Berbagai Penyebab Kuku Rusak dan Cara Mengatasinya

  • December 31, 2020

Banyak sekali penyebab kuku rusak, baik karena kondisi medis maupun kondisi lain yang dapat mempengaruhi bentuk atau tekstur kuku, misalnya karena pola makan, perawatan kulit, atau cat kuku Anda. Kerapuhan kuku, yang berati kuku mudah retak, terkelupas, atau pecah , yang dapat diamati sebagai tanda penuaan atau sebagai respon terhadap penggunaan cat kuku dalam jangka panjang atau paparan kondisi lembab (termasuk sering berenang atau mencuci piring). 

Beberapa penyakit pun sering kali dikaitkan dengan perubahan pada kuku. Seperti kuku tipis dan rapuh bisa menjadi tanda hipotiroidisme. Namun, mengonsumsi suplemen biotin (vitamin) dapat membantu dalam beberapa kasus kuku rapuh, dan mengggunakan pelembab setelah berendam pun dapat membantu kesehatan kuku. Nah, berikut beberapa penyebab kuku rusak dan cara mengatasinya. 

Penyebab kuku rusak dan cara mengatasinya

  1. Kekurangan vitamin B tertentu

Anda mungkin berpikir suplemen kecantikan tidak terlalu penting, namun ada bukti bahwa dibalik biotin terdapat vitamin B yang berfungsi sebagai penguat rambut dan kuku. Pada sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Dermatology, mengonsumsi vitamin B sebanyak 2,5 mg setiap hari dapat meningkatkan kekuatan kuku dan mengurangi kerapuhan. 

Cara mengatasinya, jika Anda sedang diet dan kekurangan makanan yang mengandung biotin, seperti telur, salmon, daging sapuim ubi jalar, dan almond, maka direkomendasikan untuk menggonsumsi biotin 2,5 mg sehari untuk mengurangi kerapuhan. Namun, Anda tetap memerluka beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. 

  1. Menggigit kuku

Entah apa alasan seseorang terus menggigit kukunya. Mungkin karena merasa gugup atau bosan, namun kegiatan ini dapat membuat kuku Anda menjadi lebih mudah rapuh dan rusak yang disebabkan oleh air liur. Pasalnya, air liur merupakan enzim pencernaan yang berfungsi untuk mengolah atau menghancurkan makanan, dan hal tersebut pun terjadi pada kuku Anda menjadi rapuh dan hancur. 

Cara mengatasinya, untuk menghindari Anda mengigit kuku dalah dengan menjaga agar kuku tetap pendek dan rapi, jadi Anda tidak punya kesempatan untuk menggigitnya. 

  1. Menggunakan pembersih tangan secara berlebihan

Sama halnya dengan mencuci piring yang berlebihan dapat menyebabkan kuku rusak, begitu pun dengan penggunaan pembersih tangan secara berlebihan. Pasalnya, kandungan alkohol yang tinggi dapat membuat kulit kering dan kuku mudah rapuh. 

Cara mengatasinya, Anda hanya perlu menggunakan cairan pembersih atau hand sanitizer pada keadaan darurat saja, dan lakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Atau, Anda dapat menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan dan melembapkannya. 

  1. Cat kuku yang bertahan terlalu lama

Semua cat kuku biasanya mengandung bahan pengering yang menghilangkan kelembapan alami dari cat kuku yang dapat membuat rapuh.  Pilihlah cat kuku dengan bahan yang aman untuk kuku, sehingga tidak membuat kuku kering dan rapuh. 

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan tidak menggunakan cat kuku lebih dari lima hari. Hilangkan cat kuku setelah lima hari pemakaian, lalu berikan jeda beberapa waktu untuk memutuskan menggunakannya kembali. 

  1. Terlihat lekukan di kuku

Kuku yang cekung atau ada tekanan dapat disebabkan oleh kadar zat besi yang rendah atau anemia. Zat besi membantu membentuk hemoglobin, molekul yang mengangkut sel darah merah yang berisi oksigen segar ke matriks kuku Anda. Tanpanya pertumbuhan kuku Anda akan terhambat. 

Cara mengatasinya, jika Anda melihat lekukan di kuku Anda, itu merupakan tanda Anda harus mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin Anda akan disarankan untuk mengonsumsi makan makanan kaya zat besi, misalnya seperi daging sapi, bayam, kacang-kacangan atau kacang polong, tiram, dan beberapa makanan lainnya yang mengandung zat besi. 

Jadi, banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari kuku rusak, dan kelima faktor di atas adalah di antaranya. Semoga beberapa penyebab dan cara mengatasi kuku rapuh atau rusak di atas dapat membantu Anda.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*