Cara Mengobati Radang Sendi dengan Counterpain Cool

  • June 4, 2021

Arthritis atau radang sendi adalah suatu kondisi di mana terjadi pembengkakan pada satu atau lebih persendian. Gejala utama dari radang sendi adalah nyeri sendi dan kaku, biasanya gejala akan memburuk seiring bertambahnya usia. Jenis radang sendi yang paling umum dijumpai adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Osteoartritis menyebabkan tulang rawan (jaringan keras dan licin yang menutupi ujung tulang tempat membentuk sendi) rusak. Sedangkan rheumatoid arthritis adalah suatu kondisi di mana sistem kekebalan menyerang persendian, dimulai dari lapisan persendian. Radang sendi bisa diredakan gejalanya, dengan menggunakan obat over-the-counter atau obat yang dijual bebas seperti Counterpain Cool.

Penyebab Radang Sendi

Berikut adalah penyebab dari timbulnya radang sendi jenis osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. 

Osteoartritis

Jenis arthritis yang paling umum dan menyebabkan keausan pada tulang rawan sendi. Keausan pada tulang rawan dapat terjadi selama bertahun-tahun atau dapat dipercepat karena terjadi cedera atau infeksi sendi. 

Rheumatoid Arthritis

Pada rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul pada sendi, yaitu selaput keras yang membungkus semua sendi. Lapisan ini (membran sinovial) menjadi radang dan bengkak. Sistem kekebalan tubuh tersebut akhirnya dapat menghancurkan tulang rawan dan tulang di dalam sendi.

Selain itu, ada juga faktor risiko yang menyebabkan terjadinya arthritis meliputi:

Faktor keturunan

Beberapa jenis radang sendi terjadi dalam keluarga, jadi Anda mungkin lebih berisiko mengembangkan radang sendi jika ada orang tua atau saudara Anda yang mengalami kelainan tersebut. Faktor genetik Anda membuat Anda menjadi lebih rentan terhadap faktor lingkungan tersebut yang dapat memicu radang sendi.

Usia

Risiko mengalami berbagai jenis radang sendi termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan asam urat akan meningkat seiring bertambahnya usia.

Jenis Kelamin

Wanita lebih mungkin mengalami rheumatoid arthritis, sementara orang laki-laki biasanya menderita gout, jenis arthritis lainnya.

Cedera Sendi Sebelumnya

Orang yang pernah mengalami cedera sendi, mungkin terjadi karena aktivitas olahraga, lebih mungkin mengembangkan artritis pada sendi tersebut.

Kegemukan

Berat badan berlebihan dapat meningkatkan tekanan pada persendian, terutama pada lutut, pinggul dan tulang belakang. Oleh karena itu, orang yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena radang sendi.

Pengobatan untuk Radang Sendi

Ada beberapa jenis obat yang berbeda untuk mengobati radang sendi, yaitu sebagai berikut.

  • Analgesik, seperti hidrokodon (Vicodin) atau asetaminofen (Tylenol) yang dipercaya efektif untuk mengatasi nyeri, namun obat ini tidak membantu mengurangi peradangan.
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil) dan salisilat, yang dapat membantu mengendalikan rasa sakit dan peradangan. Salisilat berfungsi untuk mengencerkan darah, jadi obat ini harus digunakan dengan sangat hati-hati dengan obat pengencer darah tambahan. 
  • Krim yang mengandung mentol atau capsaicin juga dapat digunakan untuk mengobati radang sendi dengan cara kerja memblokir transmisi sinyal nyeri pada persendian Anda. 
  • Imunosupresan seperti prednison atau kortison dapat digunakan membantu mengurangi peradangan.

Jika mengalami radang sendi, Anda juga dapat meredakan rasa sakitnya dengan Counterpain Cool gel karena mengandung metil salisilat dan eugenol yang dapat bekerja dengan efektif untuk mengurangi atau meredakan rasa nyeri pada tubuh sekaligus membuat otot pada pundak dan punggung rileks. Selain itu, Counterpain Cool dapat mengatasi peradangan sendi, arthritis, sakit punggung, memar dan keseleo. Counterpain Cool mengandung ekstrak mentol sebanyak 4% yang dipercaya mampu memberikan sensasi sejuk, menenangkan dan nyaman pada bagian yang mengalami nyeri sendi. 

Counterpain Cool dapat digunakan untuk Anda yang sedang hamil, tentunya setelah melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mengetahui apakah manfaat yang diberikan Counterpain Cool lebih besar dibandingkan risiko terhadap janin. Jika Anda ingin menggunakan Counterpain Cool sebagai obat radang sendi, Anda bisa membelinya di apotek atau toko terdekat Anda dengan harga Rp 24.300 untuk ukuran 15 gram.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*