Inner Child Orang Tua Pengaruhi Pola Asuh Anaknya

  • August 19, 2020

pola asuh orang tua pengaruhi inner child

Dunia psikologi mengenal istilah inner child. Ia dapat dijelaskan sebagai sesuatu yang ada di dalam diri seseorang sebagai hasil dari pengalaman masa kecilnya. Misalnya, seorang anak laki-laki yang begitu sayang dan peduli dengan ibunya pada saat masih kecil cenderung akan memilih pasangan seperti kepribadian sang ibu. Nantinya, hal ini juga akan berpengaruh pada caranya mengasuh anak.

Berkaitan dengan itu, contoh lain yang mengejawantahkan bahwa inner child di dalam diri seseorang akan terbawa saat ia memiliki anak adalah; anak yang kerap mendapat hukuman dari orang tuanya akan melakukan hal yang sama kelak kepada anaknya. 

Ini bisa menjadi masalah jika orang tua tidak sadar dan tidak dapat melihat realita yang ada bahwa hal tersebut akan berdampak buruk bagi pertumbuhan sang anak. Pasalnya, tiap orang berbeda. Mungkin jika Anda dapat menerima perlakuan itu, bukan berarti anak Anda kelak bisa setangguh Anda dalam menghadapi hari-hari penuh tekanan.

Jika Anda tengah kebingungan dan berupaya tidak melanjutkan estafet pola asuh yang menurut Anda kurang baik tersebut, berikut beberapa model atau jenis pola asuh yang umum di dunia ini:

1. Pola Asuh Demokratis

Orang tua berusaha tetap responsif terhadap anak dan mau mendengarkan setiap pertanyaan si buah hati. Harapan besar pada anak sebanding dengan kehangatan dan dukungan yang diberikan. 

Penerapan pola asuh ini berfokus pada memberikan kebebasan pas anak untuk menentukan jalan hidupnya sendiri, meski tetap memberikan batasan dan mengendalikan tindakan mereka. Tujuan dari pola asuh ini adalah anak akan tumbuh mandiri, bisa tegas terhadap diri sendiri, memiliki kemampuan mengendalikan diri dan intropeksi, mampu bekerja sama dan mudah bergaul serta ramah dengan orang lain. 

2. Pola Asuh Permisif

Orang tua yang menerapkan pola asuh ini dikenal sebagai orang tua yang gemar memanjakan dan memiliki sedikit tuntutan atau harapan untuk si buah hati. Orang tua tidak mengendalikan perilaku sang anak, meski lebih responsif pada anak dibandingkan pola asuh lainnya. 

Pola asuh yang didapat lantaran inner child orang tua pemanja ini cenderung lebih modern, toleran, dan menghindari konfrontasi. Pola asuh ini memiliki amat berisiko lantaran hasil dan tujuannya amat bergantung dengan ke mana jalan yang dipilih anak Anda kelak.

3. Pola Asuh Otoriter

Pola asuh ini lahir dari inner child orang tua yang selalu dikungkung oleh aturan ketat yang ditetapkan kepada mereka. Kegagalan mengikuti aturan umumnya akan berujung pada hukuman. Orang tua akan membatasi perilaku anak, sekaligus kerap menghukum atas nama disiplin.

Anak yang diasuh dengan pola ini akan menjadi pribadi yang selalu patuh dan cakap. Namun, meski cakap, anak cenderung menjadi pribadi yang tidak bahagia, tak memiliki kemampuan sosial, dan memiliki harga diri yang rendah.

4. Pola Asuh Penelantar

Dalam pola asuh ini, orang tua sama sekali tidak terlibat dengan apa pun yang terkait dengan anak. Orang tua tidak menuntut, tak responsif, dan minim komunikasi. Kebanyakan, orang tua yang menerapkan ini tetap dapat memenuhi kebutuhan dasar anak. 

Inner child ini kebanyakan datang dari orang tua yang terlampau sibuk dengan urusan di luar rumah. Mereka hanya akan memastikan bahwa anak mendapatkan asupan makan dan minum yang tepat, pulang ke rumah dengan aman, dan hal-hal mendasar lainnya. 

Dengan pola asuh seperti ini, anak cenderung tak memiliki kontrol diri di kemudian hari. Pola asuh ini juga menjadikan anak menjadi pribadi dengan harga diri dan kompetensi yang rendah.

***

Dalam kasus ini, seseorang harus dapat mengenali potensi inner child yang ada di dalam diri mereka sendiri. Jika inner child Anda mempunyai dampak positif, Anda dapat menerapkannya terhadap pola asuh anak Anda di kemudian hari. Tetapi jika inner child Anda akan berdampak negatif, maka Anda harus mencari cara alternatif agar tidak melanjutkan tongkat estafet dari apa yang disebut-sebut tidak baik tersebut.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*