Berikut Rahasia Manfaat Telur yang Belum Banyak Diketahui

  • July 19, 2020

 

Telur merupakan salah satu menu hidangan yang dapat mudah ditemui, baik itu hidangan rumah maupun restoran. Telur juga dapat disantap dengan berbagai macam hidangan utama dan dapat diolah dengan berbagai cara. Selain karena cara memasak hidangan telur mudah, manfaat telur bagi juga tidak boleh disepelekan.

 

Telur kaya akan protein yang dapat menjadi blok pengatur metabolisme tubuh. Di samping itu, telur juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Informasi selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

 

  • Mempertajam fungsi otak

 

Tidak hanya susu, namun telur juga kaya akan kandungan vitamin D, yang mana menunjangnya perannya sebagai fungsi kognitif untuk tubuh. Dengan kandungan kolin yang dapat membantu koordinasi sel-sel saraf neuron otak, telur dapat mempertajam fungsi otak secara umum.

 

Kandungan kolin tersebut dilanjutkan untuk dikonsumsi, terutama bagi ibu hamil dan menyusui karena dapat menunjang perkembangan otak bayi.

 

  • Menunjang kesehatan jantung

 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cina, seseorang yang mengonsumsi sebutir telur setiap hari, memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah 20% dibanding yang tidak. Tidak hanya itu, telur juga dapat bermanfaat bagi pasien diabetes tipe 2 yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

 

  • Mengurangi risiko terkena stroke

 

Tidak hanya dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, telur juga dapat menurunkan risiko penyakit stroke dan penyumbatan pembuluh darah pada manusia. Hal ini ditegaskan dalam sebuah studi di Cina yang menyebutkan, bahwa seseorang yang mengonsumsi telur setiap hari, memiliki risiko 30% lebih rendah terkena stroke, dibanding orang yang tidak mengonsumsi telur.

 

  • Menunjang kesehatan mata

 

Manfaat telur yang selanjutnya tidak boleh disepelekan, yaitu menunjang kesehatan mata. Dengan kandungan berupa lutein dan zeaxanthin, penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula dapat dicegah.

 

Sebenarnya, kedua kandungan penting tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam atau kale. Namun, kandungan dalam telur dikatakan lebih baik, karena mudah dicerna oleh tubuh sebagai tambahan nutrisi.

 

  • Lebih lama mengenyangkan

Apakah Anda terbiasa sarapan dengan sebutir telur rebus? Jika tidak, mungkin ini saatnya bagi Anda untuk melakukan kebiasaan baru tersebut. Dengan merebus telur, tentu cara hidangan ini hanya memiliki sedikit kandungan minyak dan hanya memiliki sekitar 130 kalori. Dengan begitu, Anda dapat terbantu dalam mengendalikan nafsu makan jika ingin menurunkan berat badan.

 

  • Mengendalikan produksi trigliserida

 

Pernahkah Anda mendengar istilah trigliserida? Memang istilah tersebut terdengar asing jika dibanding dengan istilah kolesterol. Trigliserida yang diproduksi dalam jumlah yang berlebihan, dapat berubah menjadi kolesterol yang berdampak pada penyumbatan darah. Dalam kondisi jumlah yang normal, trigliserida berperan sebagai penyimpan energi.

 

Produksi trigliserida ini dapat dikontrol dengan kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam telur. Menurunnya produksi trigliserida dan kolesterol dapat mengurangi risiko terkena penyakit tertentu, seperti pengapuran dinding pembuluh darah.

 

  • Telur sebagai sumber kolesterol baik

 

Kolesterol baik (HDL) dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini dapat Anda peroleh secara maksimal dengan mengonsumsi sebutir telur rebus secara rutin tiap harinnya. Dengan terjaganya kolesterol dalam tubuh, maka kesehatan jantung Anda juga dapat ditunjang.

 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*