Inilah Penyebab Berat Badan Naik Saat Menstruasi

  • February 9, 2021

Kenaikan berat badan sebanyak 1-2 kg saat awal menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi. Kemudian akan menurun beberapa hari setelahnya. Kenaikan berat badan juga bisa terjadi saat Premenstrual Syndrome (PMS). Biasanya PMS terjadi beberapa hari hingga 2 minggu sebelum menstruasi. PMS terjadi pada 90% wanita yang mengalami menstruasi. Berikut ini beberapa penyebab berat badan naik saat menstruasi:

  1. Perubahan hormon

Faktanya, perubahan hormon mampu meningkatkan retensi air. Sebelum menstruasi, hormon estrogen dan progseteron menurun dengan cepat. Di sisi lain, kedua hormon tersebut juga mengatur cairan tubuh. Saat terjadi perubahan hormon, jaringan di dalam tubuh menumpuk banyak air. Kemudian terjadilah retensi air atau edema. 

Edema mengakibatkan pembengkakan payudara, perut, atau tubuh bagian bawah. Apabila kenaikan berat badan biasanya disebabkan karena peningkatan massa lemak, namun kali ini karena jumlah air dalam tubuh. Retensi air merupakan gejala PMS yang umum atau hampir terjadi pada 92% wanita yang mengalami menstruasi. 

  1. Kembung

Pada dasarnya, kembung bukan merupakan bentuk penambahan berat badan yang sebenarnya. Kembung membuat Anda tidak nyaman sehingga muncullah perasaan berat badan naik beberapa kal lipat. 

Selama menstruasi, perubahan hormon meningkatkan gas di saluran pencernaan sehingga menyebabkan kembung. Selain itu, retensi air juga dapat menyebabkan kembung. Anda akan merasakan sesak atau bengkak di bagian perut. Kembung dapat dimulai pada hari ke-5 sebelum menstruasi hingga beberapa hari pertama setelah menstruasi. 

Selain kembung, perasaan tidak nyaman juga datang saat kondisi kram perut. Kondisi ini disebabkan karena prostalglandin dilepaskan ke rahim sehingga muncullah respon kontraksi pada rahim. Kontraksi menimbulkan rasa sakit atau kram. 

  1. Mengidam makanan atau makan berlebihan

Seminggu sebelum menstruasi, kadar hormon progesteron meningkat. Hormon progesteron merangsang nafsu makan sehingga memicu Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya. 

Estrogen juga mengatur serotonin atau neurotrasmitter yang mengontrol suasana hati dan mengurangi nafsu makan. Saat hormon estrogen turun menjelang menstruasi maka serotonin juga menurun. Oleh karena itu, nafsu makan menjadi lebih besar. 

  1. Gangguan pencernaan

Perubahan hormon menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit atau bahkan diare. Semua ketidaknyamanan saluran pencernaan tersebut membuat Anda merasakan berat badan berlebih, meskipun faktanya saat Anda naik ke atas timbangan tidak ada perubahan. 

Peningkatan progesteron seminggu sebelum menstruasi akan mengganggu kontraksi usus sehingga proses pencernaan lebih lambat dan terjadilah sembelit. 

Saat menstruasi dimulai, prostalglandin dilepaskan dan terjadilah kontraksi otot di rahim dan usus. Proses tersebut menyebabkan kram perut dan nyeri panggul. Prostalglandin juga menyebabkan diare karena mengganggu elektrolit dan keseimbangan cairan di usus halus. Gangguan pencernaan sebelum dan selama menstruasi merupakan hal yang normal. 

  1. Kekurangan magnesium

Saat menstruasi dimulai, kadar magnesium menurun secara bertahap. Penurunan magnesium memicu keinginan mengonsumsi gula sehingga berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Magnesium merupakan mineral yang mengatur status hidrasi tubuh Anda. Kadar magnesium yang rendah menyebabkan dehidrasi. 

Terkadang rasa dehidrasi diartikan sebagai rasa lapar, padahal Anda hanya haus. 

  1. Kurang olahraga

Ketidaknyamanan saat menstruasi dan kram perut membuat Anda malas berolahraga. Padahal olahraga dapat meningkatkan kebugaran sekaligus menurunkan berat badan. Faktanya, olahraga memicu produksi oksitosin sehingg mengurangi rasa nyerii saat menstruasi. 

Bahkan seminggu sebelum menstruasi, estrogen dan progesteron meningkat. Kedua hormon tersebut mengakibatkan kelelahan dan penurunan daya tahan sehingga olahraga menurunkan keinginan olahraga. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*