Cara Mengatasi Pantat Sebelah kanan Sakit

  • February 10, 2021

Ketimbang tangan, kaki dan kepala, pantat menjadi bagian tubuh yang sangat sangat mengalami nyeri. Sehingga jika mengalami sakit atau nyeri pada bagian ini sebagian orang kemungkinan akan sulit untuk menemukan penyebabnya. Meski demikian, fakta mencatat jika banyak kondisi atau penyakit yang bisa menjadi penyebab pantat pegal.

pantat pegal

Dalam mengetahui penyebab sakit bokong ini terdapat beberapa gejala yang muncul dan harus diidentifikasi dengan tepat. Mulai dari intensitas, durasi sampai faktor yang membuat rasa sakit mereda atau semakin parah. Selain itu perlu juga mengetahui beberapa gejala penyerta yang bisa memperjelas rasa sakit yang muncul pada pantat ini.

Penyebab Pantat Pegal

  1. Memar

Disebabkan karena menggenangnya darah dari pembuluh darah yang rusak di bawah kulit, mengenali kondisi ini tidak sulit karena memiliki ciri yang khas. Yakni hitam-biru dan sakit jika disentuh, sakit bokong karena memar biasanya diakibatkan karena cedera benturan pada bagian yang memar tersebut.

  1. Ketegangan Otot

Olahraga tanpa pemanasan atau melakukan gerakan tertentu seperti peregangan berlebihan bisa menyebabkan otot bokong mengalami cedera atau robek. Kondisi ini bisa menjadi penyebab sakit seseorang mengalami nyeri atau sakit pada bokong.

  1. Saraf Kejepit

Hernia diskus atau saraf kejepit merupakan kondisi di mana diskus tulang belakang keluar dari tempatnya, disebabkan karena lapisan luarnya mengalami kerusakan. Diskus bisa menekan saraf di dekatnya sehingga menyebabkan rasa nyeri, mati rasa hingga rasa kelemahan muncul. Tergantung pada saraf yang terdampak dan bisa menyebabkan rasa sakit muncul pada bokong.

  1. Sindrom Piriformis

Merupakan otot yang terletak dari punggung bawah hingga paha atas, dari tulang belakang bawah juga terdapat saraf skiatik membentang melalui bokong bagian belakang paha. Jika otot piriformis mengalami cedera, otot yang meradang akan menekan saraf skiatik. Kondisi inilah yang memunculkan rasa sakit pada bokong.

  1. Arthritis

Merupakan radang sendi, penyakit yang menyebabkan nyeri dan kekakuan pada persendian, setidaknya ada sekitar seratus jenis radang sendi. Kondisi ini bisa disebabkan menipisnya sendi secara alami seiring bertambahnya usia dan berbagai aktivitas lain. Peradangan juga bisa terjadi pada sendi panggul dan membuat bokong terasa nyeri.

  1. Penyebab Lain

Selain beberapa penyebab di atas, masih terdapat banyak kemungkinan penyakit yang menyebabkan bokong terasa sakit atau nyeri. Beberapa di antaranya seperti bisul, kista, bursitis, cacar air dan lain sebagainya. Untuk mengobati kondisi ini terlebih dahulu diperlukan diagnosis dan pemeriksaan guna menemukan penyebab pastinya.

Pengobatan Pantat Pegal

Banyaknya kemungkinan penyebab bokong sakit membuat jenis pengobatan yang diberikan juga beragam. Namun penderita bisa melakukan penanganan awal secara mandiri, beberapa langkah berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasi gejala atau rasa sakit yang muncul pada pantat sebelum memeriksakan diri ke dokter.

  • Kompres bagian yang sakit menggunakan es atau air panas, fungsinya untuk meredakan nyeri. Tempelkan kompres pada bagian yang sakit selama kurang lebih 15 menit sekali.
  • Lakukan peregangan lembut di area kaki, pinggul dan bokong, namun jangan terlalu dipaksakan jika rasa sakit yang muncul terasa lebih sakit dari sebelumnya.
  • Oleskan minyak atau balsem pereda nyeri otot pada bagian yang pantat yang terasa sakit, secukupnya dan jangan menekan terlalu keras ketika memijat.
  • Istirahat dengan cukup untuk meredakan sakit, hindari aktivitas yang bisa menyebabkan pantat sakit agar kondisi tidak tambah parah.
  • Konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek seperti naporxen atau ibuprofen untuk sekadar mengobati gejala sakit yang muncul.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*