Cara Menambah Sperma, Perbanyak Makanan Ini

  • April 3, 2021

Selain menjalani pola hidup sehat seperti rutin olahraga, mengelola stres, dan istirahat yang cukup, cara menambah sperma juga bisa dilakukan dengan banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk produksi dan kualitas sperma. Berikut ini ada beberapa pilihan makanan yang bisa Anda coba.

kandungan sperma

Daging

Daging merah seperti daging sapi dan daging ayam tanpa lemak mengandung Zinc, Vitamin B12, dan Vitamin D terutama pada bagian hati. Vitamin B12 bisa meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Selain itu, makanan dengan kandungan Vitamin B12 yang tinggi juga dapat digunakan untuk cara menambah sperma, motilitas, serta mengurangi kerusakan DNA sperma. Selain daging, Vitamin B-12 juga bisa didapatkan dari susu. Zinc juga dapat mencegah infertilitas akibat sel sperma yang menggumpal.

Makanan Laut

Ikan seperti salmon, tuna, dan makarel memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi. Sedangkan makanan laut lainnya seperti kerang, kepiting, dan tiram mengandung Zinc, Vitamin B12 dan Vitamin D. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, konsumsi kandungan Zinc juga bisa menjadi cara menambah sperma. Pria yang mencukupi kebutuhan harian Zinc akan mengalami peningkatan kadar hormon testosteron sehingga meningkatkan jumlah sperma yang diproduksi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan atau sayuran seperti buncis memiliki kandungan folat, Vitamin E, dan Omega-3. Vitamin E dapat membantu menghalangi kerusakan pada sel sperma sehingga sperma yang dihasilkan bisa lebih subur. Kebutuhan harian vitamin E yang tercukupi juga bisa menjadi cara menambah sperma. Pilihan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi yaitu kacang Brazil. Kandungan selenium di dalamnya bisa merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat.

Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk digunakan sebagai cara menambah sperma, yaitu folat dan Vitamin B9. Folat memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Jika Anda susah untuk menemukan gandum utuh untuk dikonsumsi, Anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti sereal yang telah difortifikasi.

Jamur

Mengonsumsi jamur juga bisa menjadi pilihan cara menambah sperma. Kandungan Vitamin D di dalam jamur bisa membantu Anda meningkatkan kualitas sperma sehingga membuat pria menjadi lebih subur. Selain baik untuk kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D juga dapat mendukung pergerakan sperma di dalam sel telur sehingga proses pembuahan akan berjalan lebih lancar pada saat penetrasi.

Telur

Telur memiliki kandungan nutrisi asam lemak Omega-3 yang bermanfaat untuk membantu cara menambah sperma serta meningkatkan pergerakan sperma dan bentuk sperma. Sehingga, jika Anda memenuhi kebutuhan harian telur bisa secara tepat bisa meningkatkan kesuburan sperma dan peluang kehamilan untuk pasangan. Asam lemak Omega-3 juga memiliki manfaat lainnya, yaitu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, dan lobak hijau memiliki kandungan asam folat atau Vitamin B9. Pria yang kekurangan asupan asam folat akan sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Oleh karena itu, konsumsi asam folat membantu cara menambah sperma, membantu meregenerasi sel sperma, dan meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Kandungan asam folat juga bisa ditemukan pada alpukat dan kentang.

Buah-buahan

Buah-buahan dengan kandungan Vitamin C dipercaya memiliki kandungan antioksidan sehingga bisa meningkatkan kualitas air mani dan juga cara menambah sperma. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi secara rutin bisa mengurangi jumlah sel sperma yang cacat. Anda bisa mencoba mengonsumsi jeruk, pepaya, strawberry, nanas, kiwi, paprika manis, dan mangga secara bergantian agar tidak bosan.

Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu zat karotenoid yang merupakan antioksidan dan memberi warna cerah pada tomat. Antioksidan ini bisa menangkal radikal bebas yang biasanya terbentuk dari konsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji atau terlalu banyak makan makanan olahan. Likopen dalam tomat juga bisa digunakan sebagai cara menambah sperma hingga 70%. Tubuh akan menyerap 20-30% dari likopen yang masuk dan tersebar di beberapa bagian tubuh termasuk testis tempat sperma diproduksi. Selain itu, likopen juga mengurangi kerusakan DNA sehingga meningkatkan jumlah sperma matang serta membuat sperma lebih cepat bergerak dan gesit. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen lainnya seperti jambu biji, semangka, dan pepaya untuk meningkatkan kesuburan.

Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk ke dalam makanan yang berguna untuk cara menambah sperma. Kandungan selenium dan alisin di dalamnya dapat meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi pria, termasuk testis yang berfungsi sebagai tempat produksi sperma. Aliran darah tersebut berfungsi membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar bekerja dengan optimal. Testis yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik akan membuat produksi sperma berjalan lancar dan jumlahnya akan meningkat.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*