Isoniazid obat TBC

Isoniazid, Obat TBC

  • December 28, 2020

Isoniazid merupakan obat yang digunakan untuk mengobati tuberkulosis (TB). TB adalah infeksi bakteri yang sebagian besar menyerang paru-paru, tetapi dapat memengaruhi bagian mana pun dari tubuh Anda. Kondisi ini dapat diobati dengan pengobatan yang biasanya berlangsung selama enam bulan secara total. Anda perlu minum beberapa obat untuk mengobati TB, isoniazid hanyalah salah satu obat yang diresepkan.

Tuberkulosis atau TB adalah infeksi menular yang biasanya menyerang paru-paru Anda. Infeksi ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, seperti otak dan tulang belakang Anda. Jenis bakteri yang menyebabkan infeksi ini adalah Mycobacterium tuberculosis. Saat ini, kebanyakan kasus TB dapat disembuhkan dengan antibiotik, salah satunya isoniazid. Tapi butuh waktu lama, Anda harus minum obat setidaknya selama 6 sampai 9 bulan.

Infeksi TBC tidak selalu berarti Anda akan sakit. Ada dua bentuk penyakit, yaitu:

  1. TB laten

Anda memiliki kuman di dalam tubuh Anda, tetapi sistem kekebalan Anda mencegahnya menyebar. Anda tidak memiliki gejala apa pun, dan tidak menular. Tetapi infeksinya masih hidup dan suatu hari bisa menjadi aktif. Jika Anda berisiko tinggi untuk aktivasi ulang infeksi misalnya, jika Anda mengidap HIV, Anda mengalami infeksi dalam 2 tahun terakhir, rontgen dada Anda tidak biasa, atau sistem kekebalan Anda lemah, dokter Anda akan memberi Anda obat untuk mencegah TB aktif.

  1. TB aktif

Kuman berkembang biak dan membuat Anda sakit. Anda bisa menyebarkan penyakit ini ke orang lain. Sembilan puluh persen kasus aktif pada orang dewasa berasal dari infeksi TB laten.

Infeksi TB laten atau aktif juga bisa resisten terhadap obat, yang berarti obat tertentu tidak bekerja melawan bakteri. TB laten tidak memiliki gejala, namun tes kulit atau darah dapat mengetahui apakah Anda memilikinya. Tanda-tanda penyakit TBC aktif meliputi:

  • Batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu
  • Nyeri dada
  • Batuk darah
  • Merasa lelah sepanjang waktu
  • Keringat malam
  • Panas dingin
  • Demam
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, temui dokter Anda untuk menjalani tes. Dapatkan bantuan medis segera jika Anda mengalami nyeri dada. Tuberkulosis disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui udara, seperti pilek atau flu. Anda bisa tertular TBC hanya jika Anda bersentuhan dengan orang yang mengidapnya.

Isoniazid digunakan dengan obat lain untuk mengobati infeksi tuberkulosis aktif. Ini juga digunakan sendiri untuk mencegah infeksi TB aktif pada orang yang mungkin terinfeksi bakteri (orang dengan tes kulit TB positif). Isoniazid adalah antibiotik dan bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Isoniazid biasanya diresepkan sebagai tablet yang mengandung kombinasi dua, tiga atau empat obat untuk mengobati TB. Nama mereknya bermacam-macam, Anda mungkin diresepkan satu atau lebih merek ini pada waktu yang berbeda dalam perawatan Anda. Mengambil obat kombinasi seperti ini bisa membantu mengurangi jumlah tablet yang perlu Anda konsumsi setiap hari.

Seiring dengan efek bermanfaatnya, sebagian besar obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan meskipun tidak semua orang mengalaminya. Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping ketika mengkonsumsi isoniazid. Lanjutkan minum isoniazid dan obat TBC lainnya sampai jumlah yang diresepkan dokter Anda habis, bahkan jika gejala hilang. Menghentikan pengobatan terlalu dini atau melewatkan dosis dapat membuat bakteri terus berkembang, yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi dan menyebabkan infeksi lebih sulit diobati atau resisten.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*