Jangan Diremehkan, Ini Kemungkinan Penyebab Ruam di Payudara

  • May 24, 2021

Bagi para wanita, penting untuk memastikan kebersihan serta kesehatan payudara. Jika Anda memiliki ruam di payudara, kondisi tersebut tidak boleh diremehkan. Bisa saja, kemunculan ruam didasari oleh kondisi medis yang lebih serius.

Anda perlu mencari tahu penyebab pasti dari kemunculan ruam tersebut. Setelah itu, barulah Anda bisa mengetahui bagaimana metode pengobatan yang paling tepat. 

Konsultasikan pada dokter apabila ruam menimbulkan gejala lain yang sangat parah, bahkan sampai menganggu aktivitas sehari-hari Anda. 

Apa yang menyebabkan ruam di payudara?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ruam pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Penyebab itu akan berbeda-beda pada setiap penderita, dan cara mengatasinya pun berbeda-beda juga.

Secara umum, beberapa penyebab kemunculan ruam pada payudara meliputi: 

  • Alergi

Salah satu penyebab ruam di payudara yang paling umum adalah alergi. Alergi ini akan menimbulkan biduran, dan salah satu gejala lainnya adalah kemunculan ruam. 

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu alergi. Contohnya seperti makanan, obat-obatan, serbuk sari, tanaman, ataupun sengatan serangga. Pada setiap orang, faktor pemicunya akan berbeda-beda. 

Jika ruam yang Anda alami disebabkan oleh alergi, kemungkinan pengobatannya dengan obat antihistamin. Obat ini bisa memblokir histamin, yaitu zat kimia alami di kulit yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

  • Ruam panas

Ruam panas adalah kondisi yang terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat. Hal ini menyebabkan keringat tidak bisa dikeluarkan melalui pori-pori pada kulit sebagaimana mestinya. 

Karena kelenjar keringat tersumbat, maka keringat akan mengumpul di bawah kulit Anda. Ini akan menyebabkan peradangan dan berujung pada ruam di kulit. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, termasuk di kulit sekitar payudara. 

Bagi Anda yang menderita ruam panas, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Kondisi ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Ini biasanya bisa membaik apabila Anda sudah tidak lagi kepanasan atau tidak lagi berkeringat.

  • Eksim

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit autoimun yang menyerang kulit. Salah satu gejalanya menyebabkan kemunculan ruam di payudara Anda. 

Kondisi eksim ditandai dengan bercak merah atau abu-abu kemerahan. Bercak ini akan meradang dan terasa sangat gatal. Eksim juga bisa menimbulkan adanya benjolan kecil yang berisi cairan. 

Sayangnya, kondisi eksim sulit untuk diobati. Karena itu, ruam yang disebabkan oleh eksim pun akan sulit juga untuk dihilangkan. Namun, Anda bisa mengendalikan gejalanya dengan rutin menjaga kelembaban di kulit Anda, termasuk kulit payudara. 

  • Hiperhidrosis

Tubuh manusia pada dasarnya selalu memproduksi keringat. Namun, sebagian orang mungkin mengalami produksi keringat yang terlalu berlebihan. Kondisi ini disebut dengan hiperhidrosis. 

Tidak diketahui dengan pasti apa yang membuat seseorang bisa mengalami hiperhidrosis. Namun, bisa dipastikan bahwa kondisi ini terjadi secara genetik atau diwariskan oleh keluarga. 

Untuk ruam di payudara akibat hiperhidrosis, salah satu pengobatan yang paling efektif adalah obat antiperspiran. Selain itu, botox jug abisa digunakan untuk mengendalikan produksi keringat oleh kelenjar keringat. 

Masih ada banyak faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami ruam di sekitar kulit payudara. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab kondisi Anda secara pasti.

Pengobatan akan disesuaikan dengan faktor penyebab ruam di payudara Anda. Bila penyebabnya serius, dokter mungkin akan berfokus untuk menangani gejala kondisi dasar tersebut terlebih dahulu.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*