Cara Mendidik Anak 4 Tahun untuk Memicu Kognitifnya

  • October 27, 2020

Anak usia 4 tahun cenderung lebih aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pada masa-masa ini, setiap hari mungkin akan menjadi suatu tantangan bagi Anda sebagai orang tuanya. Dalam periode ini, Anda harus memiliki strategi atau cara mendidik anak agar memicu perkembangan kognitifnya. Maksimalkan fase perkembangan anak ini agar menjadikannya pribadi yang cerdas dan juga mandiri.

Cara mendidik yang Anda berikan di usia dini akan sangat berpengaruh dengan kehidupan si anak kelak ketika beranjak remaja dan juga dewasa. Jadi pastikan Anda mendidik buah hati Anda dengan cara yang tepat. Berikut cara mendidik anak usia 4 tahun untuk memaksimalkan perkembangan kognitifnya:

  • Membatasi bermain gadget

Zaman sekarang teknologi semakin canggih, bahkan anak-anak bisa memainkan gadget di usianya yang masih belia tanpa perlu diajari. Masalahnya, banyak orang tua yang memberi gadget untuk mengatasi anak yang begitu aktif dan rewel.

Sebaiknya hentikan kebiasaan itu, karena memberi gadget pada anak hanya membuatnya malas. Sesekali tak ada salahnya meminjamkan gadget, tetapi harus dibatasi dengan durasi yang pendek supaya dia tidak terlalu ketergantungan pada gadget.

  • Mebelikan mainan yang edukatif

Anak usia 4 tahun tentunya masih menyukai hal-hal yang berbau dengan dunia mainan. Wajar jika mereka seperti itu, karena itu dunianya. Tidak ada salahnya Anda membelikan anak Anda mainan, tetapi jika Anda menginginkan anak Anda menjadi anak yang cerdas. Anda bisa membelikannya mainan edukatif yang bisa mengasah kemampuan otaknya seperti puzzle atau mainan sejenisnya.

  • Mengajarkan bahasa yang baik

Cara mendidik anak yang paling penting dalam tahap ini adalah mengajarinya berbahasa dengan baik. Hal ini dikarenakan pada usia 4 tahun, si kecil akan cenderung belajar banyak hal, termasuk bahasa. Tugas Anda sebagai orang tua adalah mengajarinya perkataan yang baik dan benar, agar kelak ketika ia dewasa, anak-anak akan memiliki tutur bahasa dan tata bicara yang baik.

  • Mengajarinya menggambar

Anda juga bisa mengajari si kecil menggambar, hal ini juga termasuk ke dalam salah satu cara mendidik anak usia 4 tahun agar perkembangan kognitifnya optimal. Ketika menggambar, pastinya dia juga akan menceritakan kepada Anda hal apa saja yang tengah dia gambar.

Dengan demikian, dia akan terdorong untuk mau berkomunikasi dan hal itu akan membantu si anak untuk berbicara lebih lancar. Menggambar juga berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan dirinya sekaligus mengasah imajinasinya.

  • Mengajarkan untuk belajar musik

Menurut beberapa penelitian di Amerika, anak yang mengikuti les musik atau belajar musik memiliki kemampuan kognitif yang lebih daripada anak yang tidak. Oleh karena itu jika ingin anak Anda cerdas, Anda bisa memberinya les musik.

Namun, perlu diingat. Yang terpenting adalah jangan pernah memaksanya, tanyakan saja apa musik yang ingin dia pelajari. Dengan begitu dia tidak akan merasa tertekan dan merasa senang menjalankannya.

  • Biarkan anak bermain bersama teman sebayanya

Biarkan anak Anda untuk bermain bersama teman sebayanya. Biarkan dia bermain dengan teman sekolah atau tetangganya yang usianya sama dengannya. Dengan begitu si kecil akan berlatih bersosialisasi dengan teman sebayanya. Ini juga bisa menjadi cara agar anak pandai berbicara dan sosialisasi.

  • Jangan memarahi anak ketika ia gagal dalam melakukan sesuatu

Banyak orang tua yang akan kecewa dan memarahi anak mereka ketika gagal mencapai sesuatu. Jika Anda ingin anak menjadi cerdas, ketika mereka gagal melakukan sesuatu jangan marahi dia, tetapi beri dia pengertian dan beri dia semangat. Dengan begitu dia akan menjadi semangat untuk mencoba hal-hal lain karena dia sadar orang tuanya selalu mendukungnya.

  • Biasakan bersikap terbuka dengan anak

Anak-anak senang bercerita, oleh karena itu orangtua juga harus mengusahakan hal yang sama. Sering-seringlah berkomunikasi dengan anak, bisa dimulai dengan menanyakan kepada anak tentang kegiatannya dalam sehari.

Dengan komunikasi yang lancar kelak anak akan mudah terbuka kepada orang tua tentang segala hal yang terjadi dalam hidupnya, bahkan sampai dia dewasa nanti.

***

Cara mendidik anak usia 4 tahun tentunya berbeda dengan cara mendidik anak pada usia-usia lainnya, karena tingkat pemahaman anak sudah meningkat lebih tinggi. Anak pada umur 4 tahun ini sudah lebih pintar berkomunikasi sehingga lebih mudah diajak bicara dan mengerti kalimat yang lebih panjang. Sesuaikanlah bahasa yang digunakan terhadap anak 4 tahun agar semua hal yang penting dapat tersampaikan dengan baik kepada anak.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*