Apa Itu THT yang dimaksudkan dalam dunia medis?

  • November 26, 2021
Dokter spesialis THT bisa menangani masalah di area kepala dan leher kecuali mata, otak, dan gigi

Apa itu THT, THT dalam disiplin ilmu medis disebut juga dengan otorhinolaryngology. Otolaryngology yang melibatkan penilaian, diagnosis, pengobatan, dan pengelolaan penyakit, kelainan, dan masalah kesehatan lainnya yang mempengaruhi telinga, hidung dan tenggorokan, serta kepala dan leher, mulut, sinus, dan kotak suara (laring) . Juga disebut sebagai THT, otorhinolaryngology dianggap sebagai salah satu praktik medis tertua di Amerika Serikat.

Spesialis di bidang ini disebut otorhinolaryngologists. Selain manajemen medis, mereka juga dilatih untuk melakukan operasi yang melibatkan bagian tubuh tersebut di atas, termasuk operasi plastik atau rekonstruktif.

Pelatihan otorhinolaryngologists dapat memakan waktu hingga 15 tahun, tidak termasuk pendidikan lanjutan yang diperlukan di bidangnya. Pendidikan mereka dimulai di perguruan tinggi atau universitas untuk kursus prasyarat. Ini mungkin memakan waktu sekitar empat tahun, setelah itu mereka melanjutkan ke sekolah kedokteran selama empat tahun lagi. Mereka menghabiskan sekitar lima tahun dalam pelatihan residensi, di mana mereka harus melakukan jumlah minimum jam klinis dan operasi sebelum mereka dapat mengajukan permohonan sertifikasi di negara masing-masing atau di luar negeri, manapun yang mereka inginkan. 

Pendidikan

Diperlukan sekitar 15 tahun kuliah dan studi pasca sarjana bagi ahli THT untuk dilatih dan siap untuk praktik.

Lebih tepatnya, otolaryngologists in training harus menyelesaikan kuliah dan sekolah kedokteran. Kemudian mereka harus menyelesaikan minimal lima tahun pelatihan khusus, dan kemudian lulus ujian American Board of Otolaryngology.

Selain studi sarjana reguler yang diperlukan, kandidat otolaryngologist juga harus menyelesaikan prasyarat akademik medis. Ini termasuk mata pelajaran seperti fisika, kimia, dan biologi. Juga membantu adalah kursus dalam komunikasi tertulis dan lisan.

Selain itu, calon otolaryngologist akan diuntungkan jika mereka melakukan gerakan berorientasi karir tertentu, seperti melakukan pelayanan masyarakat terkait medis, mengikuti dokter, dan menjadi anggota organisasi pra-medis. Sebelum lulus dari universitas reguler, otolaryngologist masa depan harus mendaftar ke sekolah kedokteran.

Kondisi umum

Apa itu THT yaitu Ahli THT memberikan perawatan kepada beragam kondisi kesehatan dengan keahlian medis serta bedah dalam merawat pasien. 

Mereka akan memiliki pemahaman yang kuat tentang ilmu kedokteran yang relevan dengan kepala dan leher, sistem pernapasan bagian atas dan pencernaan bagian atas, sistem komunikasi, dan indera kimia.

Jika menurut American College of Surgeons (ACS) menyatakan bahwa:

Daftar berikut adalah pilihan kondisi umum yang termasuk dalam kewenangan otolaryngologists.

Masalah jalan nafas

Kesulitan bernapas dapat berkisar dari yang ringan, seperti stridor, hingga yang mengancam jiwa, seperti obstruksi jalan napas yang parah. Pada situasi kondisi mendasar yang berbeda bisa membuat masalah seperti ini. 

Kanker

Menurut AAO-HNS, lebih dari 55.000 orang akan menderita kanker kepala dan leher di AS tahun ini, dan hampir 13.000 orang akan meninggal karena penyakit tersebut.

Sinusitis kronis

Kondisi ini melibatkan peradangan kronis dan pembengkakan pada saluran hidung, dengan penumpukan lendir dan kesulitan bernapas melalui hidung. Infeski, dan pertumbuhan polip pada hidung bagian dalam, maupun septum yang menyimpang itu semua bisa berkontribusi dalam sinusitis kronis. 

Bibir sumbing dan langit-langit sumbing

Ini adalah celah di mulut di mana bibir, langit-langit mulut, atau keduanya tidak sepenuhnya berkembang selama pertumbuhan janin. Celah dapat bervariasi dalam ukuran, mulai dari yang menyebabkan masalah kecil hingga yang sangat mengganggu makan, berbicara, dan bernapas.

Kelopak mata terkulai

Kendur berlebihan pada kelopak mata atas dapat menjadi bagian dari proses penuaan alami, tetapi beberapa kondisi mendasar yang berbeda mungkin juga bertanggung jawab, seperti diabetes mellitus, stroke, dan tumor yang mempengaruhi reaksi saraf atau otot.

Kelopak mata yang terkulai terkadang dapat menghalangi penglihatan.

GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah suatu kondisi di mana asam lambung dan isi lainnya dari saluran pencernaan naik ke kerongkongan.

Sebuah cincin otot yang dikenal sebagai sfingter di bagian bawah kerongkongan biasanya mencegah isi perut bergerak ke atas. Pada orang dengan GERD, sfingter ini mungkin tidak berfungsi, yang dapat menyebabkan mulas, nyeri dada, dan kesulitan menelan.

Gangguan pendengaran

Hilangnya pendengaran bisa terjadi pada siapapun serta mempunyai berbagai kemungikinan penyebabnya. Penuaan, paparan suara keras, virus, kondisi jantung, cedera kepala, stroke, dan tumor semuanya dapat menyebabkan gangguan pendengaran bertahap.

Infeksi amandel atau adenoid

Amandel atau kelenjar gondok pada tenggorokan yaitu bagian dari sebuah sistem kekebalan tubuh. Peran mereka adalah untuk mengambil sampel bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui hidung dan mulut, tetapi mereka rentan terhadap infeksi berulang, yang dapat menyebabkan pembedahan.

Vertigo dan pusing

Pusing adalah istilah umum untuk menggambarkan sensasi pusing dan ketidakseimbangan. Vertigo adalah bentuk pusing yang spesifik yang melibatkan sensasi berputar atau perasaan jatuh ketika tidak ada gerakan.

Kondisi yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan organ di telinga bagian dalam dapat menyebabkan vertigo.

Gangguan suara

Terdapat berbagai kondisi seperti cedera pada pita suara, kanker, serta refluks kronis berulang, membuat gangguan suara. Penyakit dapat menyebabkan suara serak, nada suara rendah, kelelahan vokal, dan kehilangan suara total.

Itulah apa itu THT yang telah dijelaskan beberapa yang dimaksudkan diatas. 

Kapan harus menemui spesialis THT

Spesialis THT atau otorhinolaryngologist dapat mengobati kondisi berikut:

Rasa sakit, terutama jika tidak hilang meskipun sudah minum obat (contoh sempurna adalah sakit di telinga. Kadang-kadang, menjadi menyakitkan ketika seseorang menderita pilek atau flu. Tetapi jika gejala pilek dan flu hilang tetapi rasa sakitnya tetap ada setelah pengobatan, kemungkinan penyebab sakit telinga adalah infeksi).

  • Infeksi yang mempengaruhi struktur telinga, hidung, dan tenggorokan
  • Tumor atau polip ganas dan jinak pada struktur telinga, hidung, tenggorokan, kepala, dan leher
  • Cacat lahir
  • Penyakit yang mempengaruhi struktur mulut dan rahang, tidak termasuk gigi dan gusi, yang paling baik ditangani oleh dokter gigi profesional.
  • Penurunan fungsi telinga, hidung, kepala, dan leher (misalnya, gangguan pendengaran)
  • Apnea tidur obstruktif, sejenis gangguan tidur
  • Alergi termasuk rinitis alergi dan asma
  • Refluks asam (GERD)

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*