5 Jenis Teh yang Populer di Dunia

  • October 9, 2020

Konsumsi teh di pagi hari menjadi salah satu kebiasaan banyak masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Memiliki sifat yang menenangkan, teh diklaim sebagai minuman favorit paling populer kedua setelah air putih. Termasuk salah satunya teh pu-erh, lantas jenis teh apa saja yang paling menjadi favorit masyarakat dunia untuk dikonsumsi.

Setiap negara di dunia pada umumnya memilik tradisi mengonsumsi teh dengan jenis yang berbeda, meski demikian ternyata hanya beberapa jenis teh yang paling populer di kalangan masyarakat. Beberapa jenis teh ini disebut-sebut menjadi paling favorit dikonsumsi oleh banyak masyarakat, terlepas dari manfaat kesehatan yang dimiliki.

Jenis-jenis Teh Populer di Dunia

  1. Teh Putih

Teh jenis ini memiliki rasa yang ringan dengan sedikit proses pengolahan, daun dipetik lalu menjadi layu karena adanya proses oksidari dan kemudian dikeringkan. Daun teh yang sudah jadi akan berwarna abu-abu terang, perbahan ini yang membuatnya memiliki warna yang lebih putih dan bening ketimbang teh lain.

Teh putih merupakan yang paling populer, jenisnya seperti silver needle dan bai mudan, sementara itu teh putih terbaik berasal dari provinsi Fujian di China. Namun bukan berarti tidak diproduksi di daerah lain, teh putih juga diprodruksi di Nepal dan Yunnan.

  • Teh Pu-erh

Merupakan teh fermentasi yang berasal dari provinsi Yunnan di China, teh pu-erh terbagi menjadi dua jenis yakni sheng atau mentah dan shou atau matang. Ketika daun selesai dioksidasi, akan didiamkan selama berbulan hingga bertahun-tahun. Fakta unik dari teh ini adalah semakin berumur tua maka harga teh ini akan semakin mahal pula.

  • Teh Hijau

Dapat dikatakan jika teh hijau merupakan teh yang paling banyak diminum di beberapa negara di dunia, termasuk salah satunya Indonesia. Namun, produksi teh hijau memerlukan waktu yang lebih lama dan panjang ketimbang jenis teh lain. Produksi teh hijau dilakukan dengan dua metode, steaming atau mengukus dan pan-firing atau disangrai memakai tangan di atas wajan.

Teh hijau yang paling populer berasal dar Jepang, yakni sencha dan genmaicha dengan warna lebih cerah ketimbang jenis lain. Sementara teh hijau yang banyak dikenal orang justru berasal dari China, yakni longjing dan gunpowder yang dikemas dengan spektrum rasa yang lebih luas, seperti asin mentega, rumput, smokey dan kaldu.

  • Teh Oolong

Termasuk dalam jenis teh-semiteroksidasi dan teh yang mengalami proses pembuatan paling rumit, jenis yang terbaik berasal dari Taiwan dan China. Banyak variasi dalam setiap langkah pembuatan, biasanya dengan daun digulung atau dikepang. Perlu diketahui jika semakin tinggi tingkat oksidasinya, maka semakin banyak pula langkah pembuatan yang harus dilakukan.

Jenis teh oolong yang terkenal ada;ah baozhong, da hong pao, jin xuan, dong ping dan tieguanyin. Rasa dari teh ini berbeda-beda, namun kebanyakan orang mendiskripsikan rasa teh ini dengan berbagai rasa yang muncul atau kompleks, seperti rasa madu mandis, creamy susu hingga panggangan.

  • Teh Hitam

Menjadi salah satu yang paling populer di dunia, terbukti teh hitam merupakan salah satu jenis yang paling sering dipasarkan. Beberapa yang terkenal seperti darjeeling, asam, ceylon dan keemun, teh ini menghasilkan rasa dna aroma yang kuat dan pekat karena sangat teroksidasi. Jenis teh hitam paling populer adalah earl grey, yang akan menjadi kemerahan ketika diseduh.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*