Jenis Work-out yang Efektif Bentuk Perut Kotak Kotak

  • January 19, 2021

Bagi sebagian orang, salah satu tanda kesuksesan dalam work out yang mereka jalankan adalah terbentuknya perut kotak kotak. Hal ini tentu tidak salah, meski tidak sepenuhnya tepat. Mengapa tidak sepenuhnya tepat? Jawabannya adalah karena tidak semua work out atau latihan fisik yang Anda lakukan bermuara pada terciptanya perut kotak kotak.

Ada beberapa work out atau latihan yang difungsikan untuk membangun massa otot pada tubuh bagian atas. Ada pula work out yang ditujukan untuk membentuk massa otot bagian bawah. Banyak pula work out yang dilakukan semata agar kebugaran atau kondisi fisik terjaga.

Jadi, pada intinya adalah tergantung jenis work out apa yang Anda lakukan. Dengan demikian, pahami dulu kebutuhan dan tujuan Anda sebelum melakukan work out. Tujuannya tentu saja agar apa yang Anda dapatkan nantinya sesuai. Nah, jika Anda memang berniat membentuk perut kotak kotak, berikut beberapa jenis work out yang bisa Anda lakukan:

  • Bicycle Crunch

Bicycle crunch adalah salah satu aktivitas latihan yang dilakukan dengan posisi terlentang atau tiduran. Jika Anda rutin melakukannya, jenis gerakan ini bisa membuat seseorang memiliki perut kotak kotak.

Untuk melakukan gerakan ini, seseorang hanya tinggal berbaring lurus di lantai atau alas matras. Lalu posisikan tangan di belakang kepala seperti saat melakukan sit up. Jangan lupa angkat sedikit kedua kaki ke atas.

Tekuk kaki kiri dan kanan bergantian seperti mengayuh sepeda. Angkat sedikit kepala dan bagian tubuh atasmu, kemudian arahkan siku tangan kanan ke lutut kiri begitu juga sebaliknya. Lakukan gerakan ini dengan irama tertentu dan pastikan harmonisasi gerakan terjaga. Seseorang dikatakan hanya perlu melakukan gerakan ini 30 detik setiap hari untuk mendapatkan bentuk perut kotak kotak.

  • Jackknife Sit-up

Gerakan ini mirip dengan Bicycle crunch, seseorang wajib memulainya dengan tiduran terlentang. Setelah itu, tarik napas dan angkat pinggang sambil mengangkat kedua lengan beserta kedua kaki hingga mereka saling bertemu.

Buang napas dan kembali ke posisi awal, lalu lakukan gerakan tadi beberapa kali selama 30 detik setiap hari secara rutin. Gerakan ini bisa Anda kombinasikan pula dengan gerakan bicycle crunch untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  • Plank

Plank mungkin menjadi salah satu gerakan yang sudah cukup populer. Selain mudah dilakukan, plank juga dapat dilakukan di mana saja tanpa perlu persiapan yang berarti. Seseorang hanya tinggal memposisikan tubuh seperti ketika akan melakukan gerakan push-up. Pusatkan beban tubuh ke kedua tangan, mulai siku sampai telapak tangan.

Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang dan usahakan posisi tubuhmu sejajar agar perut dapat kontraksi dengan maksimal. Nah, seseorang yang ingin memiliki perut kotak kotak wajib melakukan gerakan plank ini selama 30 detik dan rutin setiap hari.

  • Spiderman push-up

Pernah melihat gerakan atau posisi Spiderman ketika tengah merayap di dinding? Jika pernah, gerakan ini persis seperti itu. Dikatakan aktivitas ini memiliki hasil yang lebih efektif ketimbang push-up biasa jika Anda berniat membentuk perut kotak kotak.

Pasalnya Spiderman push-up ini bakal mempercepat proses pengecilan perut yang buncit dan membantu otot perutmu tampak ke permukaan. Lagi pula gerakan ini muda dilakukan. Anda perlu  memosisikan tubuh seperti akan melakukan gerakan push-up standar. Lalu, tarik lutut kanan sampai kira-kira ke siku tangan kanan.

  • Mountain climber

Sama seperti gerakan Spiderman push-up, gerakan mountain climber juga ampuh membentuk perut kotak kotak. Cara untuk melakukan gerakan ini mudah sekali, seseorang hanya perlu memosisikan dirinya seperti tengah mendaki gunung atau tanjakan curam. Aktivitas kaki dipadukan dengan posisi tubuh sedemikian rupa akan membuat massa otot di perut terbentuk.

Gerakan-gerakan di atas mungkin bisa menjadi jawaban bagi Anda yang ingin membentuk perut kotak kotak. Namun, perlu diingat bahwa kunci dari segala macam olahraga—apa pun tujuannya—adalah konsistensi. Terus lakukan aktivitas itu sebelum hasilnya bisa Anda nikmati.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*