Berkenalan dengan Macam-macam Plastik Ramah Lingkungan

  • September 24, 2020

Sampah plastik makin menjadi masalah dunia karena tingkat pencemarannya yang kian meningkat. Secara total, sampah plastik dunia bisa mencapai 275 juta ton tiap tahunnya. Banyaknya sampah plastik salah satunya karena produksi plastik yang sangat masif tiap tahunnya, mencapai 448 juta ton pada 2015 dan diperkirakan bisa menyentuh angka hampir 950 juta pada tahun 2050.

plastik ramah lingkungan

Plastik yang umumnya terbuat dari polimer karbon makin menjadi masalah karena membutuhkan waktu hingga 500 tahun lebih untuk bisa terurai. Untuk menyiasati maraknya pencemaran plastik, banyak pihak pun mencoba membuat beragam jenis plastik ramah lingkungan yang dapat terurai lebih cepat.

Plastik-plastik ramah lingkungan ada yang terbuat dari bahan kimia, ada pula yang merupakan inovasi dari bahan-bahan alam. Berikut ini adalah beragam jenis plastik ramah lingkungan yang bisa Anda pilih untuk membuat bumi lebih sehat.

  1. Plastik Biodegradable

Jenis plastik ramah lingkungan yang satu ini sebenarnya berbahan dasar sama dengan plastik biasa, yaitu itu terbuat dari bahan petrokimia berjenis polimer. Akan tetapi, plastik biodegradable menjadi lebih ramah lingkungan sebab lebih mudah terurai hanya dengan terkena panas matahari selama 1—2 tahun. Bandingkan dengan plastik polimer biasa yang baru bisa terurai setelah lebih dari 500 tahun.

Kemampuan plastik biodegradable terurai lebih cepat karena adanya campuran bahan kimia lainnya yang dimasukkan ke dalam jenis plastik ini ketika proses pembuatan. Plastik biodegradable umumnya mendapat tambahan sinar atau oksigen sehingga wujud plastik menjadi lebih mudah terurai. Saat ini produksi plastik ramah lingkungan yang satu ini umumnya ditujukan sebagai pengganti tas belanja dari kantong kresek biasa.

Plastik biodegrable pun saat ini makin populer digunakan. Mengutip hasil riset HIS Markit, nilai penjualan plastik ramah lingkungan ini di seluruh dunia telah mencapai 1,1 miliar dolar AS pada tahun 2018. Nilainya pun diprediksi melonjak menjadi 1,7 miliar dolar AS pada tahun 2023.

  • Bioplastik

Bioplastik menjadi jenis plastik ramah lingkungan yang tidak kalah dengan plastik biodegradable. Perbedaannya terletak dari jenis bahan dasarnya. Jika plastik biodegradable terbuat dari polimer yang ditambahkan sinar atau oksigen, bioplastik justru memanfaatkan penuh bahan-bahan alami ramah lingkungan sebagai bahan dasarnya.

Umumnya, bioplastik terbuat dari pati jagung atau jamur. Ada pula bipolastik yang terbuat dari limbah cangkang udah. Nantinya, bahan-bahan alami tersebut dilarutkan dalam air dan laruan basa kuat sehingga bisa berbentuk seperti plastik.

Plastik yang terbuat dari bahan-bahan alami ini memiliki penampakan yang menyerupai polyethylene maupun polypropylene yang terbuat dari minyak mentah. Namun dari kemampuan terurainya, bioplastik sangat mudah terurai jika diletakkan atau dikubur sebab bahan alami yang menjadi bahan dasarnya mudah dihancurkan oleh mikroba secara sempurna.

  • Eco-plastic

Anda akan mudah menemukan produk plastik biodegradable ataupun bioplastik sebagai pengganti kantong kresek ataupun kemasan makanan. Namun, tidak demikian halnya dengan eco-plastic. Jenis plastik ramah lingkungan yang satu ini lebih diarahkan sebagai bahan produk yang memiliki manfaat berkali-kali plastik, termasuk sebagai bahan pembuatan mainan ataupun pelapis produk rumah tangga.

Tidak ada istimewa dari bahan dasar eco-plastic. Produk ini lebih disebut ramah lingkungan karena bahan dasarnya merupakan daur ulang dari sampah-sampah plastik yang sudah tidak terpakai. Di mana bahan dasar sampah plastik yang didaur ulang tersebut berasal dari jenis petrokimia yang tetap lama terurai.

Karena merupakan daur ulang, eco-plastic cenderung memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan produk plastik sebelumnya. Namun, penggunaan ulangnya dapat menekan angka sampah plastik yang bertebaran tiap tahun.

*** Dari ketiga jenis plastik ramah lingkungan di atas, Anda paling familiar dengan jenis yang mana? Sudahkah ada rutin menggunakan jenis-jenis plastik ramah lingkungan tersebut untuk menggantikan produk plastik biasa yang lama terurai?

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*