Efek Samping Obat Cendo Lyteers

  • December 28, 2020

Merupakan salah satu obat tetes mata steril yang digunakan untuk melumasi mata dalam keadaan kering yang diakibatkan beberapa kondisi seperti iritasi, kekurangan sekresi air mata, rasa tidak nyaman saat penggunaan lensa kontak, iritasi akibat lingkungan dan lendir berlebih pada mata disebut dengan cendo lyteers.

Obat ini mengandung zat aktif natrium klorida dan kalium klorida yang berfungsi untuk menyejukan mata kering akibat kekurangan air mata. Pada dasarnya air mata memang sangat penting bagi mata, yakni untuk membasuh, membersihkan, melicinkan hingga menjaga jarak kelembapan mata hingga mampu mengurangi rasa tidak nyaman pada mata.

Efek Samping Cendo Lyteers

Kegunaan umum obat ini adalah untuk melumasi dan memberi kesejukan pada mata karena kekurangan sekresi air mata dan beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas. Kandungan kalium klorida dan natrium klorida pada obat bisa untuk mengurangi pembengkakan pada permukaan mata atau kornea mata. 

Obat ini bekerja dengan mengeluarkan cairan dari kornea mata untuk nantinya bisa mengurangi pembengkakan yang muncul. Obat ini termasuk golongan bebas yang bisa dibeli di apotek tanpa menggunakan resep. Meski demikian, para pengguna juga perlu berhati-hati sebelum menggunakannya dengan membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan.

Sama seperti penggunaan obat pada umumnya, pemakaian obat ini juga menyebabkan seseorang mengalami beberapa efek samping. Meski sifatnya ringan, namun jika terjadi secara berulang dan tidak kunjung sembuh bisa membahayakan bagi seseorang tersebut. Berikut beberapa efek samping yang kemungkinan besar muncul.

  • Gatal.
  • Kemerahan.
  • Bengkak.
  • Nyeri.
  • Sensasi hangat atau panas pada mata.
  • Mata buram.

Perlu diketahui jika efek samping yang muncul setiap pasien berbeda-beda, tidak semua orang mengalami efek samping yang disebutkan di atas. Meski demikian, jika muncul kekhawatiran mengenai efek samping pada obat ini bisa dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Penggunaan Obat

Obat ini hanya bisa digunakan pada pemakaian luar dengan cara diteteskan atau dioleskan secara langsung ke mata. Disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih, lalu lepas lensa kontak sebelum menggunakannya. Kocok botol terlebih dahulu, pengguna bisa memilih posisi yang paling nyaman ketika memakainya bisa berbaring atau mendongak.

Buka mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata ke atas, gunakan satu atau dua jari kemudian tarik kelopak mata bawah hingga membentuk sebuah kantong. Setelah itu pegang obat tetes dengan tangan satunya, posisikan ujung pipet obat dengan mata berjarak 2,5 cm. Pencet perlahan obat mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan.

Pastikan ujung pipet tidak menyentuh apapun, karena sangat rentan terkena kontaminasi kuman atau bakteri jahat. Lepaskan tangan dari kelopak mata dan turunkan kepala, setelah itu tutup mata selama satu hingga dua menit. Tujuannya memberi waktu bagi mata untuk dapat menyerap obat, jangan berkedip karena hanya akan mendorong cairan obat keluar dari mata sebelum diserap.

Namun, jangan terlalu sering untuk mengonsumsi obat ini dan penggunaan harus sesuai dengan resep dari dokter. Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter untuk bisa bekerja secara optimal, selain itu beritahu dokter jika kondisi belum membaik dalam beberapa hari setelah penggunaan obat dan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Cendo lyteers merupakan salah obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Sangat disarankan untuk tidak menyimpan obat ini di kamar mandi, selain itu juga jangan dibekukan meskipun merek lain dari obat ini memungkinkan aturan penyimpanan yang berbeda.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*