Hati-hati, Ini 9 Efek Samping dari Isoxsuprine

Hati-hati, Ini 9 Efek Samping dari Isoxsuprine

  • December 31, 2020

Ibu yang tengah hamil dan memiliki risiko kelahiran prematur umumnya akan dianjurkan mengonsumsi isoxsuprine oleh dokter spesialis kandungan. Dengan obat tersebut, diharapkan kontraksi yang memicu kelahiran lebih cepat dari seharusnya dapat diminimalkan. 

Namun sebenarnya, isoxsuprine bukanlah obat yang dibuat khusus untuk wanita hamil. Isoxsuprine lebih mengarah ke jenis obat vasodilator yang bertujuan untuk mengobati berbagai gejala gangguan aliran darah. Cara kerja obat ini dengan melebarkan pembuluh darah, sehingga darah bisa mengalir lebih lancar. 

Isoxsuprine merupakan jenis obat keras yang penggunaannya mesti dengan sepengetahuan dokter. Pasalnya, meskipun memiliki manfaat yang paten, obat ini juga mengandung berbagai risiko efek samping yang tidak bisa dipandang ringan. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang kerap dialami oleh orang-orang yang mengonsumsi jenis obat vasodilator ini. 

  1. Mengantuk 

Isoxsuprine merupakan jenis obat yang sangat ampuh menimbulkan efek mengantuk setelah beberapa saat Anda mengonsumsinya. Pastikan Anda tidak berkendara ataupun melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi setelah mengonsumsi obat ini supaya terhindar dari bahaya yang tidak diharapkan. 

  1. Sakit Kepala 

Ini merupakan salah satu gejala umum yang sering terjadi pada pasien yang mengonsumsi isoxsuprine. Tiba-tiba Anda akan merasa sedikit melayang dan sakit kepala. Namun, efek ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa jam. 

  1. Mual dan Muntah 

Isoxsuprine bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika dikonsumsi. Banyak orang mengatakan, mereka bahkan merasakan mual sesaat setelah mengonsumsi obat pelebar pembuluh darah ini. Tidak sedikit pula yang menyatakan muntah-muntah sebagai efek samping dari isoxsuprine. 

  1. Kesulitan Bernapas 

Gejala efek samping ini memang jarang terjadi. Kesulitan bernapas umumnya dialami oleh orang-orang yang memiliki alergi obat ketika mengonsumsi isoxsuprine. Karena itu, sebaiknya Anda menginformasikan mengenai kemungkinan alergi tersebut sebelum dokter meresepkan jenis obat ini.

  1. Pembengkakan 

Isoxsuprine juga bisa menimbulkan pembengkakan pada beberapa area tubuh. Biasanya bibir menjadi bagian yang paling sering mengalami pembengkakan akibat obat ini. Munculnya bibir bengkak atau daerah tubuh lainnya bengkak merupakan efek dari alergi yang muncul akibat konsumsi isoxsuprine. 

  1. Detak Jantung Cepat 

Jangan kaget ketika Anda tiba-tiba merasa detak jantung menjadi sangat cepat setelah mengonsumsi isoxsuprine. Meskipun jarang terjadi, ini merupakan efek samping dari obat tersebut yang mesti diwaspadai. Segeralah menemui dokter guna mendapatkan penanganan apabila Anda merasakan efek samping isoxsuprine yang satu ini. 

  1. Nyeri Perut dan Dada 

Efek samping lain yang kerap dirasakan oleh pengonsumsi isoxsuprine adalah masalah pencernaan. Tidak jarang dijumpai kasus saat seseorang merasa sakit perut yang menyesakkan ketika mengonsumsi obat ini. Sakit perut akibat isoxsuprine terkadang bahkan bisa menjalar hingga menimbulkan nyeri dada. 

  1. Ruam Merah 

Satu lagi efek samping dari isoxsuprine yang menunjukkan obat ini tidak cocok bagi Anda, yaitu ruam-ruam kemerahan di sekujur kulit. Ruam merah menunjukkan Anda mengalami alergi akibat pemakaian obat ini. Segera hentikan pemakaian isoxsuprine jika gejala ini terjadi dan segeralah berobat ke dokter. 

  1. Kehilangan Kesadaran 

Dosis yang tidak sesuai ataupun alergi bisa memicu efek samping yang satu ini. Meskipun jarang terjadi, dalam beberapa kasus ditemukan seseorang mendadak pingsan atau kehilangan kesadaran setelah mengonsumsi isoxsuprine. Penanganan cepat dan tepat secara medis pun mesti segera diberikan kepada pasien yang kehilangan kesadaran tersebut. 

*** 

Setiap obat pasti memiliki efek samping. Namun, jangan terlalu takut akan efek samping tersebut. Asalkan sesuai resep dokter dan dengan dosis yang benar, efek samping dapat diminimalkan dan manfaat dari obat ini bisa dioptimalkan.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*