5 Manfaat Super dari Si Kecil Buah Cranberry

  • July 9, 2020
Manfaat buah cranberry melimpah sehingga dijuluki makanan super

Buah cranberry yang berukuran kecil memang tidak sepopuler saudara-saudaranya yang ada dalam ras buah beri. Maklum saja, rasanya yang cenderung asam membuat jarang orang mau menikmati buah ini sebagai makanan mentah. Padahal di balik ukurannya yang mini, buah cranberry mengandung beragam manfaat super yang menakjubkan. 

Sama seperti jenis buah beri lainnya, misalnya stroberi dan blueberry, cranberry merupakan buah yang mengandung nutrisi tinggi. Buah ini juga termasuk raja antioksidan sehingga dapat menghasilkan banyak keuntungan jika Anda rajin mengonsumsinya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah cranberry yang sudah teruji. Siapa sangka, buah kecil ini ternyata mempunya manfaat super besar yang pasti membuat Anda tergila-gila untuk mengonsumsinya guna mendapat manfaat salah satu jenis buah beri ini. 

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Buah cranberry menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Bahkan jenis buah mini ini juga mampu mengatasi beberapa keluhan jantung yang berpotensi menjadi berbahaya. 

Adalah antioksidan, yang menjadi sumber manfaat cranberry yang satu ini. Pasalnya, antioksidan pada cranberry mengandung anthocyanin, proanthocyanidins, serta quercetin yang memberikan efek baik bagi jantung. Beberapa manfaat di antaranya, yakni mengurangi kekakuan darah, menurunkan kolesterol jahat, serta menggerus risiko peradangan pada jantung Anda. 

  • Menahan Perkembangan Kanker 

Kanker sampai saat ini masih menjadi penyakit mengerikan yang sangat sulit disembuhkan. Apalagi jika sudah terkena penyakit ini, sel kanker pada tubuh berkembang sangat cepat hingga membuat kondisi Anda kian parah.

Buah cranberry bisa menjadi pilihan alternatif untuk menahan perkembangan sel kanker pada tubuh. Jadi, pengobatan medis yang Anda lakukan bisa lebih leluasa. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2015, buah mini ini bisa memicu kematian sel kanker serta memperlambat pertumbuhan sel, sampai mengurangi peradangan yang terjadi dari serangan sel-sel penyakit tersebut.

  • Mencegah Infeksi Saluran Kemih 

Infeksi saluran kemih menjadi suatu penyakit yang terkadang baru disadari seseorang ketika sudah memasuki tahap yang agak parah. Kondisi ini membuat pengobatan terhadap penyakit tersebut memerlukan penanganan yang lebih ekstrak. Namun sebelum harus terperangkap dalam penyakit ini, ada baiknya Anda melakukan pencegahan dengan mengonsumsi buah cranberry secara teratur. 

Buah cranberry mengandung kadar tanin yang tinggi. Zat tanin sendiri berfungsi menghalangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih Anda. Zat ini bekerja menghalangi penempelan bakteri penyebab infeksi di saluran dinding kemih. 

  • Menghindarkan dari Serangan Stroke  

Serangan stroke dapat timbul karena adanya penggumpalan lemak dalam darah yang menyebabkan aliran darah tidak dapat lancar ke otak. Namun, kondisi ini bisa dihindari dengan menjaga tingkat kolesterol jahat dan tekanan darah. Kedua faktor ini berisiko menghambat aliran darah karena kolesterol membentuk gumpalan lemak, sementara tekanan darah yang tinggi akan membuat pembuluh darah kian sempit. Soal penjagaan ini, buah cranberry jagonya. 

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, kandungan antioksidan yang tinggi pada cranberry mampu mengurangi kolesterol jahat sekaligus menurunkan tingkat tekanan darah pada tubuh. Alhasil, aliran darah ke otak menjadi lancar dan Anda bisa terhindar dari serangan stroke. 

  • Membuat Pencernaan Prima 

Masalah pencernaan tidak bisa dipandang sebagai persoalan sepele. Pasalnya, berbagai penyakit terkait pencernaan bisa berujung kematian. Tidak hanya menyebabkan masalah sulit makan atau buang air tidak teratur, membiarkan kondisi pencernaan lemah lama-kelamaan akan menimbulkan masalah pada bagian hati Anda. 

Dalam sebuah kajian terkait ilmu pangan dan pertanian yang dibuat tahun 2018, buah cranberry mampu menjaga pencernaan Anda tetap prima sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Pasalnya, buah kecil ini mampu menghambat produksi bakteri H. pylori yang kerap menjadi dalang dari berbagai masalah pencernaan. 

*** 

Sudah lihat bukan betapa besar manfaat dari buah kecil ini? Masalahnya buah cranberry memiliki rasa asam yang sulit diterima tubuh, namun Anda bisa menyiasatinya dengan mengolah cranberry menjadi berbagai jenis makanan dan minuman agar bisa tetap merasakan manfaat supernya. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*