Bisa untuk Berbagai Radang Sendi, Meloxicam Obat Apa?

  • September 15, 2021

Salah satu penyakit yang kerap diderita orang tua yang sudah semakin lanjut usia adalah radang sendi. Mulai dari radang sendi tulang belakang, radang sendi akibat daya tahan tubuh (rheumatoid arthritis). Namun, radang sendi ini pun bisa diatasi dengan obat-obatan seperti Meloxicam. Mungkin Anda pun jadi penasaran, Meloxicam obat apa? Mengapa ia bisa mengatasi berbagai jenis radang sendi? Simak artikel ini hingga selesai!

Jenis Obat Apakah Meloxicam?

Meloxicam merupakan salah satu jenis obat yang tergolong sebagai obat antiinflamasi non steroid. Meloxicam juga termasuk sebagai obat keras yang digunakan untuk meredakan nyeri, pembengkakan, rasa kaku akibat osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis sendiri adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh daya tahan tubuh, sehingga bisa diderita oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas.

Obat Meloxicam bekerja lewat menyetop produksi zat yang memicu rasa sakit atau prostaglandin, peradangan dalam tubuh, hingga demam. Karena digolongkan sebagai obat keras, maka seseorang harus mendapatkan resep penggunaan Meloxicam lewat konsultasi dengan dokter.

Pada dasarnya, dosis anjuran Meloxicam berkisar di angka 7,5 mg. Namun, pada kasus tertentu dosis ini bisa bertambah hingga 15 mg. Obat ini bisa dikonsumsi baik dengan atau tanpa makan. Tetapi, jika saat dikonsumsi menimbulkan efek tidak nyaman pada perut, ada baiknya Anda memakan Meloxicam dengan makanan.

Jenis Penyakit yang Bisa Disembuhkan Meloxicam

Penyakit pertama yang dapat diatasi oleh Meloxicam adalah radang sendi tulang belakang, atau Ankylosing spondylitis. Radang sendi ini menyerang sendi sakroiliak yang menghubungkan panggul dengan tulang belakang. Akibat dari peradangan ini, pergerakan tulang belakang akan terbatas. Pada kasus yang lebih parah, radang ini bisa mendorong terbentuknya ankylosis (tulang baru) pada area tersebut.

Rasa kaku pada bagian tubuh, terutama yang merekat pada tulang belakang seperti pinggul, lutut, hingga bahu pun bisa muncul jika kondisi ini tidak segera diatasi.

Kedua, ada osteoartritis (radang sendi) yang menyebabkan adanya rasa sakit dan kaku pada bagian sendi. Nah, karena bagian ini sendiri terdapat di beberapa bagian tubuh seperti sendi pada bagian tangan, sendi lutut, area pinggul, hingga leher atau punggung bawah.

Ketika seseorang sudah terkena osteoartritis, biasanya akan cukup sulit disembuhkan. Namun, rasa sakitnya masih bisa ditanggulangi serta diminimalisir frekuensi kambuhnya. Selain mengonsumsi Meloxicam, Anda juga bisa mulai menjaga berat badan agar tetap ideal, serta banyak bergerak agar sendi tetap sehat.

Ketiga, ada artritis pada anak atau yang juga sering disebut sebagai artritis idiopatik juvenil. Jika sebelumnya Anda mengira bahwa penyakit radang sendi adalah penyakit khas orang tua, maka jenis radang sendi ini mematahkan asumsi tersebut. Nyeri sendi yang satu ini biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun. Peradangan ini biasanya akan menyebabkan nyeri di bagian sendi, bengkak, hingga rasa kaku yang menetap sampai usia dewasa.

Jika tidak ditangani secara tepat, radang sendi pada anak dapat berakibat cukup fatal. Biasanya berikut beberapa radang sendi anak yang harus Anda waspadai:

  • Sulit menggerakan sendi, bahkan munculnya rasa kaku saat pagi hari
  • Sendi nyeri dan sangat sensitif
  • Munculnya pembengkakan selama lebih dari tiga hari
  • Anak semakin terbatas pergerakannya, bahkan pincang

Jika kondisi ini terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin anak mengalami masalah pertumbuhan hingga kerusakan sendi. Karenanya, pengobatan lewat Meloxicam yang diresepkan oleh dokter perlu dilakukan. Nah, konsultasikan lebih dulu pada dokter yang bisa dihubungi lewat aplikasi SehatQ, ya.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*