8 Cara Membangkitkan Semangat Kerja dengan Mudah

  • January 14, 2022
Tips semangat kerja diperlukan agar Anda kembali bergairah melakukan rutinitas pekerjaan

Rutinitas membuat semua gairah untuk berkarya menjadi hilang. Akibatnya bisa fatal, produktivitas menurun. Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai cara membangkitkan semangat kerja.

Tidak dapat dipungkiri hidup yang monoton membuat kehilangan passion bekerja. Padahal, semangat adalah bahan bakar agar dapat berkarya maksimal. Cobalah tips di bawah ini untuk mengatasi semangat yang hilang.

1. Passion 

Salah satu alasan yang mendasar produktivitas seseorang tinggi adalah memiliki passion terhadap pekerjaanya. Cara membangkitkan semangat kerja yang paling mudah adalah melihat kembali apa yang Anda cintai dalam pekerjaan tersebut.

Dengan mengetahui kembali alasannya, biasanya akan timbul passion untuk menyelesaikan pekerjaan Terkadang sederhana, misal senang melakukannya atau merasa lebih berguna. Tidak apa-apa. Terima saja sebagai bagian dari hidup Anda.

2. Tempat Kerja yang Nyaman

Salah satu  yang membuat kehilangan semangat adalah tempat kerja yang tidak nyaman. Setiap pekerja pasti memiliki mejanya sendiri, walupun hanya berupa kubikel ataupun ruangan kecil saja.

Cobalah membenahi meja atau kubikel tersebut sebelum waktu pulang kantor. Rapikan dokumen dan alat tulis pada tempatnya, buanglah kertas atau sampah yang sudah tidak terpakai lagi sehingga terlihat bersih dan nyaman.

3. Bersyukur

Waktu yang paling penting untuk menentukan apakah hari Anda akan produktif atau tidak adalah di pagi hari. Percaya atau tidak, apa yang Anda rasakan saat bangun tidur akan mempengaruhi sisa hari tersebut.

Oleh karenanya cara agar semangat kerja di pagi hari adalah dengan mengucap syukur bahwa boleh menikmati satu hari lagi untuk berkarya. Berterimakasih untuk hal sederhana, misalnya kesehatan yang prima atau hanya cuaca yang baik.

4. Memilih Pekerjaan

Mungkin Anda termasuk tipe pekerja keras, sehingga mempunyai tanggung jawab yang tinggi. Tetapi jangan salah, jika Ada tidak dapat menempatkan kepentingan, suatu saat akan “burn out”. Jangan sampai itu terjadi.

Cara agar semangat bekerja keras yang selanjutnya adalah menentukan tingkat kepentingan penyelesaian pekerjaan tersebut. Kerjakan dengan dengan cara seefektif dan seefisien mungkin, sehingga semuanya selesai sebelum tenggat waktunya.

Hindarilah menyelesaikan lebih dari satu tanggung jawab di saat yang sama. Beban kerja yang menumpuk akan menyumbang level stress, dan pada akhirnya semangat kerja akan menurun.

5. Istirahat

Jangan teruskan pekerjaan jika sudah melakukan kesalahan yang tidak penting,. Tubuh sudah memberitahukan waktunya istirahat sejenak. Buatlah secangkir kopi atau teh untuk mengeluarkannya. 

Sediakan cemilan kesukaan untuk mengurangi kebosanan. Bisa juga berjalan-jalan sejenak ke luar ruangan, kemudian menatap pepohonan taman akan membantu menghilangkan kepenatan. 

6. Musik

Jika memungkinkan, setelah musik yang dapat membangkitkan semangat. Setelah musik instrumental yang lembut atau lagu kegemaran. Sekiranya mengganggu rekan kerja yang lain, gunakan headset dengan pengaturan volume secukupnya.

7. Rayakan Keberhasilan

Rayakanlah keberhasilan walaupun tampaknya sederhana. Misalnya mampu menyelesaikan pekerjaan yang sulit atau mendapatkan pujian dari atasan. Tidak perlu dengan kemewahan yang berlebihan.

Sering kali perayaan sederhana malah tampak bermakna, misalnya membeli coklat atau makanan favorite, atau membeli buku bacaan. Bisa juga dengan menghadiahkan diri menonton film kesukaan.

8. Terima Kasih

Cara membangkitkan semangat kerja yang lainnya adalh mengucapkan terima kasih pada diri sendiri. Melakukan hal sederhana ini sebelum tidur akan membantu tidur lebih nyenyak.

Terima kasih pada diri sendiri karena dapat bekerja sama untuk menyelesaikan semuanya. Lakukanlah secara rutin, sehingga keesokan paginya dapat   memulai hari dengan semangat.

Merasakan bosan adalah suatu yang bisa terjadi. tetapi jangan sampai menurunkan produktivitas kerja. Selalu cari cara membangkitkan semangat kerja agar hari-hari di kantor terasa menyenangkan.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*