9 Cara Efektif Menghadapi Masalah Hubungan Suami Istri

  • April 16, 2021
masalah hubungan suami istri

Tidak ada hubungan tanpa permasalahan. Bahkan rumah tangga yang terbilang harmonis tak luput dari masalah hubungan suami istri. Istilah rumah tangga harmonis bisa dibilang berasal dari pasangan yang sukses mengatasi konflik dan menjaga cinta mereka tetap abadi. 

Pelajaran mengelola konflik rumah tangga bisa didapat dari membaca buku dan artikel, menghadiri seminar, konseling, belajar dari kisah pasangan sukses, atau sekedar menerapkan trial dan error

Artikel berikut akan memberi tahu Anda tips menghadapi konflik yang umum terjadi dalam pernikahan.

Masalah rumah tangga yang sering terjadi

Konflik rumah tangga biasanya berasal dari hal-hal yang sepele. Namun masalah yang dibiarkan berlarut-larut seperti bola salju yang akan menyebabkan keretakan rumah tangga Anda. 

Berikut beberapa masalah yang kerap terjadi dalam sebuah hubungan romantis:

  • Komunikasi yang buruk
  • Masalah dalam hubungan seksual
  • Finansial
  • Pembagian pekerjaan rumah
  • Tidak menjadikan pasangan dan keluarga sebagai prioritas
  • Kepercayaan terhadap pasangan

Cara menghadapi konflik rumah tangga

Ada banyak cara mengembalikan keutuhan rumah tangga Anda, dan berikut 9 cara terbaik untuk menghadapi masalah hubungan suami istri yang bisa Anda coba.

  1. Bergaul dengan orang-orang dalam hubungan yang sehat

Berteman dengan orang-orang yang memiliki hubungan pernikahan yang sehat akan membawa dampak positif bagi pernikahan Anda. Mereka juga merupakan sumber dukungan atas konflik pernikahan yang sedang Anda hadapi.

  1. Dahulukan kebahagiaan pasangan

Bertindaklah seolah-olah kebahagiaan pasangan lebih penting daripada kebahagiaan Anda. Mendahulukan pasangan membantu memelihara kepercayaan, rasa syukur, kemurahan hati, kasih sayang, dan mengarahkan pada keintiman fisik. 

  1. Prioritaskan hubungan di atas segalanya

Prioritas hubungan suami dan istri akan memudar seiring berjalannya waktu. Ada banyak hal yang bisa menggerogoti prioritas, misalnya orang tua, anak-anak, atau pekerjaan. 

Ketika memutuskan menikah, Anda dan pasangan telah berkomitmen untuk membangun sebuah rumah dan saling bersandar satu sama lain. Sebisa mungkin tempatkan hubungan Anda di atas hal apapun.

Sempatkan untuk menghabiskan waktu berkualitas di tengah sibuknya pekerjaan dan mengurus anak. 

  1. Ungkapkan rasa cinta

Mengungkapkan rasa cinta kepada pasangan menunjukkan bahwa kalian saling mencintai. Coba biasakan untuk mengatakan seberapa besar dan tulus cinta Anda kepada pasangan. 

Memperhatikan hal-hal kecil yang dilakukan pasangan, seperti potongan rambut atau mendengarkan ucapan pasangan juga menandakan Anda menghargai hubungan dengan pasangan Anda. 

  1. Ajak bernostalgia

Menghabiskan waktu berdua berjalan di area yang biasa kalian lalui di awal pernikahan akan membangkitkan kenangan indah di masa lalu. Bernostalgia juga menjadi cara merekatkan kembali hubungan.

  1. Berdo’a untuk pasangan

Do’a merupakan salah satu cara mencintai seseorang. Panjatkan do’a untuk kesehatan pasangan dan meminta bimbingan kepada Tuhan untuk melalui setiap masalah yang terjadi. 

  1. Mengubah kebiasaan

Kebiasaan buruk bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Jika pasangan mengomel mengenai suatu kebiasaan buruk Anda, misalnya menaruh pakaian kotor sembarangan, terima keluhan tersebut dan meminta maaflah. 

Dukung keputusannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kemudian minta bantuannya untuk mengubah kebiasaan Anda. 

  1. Menenangkan diri

Jika Anda dan pasangan terlibat dalam pertengkaran sengit, jangan biarkan emosi Anda meledak dan melakukan tindakan di luar kendali. Sebelum itu terjadi, ambil sedikit waktu untuk menenangkan diri. 

Saat Anda dan pasangan sudah tenang, bicarakan masalah tersebut dengan baik-baik dan temukan solusinya bersama-sama. 

  1. Ikut konseling 

Jika masalah hubungan suami istri dirasa tidak dapat diperbaiki, kunjungi psikolog atau konselor untuk mendapat bantuan. Konseling membantu menyelesaikan kesalahpahaman dan mencegah terjadinya perceraian. 

Itu tadi 9 cara mudah menghadapi masalah hubungan suami istri. Semoga bisa membantu. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*