9 Jenis Vitamin Penambah Stamina Pria, Bikin Strong!

  • May 12, 2021

Berbeda dengan wanita, pria membutuhkan stamina dan energi yang lebih besar untuk melakukan berbagai aktivitas. Ini adalah salah satu alasan mengapa pria memutuskan untuk mengonsumsi vitamin penambah stamina pria.

Vitamin-vitamin ini dapat ditemukan secara alami di dalam makanan kita sehari-hari ataupun dari suplemen multivitamin khusus pria. Jenis vitamin apa saja sih yang bisa menambah stamina pada pria?

Vitamin Penting yang Dapat Menambah Stamina Pria

Pada dasarnya, semua vitamin baik dan dibutuhkan oleh tubuh pria. Namun tidak semua vitamin mampu memberikan tambahan energi yang cukup untuk pria beraktivitas seharian secara optimal. Berikut adalah vitamin-vitamin penting yang bisa menjadi tambahan stamina pada pria.

1. Vitamin D

Vitamin D dapat membantu menguatkan otot, tulang, meningkatkan kekebalan tubuh pada pria, serta membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik. Selain itu, vitamin D pada pria juga bisa membantu menyehatkan dan meningkatkan kualitas sperma pada pria. Jika Anda ingin menambah stamina, coba konsumsi kacang-kacangan, susu, atau ikan berlemak sebagai sumber alami vitamin D.

2. Asam folat

Tak hanya wanita yang memerlukan asam folat, namun pria juga membutuhkannya untuk menggunakan protein, membuat DNA, dan membentuk sel-sel darah pada tubuh. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang bisa meningkatkan stamina tubuh.

Vitamin ini bisa juga dapat membantu mencegah perubahan yang tidak sehat pada sperma terkait dengan abnormalitas kromosom yang diidap anak-anak. Sumber terbaik asam folat adalah bayam, asparagus, kacang-kacangan, dan hati ayam.

3. Vitamin C

Kekurangan vitamin C tak hanya membuat pria kurang bertenaga, namun juga bisa berisiko menyebabkan pembengkakan prostat (BPH), terutama pada pria berusia tua. Konsumsi makan-makanan tinggi vitamin C seperti paprika merah dan hijau, kiwi, jeruk, stroberi, kentang, tomat, dan brokoli. 

4. Vitamin B12

Secara umum, seluruh vitamin B membantu pembentukan energi di dalam sel-sel tubuh, jika kamu kekurangan vitamin B bisa menyebabkan kelelahan. Salah satu vitamin B yang berperan penting dalam menambah energi adalah B12, yang bisa Anda temukan dalam makan-makanan seperti daging merah dan telur. 

5. Kalsium 

Kalsium membantu menyehatkan otot, saraf, dan tulang, sehingga sangat penting bagi pria di usia 20-an untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya. Untuk menambah semangat, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium serta makanan seperti susu, yogurt, keju, ikan berlemak, dan sayur-sayuran berdaun hijau. 

6. Zinc

Zinc membantu produksi protein, melawan infeksi, dan menyembuhkan luka. Konsumsi zinc dalam jumlah yang cukup bisa membantu menambah stamina Anda. Secara alamiah, kandungan zinc yang tinggi lebih banyak ditemukan pada daging merah, tiram, dan juga daging unggas. 

7. Creatine

Creatine adalah asam amino yang umumnya terdapat di daging merah dan makanan laut, yang kemudian akan disimpan di otot dan membantu meningkatkan performa selama berolahraga. Inilah yang menjadi alasan banyak atlet yang mengonsumsi suplemen dengan kandungan vitamin ini agar performanya optimal. 

8. L-theanine

Sama seperti creatine, L-theanine adalah asam amino yang secara alamiah banyak ditemukan di dalam teh, sehingga mengombinasikan vitamin ini dengan kafein diketahui dapat meningkatkan energi dan juga performa kognitif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya seperti menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kewaspadaan. 

9. Zat besi

Zat besi tak hanya menjadi vitamin penambah stamina pria, namun juga membantu menjaga kesehatan organ reproduksi pria. Sebab, anemia atau kondisi kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab menurunnya hasrat seksual sekaligus kualitas ereksi. 

Zat besi membantu produksi hemoglobin yang mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, yang menghindarkan Anda dari rasa lelah, lemas, dan mengantuk. 

Mencukupi nutrisi yang dibutuhkan memang bisa dilakukan lewat mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan pola makan yang sehat, tapi kebanyakan justru masih gagal memenuhi asupan rekomendasi harian. 

Oleh karena itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa suplemen vitamin penambah stamina pria yang didesain khusus untuk membantu pria mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan. Namun sebaiknya tetap pertimbangkan apa efek samping yang bisa timbul sebelum membelinya.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*