Cara Atasi Kaki Bengkak Akibat Asam Urat

Cara Atasi Kaki Bengkak Akibat Asam Urat

  • June 9, 2021

Asam urat merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan purin di daerah persendian. Asam urat biasanya menyerang bagian kaki. Gejala asam urat pada kaki umumnya diawali dengan rasa nyeri dan kaki bengkak di persendian, kemudian menyebar ke persendian yang lain. Hal ini terjadi ketika kristal-kristal asam urat mengendap pada sendi dan menimbulkan peradangan. 

Pembengkakan yang disebabkan asam urat tidak hanya terjadi di sendi, tetapi bisa juga di posisi mana saja. Ada dua alasan mengapa pembengkakan bisa terjadi akibat asam urat. Pertama, bengkak muncul karena jaringan pelapis sendi bernama sinovium membengkak. Kedua, adanya peningkatan volume cairan synovial atau pelumas sendi saat terjadi peradangan. Pada tahap ini, penderita asam urat bisa jadi tidak akan mampu bergerak secara leluasa lagi. 

Penting untuk mengetahui cara menghindari asam urat agar aktivitas tetap dapat terlaksana tanpa terganggu kaki bengkak. Berikut ulasannya:

  • Hindari makanan penyebab asam urat 

Selain mengistirahatkan sendi kaki untuk sementara dan minum obat asam urat, penderita juga perlu melakukan perubahan gaya hidup. Salah satunya menghindari makanan penyebab asam urat yang mengandung purin tinggi. Antara lain daging merah, jeroan, emping, kacang-kacangan, ikan asin, makanan berlemak tinggi, dan alkohol.  

  • Kompres dengan es  

Mengkompres dengan es merupakan salah satu cara mengatasi asam urat dengan sangat mudah. Langkah ini juga disarankan oleh dokter, bagi mereka pengidap asam urat ketika gejala kaki bengkak muncul. 

Balut es batu dengan kain atau isi botol dengan air dingin dan es, kemudian letakkan di area yang mengalami nyeri. Untuk membuat sendi kaki rileks, kompres bagian kaki yang sakit dengan meletakkan es batu yang dibungkus kain beberapa jam sekali. Kompres dingin dapat mengurangi nyeri akibat peradangan sendi terkait asam urat. Bila perlu, penderita juga bisa memasukkan kaki yang bengkak ke dalam ember berisi air es.

  • Mengkonsumsi daun sidaguri

Khasiat daun sidaguri untuk asam urat sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, daun ini memiliki beberapa kandungan yang kaya akan manfaat seperti kalsium, asam amino, saponin, fenol, tannis, oksalat, alkaloid, minyak atsiri, lubrikan dan juga zata phlegmatic.

Mengkonsumsi daun sidaguri dipercaya dapat mengurangi kaki bengkak pada penderita asam urat. Kamu bisa meminum rebusan sidaguri atau mengoleskan tumbukan sidaguri pada bagian yang bengkak.

Kalau kamu sudah bisa mengatasi sakit atau kaki bengkak lantaran asam urat, penting pula untuk mengetahui cara mengontrol atau mengendalikan kadar asam urat di dalam dirimu: 

  • Mengendalikan berat badan

Kelebihan berat badan akan menempatkan terlalu banyak tekanan pada sendi. Hal ini membuat serangan nyeri akan terasa lebih menyakitkan. Untuk meminimalkan rasa sakit dan kadar asam urat yang lebih rendah, mempertahankan berat badan normal menjadi kunci utama. Menjaga berat badan normal juga mengurangi risiko mengembangkan komplikasi asam urat, seperti diabetes dan hipertensi. 

  • Minum banyak air putih

Memperbanyak konsumsi air putih dipercaya bisa membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dari tubuh dengan lebih cepat. Cara pencegahan asam urat secara alami ini bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari.

Selain melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh, memperbanyak konsumsi air putih juga bisa membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh. Kamu juga bisa memilih minuman yang diionisasi atau yang mengandung mineral.

  • Konsumsi makanan rendah purin 

Beberapa makanan yang tinggi purin dapat menyehatkan tubuh sehingga tujuannya adalah membatasi, alih-alih menghindari. Selagi membatasi makanan kaya purin, asupan makanan rendah purin juga perlu ditingkatkan. Beberapa makanan dengan kandungan purin rendah adalah produk susu rendah lemak, selai kacang, buah, sayur, kopi, roti, dan kentang. Perlu digaris bawahi bahwa perubahan pola makan tidak akan menghilangkan asam urat, ia hanya mencegah kadar asam urat tinggi.Nah, jadi kamu tahu kan jika asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kaki bengkak? Tentu saja ini akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Jika kamu memiliki berbagai keluhan seperti di atas, segera konsultasikan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*