Bibir Kasar? Gejala Ini Sering Mengikuti

  • March 25, 2021

Sering tidak ketika Anda memegang bibir Anda terasa kasar? Bibir kasar merupakan salah satu bibir Anda mengalami kekeringan. Hal ini wajar terjadi karena kulit di bagian bibir merupakan bagian paling minim di tubuh yang memiliki kelenjar minyak.

Lalu pertanyaannya, apa yang Anda lakukan ketika mendapati bibir kasar? Apakah Anda termasuk orang yang tidak peduli dan membiarkan masalah bibir tersebut? Atau justru sebaliknya, Anda langsung mencari berbagai cara untuk bisa mengembalikan kelembutan bibir?

Buat Anda yang masih abai terhadap masalah bibir kasar, mulai sekarang pikirkan ulang keputusan Anda membiarkan problem bibir yang satu ini. Pasalnya, tidak sekadar kasar dan kering, bibir yang kekurangan kelembutan akan menimbulkan berbagai gejala turunan yang membuat Anda merasa benar-benar tidak nyaman, seperti di bawah ini. 

  1. Mulut Lengket

Kondisi bibir yang memiliki minyak cukup akan membuat Anda mudah menggerakkan mulut dan rahang. Sebaliknya ketika Anda mengalami bibir kering, Anda akan sering merasa lengket di bagina mulut. Tidak jarang masalah bibir kering ini akan membuat Anda merasa kesulitan makan karena mulut yang terasa lengket. 

  1. Bau Mulut 

Hati-hati, bibir kasar dapat menurunkan kepercayaan diri Anda secara drastis. Soalnya, masalah bibir yang satu ini dapat berujung pada masalah bau mulut yang berkepanjangan. Orang-orang dengan bibir kasar ataupun kering rentan mengalami bau mulut karena perubahan pH di dalam mulut. Kondisi bibir yang kasar dan rentan pecah-pecah juga akan membuat kuman maupun bakteri mudah menginfeksi bagian mulut Anda dan menimbulkan bau tidak enak.

  1. Air Liur Berserabut

Bagi Anda yang sudah lama mengalami masalah bibi kasar, pernah tidak Anda mendapati air liur yang terlalu kental dan berserabut. Ya, ini merupakan gejala penyerta yang umumnya dialami oleh penderita bibir kasar. Model air liur yang kental dan berserabut ini akan mengganggu proses makan dan minum Anda. Bahkan tidak jarang, air liur in akan mengubah rasa makanan sehingga Anda menjadi tidak berselera. 

  1. Suara Serak 

Bibir kasar sebenarnya bukan hanya menunjukkan masalah di bibir Anda akan kurangnya produksi minyak. Nyatanya, bibir kasar juga mencakup masalah mulut yang kekurangan cairan dan berpengaruh pada produksi suara Anda. Penderita bibir kasar kerap mengeluhkan masalah suaranya yang tiba-tiba serak. Kondisi ini terjadi karena bagian tenggorokan juga mengalami kekeringan dan membuat produksi suara menjadi sulit. 

  1. Kesulitan Menelan 

Kesulitan menelan adalah akumulasi dari beragam gejala yang ikut menyertai masalah bibir kasar. Kondisi kesulitan menelan terjadi karena tidak cukupnya air liur untuk mengalirkan makanan dari bagian mulut ke bagian saluran cerna. Tidak hanya itu, Anda akan kesulitan menelan ketika mengalami bibir kasar karena tenggorokan yang mengalami cedera akibat terlalu kering serta sulitnya membuka bibir akibat terlalu kering. 

  1. Nyeri Lidah 

Bibir kasar merupakan penanda kekeringan ekstrem pada bagian mulut Anda. Tidak jarang, bibir yang kasar akan disertai gejala nyeri di berbagai bagian mulut. Bagian yang paling terkena dampak dari kekeringan di mulut adalah lidah. Jangan heran jika lidah Anda sering merasa nyeri dan menjadi tidak mau mengecap berbagai rasa secara normal. 

  1. Luka-luka 

Inilah gejala pengiring bibir kasar yang paling mudah terlihat! Ketika bibir Anda kasar dan kering, Anda akan lebih mudah mengalami luka di bagian bibir Bukan sekadar pecah-pecah, luka bibir yang Anda alami bisa menyerupai koreng ataupun bukaan yang menganga. Biasanya luka bibir ini sering muncul di bagian tepi bibir yang kasar dan kering. 

Selain berbagai gejala bibir kasar di atas, Anda juga bisa menghadapi masalah penampilan yang tidak menyenangkan. Anda akan kesulitan memasang gigi palsu ataupun kerap mengalami masalah lipstik menempel di bibir karena masalah bibir kasar.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*