7 Tanaman Cantik yang Mengandung Toksin

  • February 11, 2021

Masa pandemi Covid-19 ini telah membuat banyak orang mencari berbagai hobi baru yang bisa dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah menanam tumbuhan-tumbuhan cantik, tidak terkecuali bunga, untuk memperindah teras dan pekarangan. Namun berhati-hatilah, beberapa bunga yang terlihat sangat indah justru bisa mengandung toksin yang berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. 

Toksin merupakan racun dari tumbuhan maupun hewan yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Khusus untuk toksin pada tanaman hias, racun tersebut bisa terpapar ke Anda jika Anda memakannya, menyentuhnya, atau hanya mencium baunya. 

Berikut ini adalah berbagai tanaman hias dengan kandungan toksin yang mesti Anda waspadai. Jika tidak hati-hati, nyawa Anda bisa menjadi taruhannya. 

  1. Oleander 

Warna oleander yang beragam dan menenangkan, mulai dari putih ataupun kuning, serta wanginya yang semerbak membuat banyak orang tidak ragu memenuhi halaman rumahnya dengan bunga yang satu ini. Kalau Anda yang termasuk mengoleksi bunga oleander, waspadailah agar bunga ini tidak sampai dimakan oleh anak-anak Anda. Ini karena seluruh bagian bunga ini mengandung toksin yang bisa menyebabkan keracunan. Orang yang menelan bagian dari oleander bisa mengalami demam, perlambatan detak jantung, bahkan sampai risiko kematian. 

  1. Bakung 

Bunga bakung atau yang dikenal pula sebagai lily of the valley memiliki toksin yang sangat berbahaya. Tumbuhan cantik ini mengandung glikosida yang dapat mempengaruhi kinerja jantung. Orang yang tidak sengaja menelan bagian dari bakung bisa mengalami gejala muntah, ilusi, serta perlambatan detak jantung. Segera bawa orang yang keracunan bakung ke dokter untuk mendapat intervensi medis guna menghindari kondisi yang lebih fatal. 

  1. Clematis 

Anda tidak perlu menelan bunga clematis untuk merasakan toksin dari tanaman yang satu ini. Bahkan hanya ketika Anda tidak sengaja menyentuhnya ketika sedang memangkas tanaman, Anda bisa langsung mengalami gejala gatal-gatal dan rasa panas di bagian kulit. Beberapa gejala lain yang ditimbulkan dari toksin Clematis adalah rasa mual yang berlebihan. Namun umumnya, gejala tersebut akan mereda sendiri tanpa perlu pengobatan khusus. 

  1. Hortensia 

Menghiasi halaman dengan bunga hortensia dijamin membuat pandangan mata Anda menjadi segar karena warna-warnanya yang beraneka dan lembut. Namun, jenis bunga ini mengandung toksin yang tidak tanggung-tanggung. Dalam tiap kuntum hortensia, terdapat racun sianida yang bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Karena itu, pastikan Anda menjauhkan jenius bunga ini dari jangkauan anak-anak agar kemungkinan tertelan dapat dihilangkan. 

  1. Philodendron 

Ini merupakan jenis tanaman hias yang tengah populer di masa pandemi ini. Berhati-hatilah ketiak mengurus tanaman ini sebab getah dari philodendron bisa mengiritasi kulit dan mulut Anda. Jika getahnya tertelan, risiko lebih besar dapat terjadi, mulai dari pembengkakan tenggorokan, sakit perut, sampai kesulitan bernapas. Jadi sebaiknya, Anda menggunakan sarung tangan jika sudah mengurusi model tanaman hias yang satu ini. 

  1. Kuping Gajah

Satu lagi jenis tanaman hias yang saat ini sedang sangat terkenal, tetapi sebenarnya mengandung toksin. Kuping gajah atau yang dalam bahasa internasionalnya dikenal sebagai dieffenbachia sebenarnya merupakan tanaman yang mematikan sebab bisa membuat saluran pernapasan Anda tertutup karena pembengkakan sehingga menimbulkan gagal napas. Bahkan jika Anda hanya menyentuhnya, kemungkinan mendapat rasa gatal juga bisa Anda alami. 

  1. Morning Glory 

Menanam bunga morning glory dalam pot untuk menghias teras sangatlah menarik karena warna-warnanya yang semarak. Namun, jangan sampai Anda menyentuh apalagi menelan bagian biji tanaman ini. Soalnya, biji morning glory mengandung toksin yang bisa menimbulkan gejala diare serta  halusinasi. Jadi, berhati-hatilah!

***

Selain ketujuh tanaman hias tersebut, masih banyak jenis tanaman lain yang mengandung toksin dan dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Karena itu, pastikan Anda tidak sembarangan mencicipi menelan dan memegang tanaman-tanaman yang tidak ada kenal. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*