Ini Cara Pakai Skincare Terbaik dengan Tepat

  • May 3, 2021

Saat ini, Anda mungkin sudah membiasakan diri untuk menggunakan skincare secara rutin. Tapi, apakah Anda sudah menggunakan produk-produk skincare terbaik dengan cara yang tepat? 

Sebagus apa pun kualitas produk skincare yang Anda gunakan, hasilnya tidak akan bisa Anda rasakan bila pemakaiannya keliru. Karena itu, ketahui dulu apa yang perlu Anda perhatikan ketika memakai skincare.

Cara pakai skincare terbaik 

Anda mungkin bisa mengandalkan instruksi pada kemasan produk mengenai cara pemakaian yang benar. Tapi, itu saja sebenarnya tidak cukup. Selain mengikuti anjuran pemakain pada label kemasan, Anda juga harus tahu apa saja jenis produk skincare yang Anda perlukan.

Berikut ini informasi mengenai cara memilih skincare terbaik agar pemakaiannya maksimal: 

  • Cleanser

Produk cleanser atau pembersih wajah merupakan produk yang paling dasar dan utama dalam rutinitas skincare. Untuk memakai cleanser dengan benar, carilah produk yang sesuai kebutuhan serta kondisi kulit Anda. 

Jangan menggunakan produk pencuci wajah yang meninggalkan sensasi kulit tertarik setelah dipakai. Ini mungkin terasa menyenangkan bagi sebagian orang, karena minyak dan kotoran sudah terangkat sepenuhnya. Tapi, hal ini juga akan membuat kulit menjadi kering.

Kulit yang kering bukanlah kulit yang sehat. Karena itu, bijaklah dalam memilih jenis sabun pencuci wajah Anda. 

  • Pelembab

Banyak yang mengira bahwa pelembab hanya ditujukan untuk orang-orang dengan kulit kering saja. Padahal, bagi yang memiliki kulit berminyak pun juga memerlukan pelembab.

Apapun jenis kulit Anda, disarankan untuk selalu memakai pelembab secara rutin di pagi hari dan malam hari. Pilihlah produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

  • Tabir surya

Salah satu cara pakai skincare terbaik adalah rutin menggunakan tabir surya, bahkan ketika Anda tidak beraktivitas di luar ruangan sekalipun. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

Sebaiknya, gunakan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum Anda keluar dari rumah. Akan lebih baik lagi kalau Anda memilih produk yang mengandung pelembab, sehingga tabir surya yang dipakai tidak membuat kulit menjadi kering. 

Cara pakai skincare yang perlu dihindari

Ada beberapa kebiasaan menggunakan skincare yang sebaiknya Anda hindari. Kebiasaan ini bisa membuat kondisi kulit Anda semakin buruk. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan tersebut: 

  • Menggunakan pasta gigi

Beberapa orang mengira bahwa pasta gigi bisa mengobati luka pada kulit, khususnya masalah jerawat. Ini adalah pemahaman yang keliru. 

Kandungan di dalam pasta gigi mungkin bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel di kulit. Akan tetapi, di saat bersamaan ini juga akan menyerap kelembaban kulit Anda, membuat kulit menjadi kering dan berpotensi mengalami iritasi. 

  • Menggunakan baking soda

Jangan kira baking soda adalah pilihan skincare terbaik. Karena, baking soda memiliki kandungan pH level mencapai 8. 

Menurut penelitian, kandungan pH yang tinggi pada baking soda akan membuat kulit mengalami stres. Selain itu, kelembaban kulit Anda juga akan mengalami penurunan drastis. 

  • Bawang putih

Bila Anda menggunakan bawang putih mentah sebagai bahan skincare, efeknya bisa berbahaya untuk kulit. Ini bisa memicu alergi, eksim, inflamasi, serta tumbuhnya kutil pada kulit wajah.Hindari hal-hal di atas jika Anda ingin memelihara kulit tetap sehat untuk jangka panjang. Pilihlah jenis produk skincare terbaik dan lakukan rutinitas skincare secara rutin. Ini akan membuat kulit Anda tampak tetap sehat.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*