Cara Mengatasi Sakit Buah Zakar Sebelah Kanan

  • April 15, 2021

Ada beberapa cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kanan. Hal ini didasarkan pada akar penyebabnya. Biasanya, dokter akan memberikan antibiotik untuk gejala yang ringan. Namun, jika kondisinya cukup serius, bisa dilakukan operasi dan kemoterapi. 

Buah zakar atau disebut juga dengan testis memiliki fungsi untuk pembentukan sel sperma. Nyeri pada salah satu buah zakar kerap terjadi karena beberapa hal seperti epididimitis yang disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS), batu ginjal, hingga karena infeksi. 

Jika sakit yang dialami membuat kamu merasa tidak nyaman, sebaiknya segera menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

Gejala sakit buah zakar sebelah kanan

Sakit yang terjadi pada salah satu buah zakar jangan terus diabaikan. Sebab, jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat bisa menyebabkan kerusakan permanen dan hilangnya kesuburan.

Berikut ini beberapa gejala sakit buah zakar yang wajib kamu ketahui:

  • Nyeri hebat yang muncul secara tiba-tiba pada buah zakar di sebelah kanan
  • Nyeri pada bagian perut bagian bawah
  • Muncul bengkak kemerahan dan nyeri pada skrotum
  • Buah zakar tampak menggantung atau posisinya tidak biasa
  • Keluar cairan dari penis
  • Ada rasa terbakar saat buang air kecil
  • Keluar darah bersamaan dengan urin
  • Terasa gatal dan iritasi pada bagian penis
  • Demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala ringan

Jika nyeri yang kamu alami termasuk ringan dan tidak menimbulkan gejala lain, hal ini menandakan bahwa tidak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika nyeri yang dirasakan secara tiba-tiba disertai dengan gejala lainnya, maka sebaiknya kamu ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

Cara mengatasi sakit buah zakar sebelah kanan

Jika gejala yang dialami cukup ringan dan tidak disertai dengan gejala lain, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan biasa. Namun, jika sakit buah zakar terjadi karena cedera, mungkin akan dilakukan pembedahan.

Berikut ini 5 cara mengatasi sakit buah zakar di sebelah kanan yang biasa dilakukan. 

Pembedahan

  • Varikokel

Buah zakar yang mengalami pembengkakan atau pembesaran karena pembuluh vena disebut dengan varikokel. Pada beberapa kasus, varikokel bisa menyebabkan nyeri dan juga gangguan pada kesuburan.

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dilakukan dengan melakukan pembedahan atau operasi dengan menutup aliran darah pada pembuluh vena yang bengkak. Meskipun sudah ditutup dengan operasi, varikokel bisa saja menyerang lagi karena beberapa hal. 

  • Spermatokel

Spermatokel adalah kondisi dimana muncul kista di lapisan epididimis yang terletak di dalam buah zakar. Epididimis ini memiliki peran untuk mengangkut sperma. 

Menurut para ahli, spermatokel terjadi karena tabung yang berfungsi mengangkut sperma tersumbat, sehingga memunculkan kista. 

Kista yang muncul di epididimis dan membesar bisa membuat buah zakar terasa nyeri. Cara mengatasinya yakni dengan melakukan pembedahan atau operasi pengangkatan kista. Namun, pembedahan ini bisa menurunnya kesuburan pria, sehingga dokter biasanya akan menyarankan seseorang melakukan operasi ini jika tidak ingin memiliki anak lagi. 

  • Torsio testis

Kondisi ini terjadi ketika tali spermatika tidak normal, sehingga aliran darah menuju testis terhenti. Torsio testis termasuk penyakit langka yang menyerang 1 dari 4 ribu pria. 

Untuk mengatasi kondisi ini, torsio testis dilakukan dengan melakukan operasi atau pembedahan. 

  • Hidrokel

Hidrokel adalah kondisi dimana buah zakar mengalami pembengkakan karena cairan yang menyelimuti lapisan testis. 

Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan melakukan operasi, yakni dengan menghilangkan cairan yang menumpuk pada lapisan testis. 

Pemberian antibiotik

Orkitis terjadi karena buah zakar mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.  Gejala orkitis biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada buah zakar yang menyebar dari kiri ke kanan. Jika disentuh, buah zakar juga terasa hangat dan kemerahan.

Jika infeksi terjadi karena bakteri, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik. Jika orkitis disebabkan karena virus, nyeri yang terjadi biasanya akan sembuh sendiri. Namun, tetap konsultasikan hal ini pada dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya. 

Sperma

Jika buah zakar sebelah kanan mengalami nyeri mendadak dan membuat aktivitas terganggu, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, ya!

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*