Anda untuk mengambil keputusan yang buruk tanpa melihat data dengan benar.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa akurasi dalam keputusan yang diambil secara cepat pada orang kurang tidur hanya sebesar 2,4%. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai ciri-ciri kurang tidur yang satu ini agar meminimalisir risiko salah dalam mengambil keputusan.

  1. Menanyakan hal yang sama berulang kali

Kurang tidur akan menurunkan kemampuan kognitif pada otak Anda, sehingga Anda akan menjadi lamban dalam mencerna dan menghafal informasi yang telah diberikan.

Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan dampak lainnya, seperti tidak maksimal dalam presentasi, terjadi banyak kesalahan dalam mengetik laporan, dan lainnya. 

Faktor sepele ini yakni kurang tidur bisa menganggu aktivitas kinerja Anda selama satu hari.

  1. Menghabiskan banyak waktu untuk hal yang mudah

Ciri-ciri kurang tidur yang bisa mengganggu kinerja Anda yang lainnya yaitu Anda menjadi lamban untuk melakukan sesuatu. Sehingga, membutuhkan waktu lebih lama meskipun hal yang Anda lakukan adalah sesuatu yang mudah.

Hal ini disebabkan karena rasa ngantuk yang menganggu bisa membuat Anda kehilangan energi dan juga menurunnya kemampuan fokus.

  1. Anda melewatkan peluang bagus

Ciri-ciri kurang tidur yang terakahir Anda akan melewatkan peluang bagus yang ada di depan mata Anda. Hal ini masih berkaitan dengan ciri-ciri kurang tidur nomor dua di atas.

Pada saat Anda ditawarkan sesuatu yang bagus pada hari itu, namun efek kurang tidur membuat Anda mengambil keputusan secara spontan dan menghilangkan peluang bagus yang telah diberikan.

Itulah beberapa ciri-ciri kurang tidur yang akan mempengaruhi kinerja Anda saat di kantor. Selain itu, bahaya kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan saat kerja, menurunkan sistem imunitas tubuh, menurunkan kemampuan sosial dan komunikasi Anda pula.

Oleh sebab itu, pastikan tubuh Anda memiliki kualitas tidur yang baik pada malam hari. Sebab, ciri-ciri kurang tidur di atas juga bisa menimbulkan efek jangka panjang seperti timbulnya stres hingga depresi karena pekerjaan yang Anda lakukan tidak maksimal dan mendapat teguran dari atasan Anda. 

Selain tidur, lakukanlah pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga agar tubuh dan otak Anda dapat bekerja secara maksimal.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*