Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Bengkak Tiba-tiba

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Bengkak Tiba-tiba

  • April 26, 2021

Mengalami bibir bengkak yang muncul secara tiba-tiba, tentu akan memunculkan rasa khawatir dan rasa tidak percaya diri. Terlebih jika bibir bengkak disertai rasa gatal yang mengganggu. 

Biasanya, sebagian orang mengalami pembengkakan bibir setelah bangun tidur. Penyebab paling umum yang biasanya membuat bibir bengkak ketika baru bangun tidur karena adanya penumpukan cairan. 

Sejumlah cairan yang berkumpul sehingga menumpuk pada jaringan bibir tersebut yang kemudian membuat bentuk bibir seolah tampak bengkak atau membesar.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang membuat bibir bengkak tiba-tiba. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Reaksi Alergi

Penyebab bibir bengkak secara tiba-tiba yang paling mungkin terjadi adalah akibat alergi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh makanan, minuman, dan obat-obatan.

Jika Anda mengalami bibir bengkak tiba-tiba dan baru saja mengonsumsi makanan dan minuman pemicu alergi seperti telur, seafood, kacang-kacangan, makanan yang mengandung rempah, maupun susu, mungkin ini adalah reaksi alergi. 

Selain itu, alergi juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang rentan menyebabkan alergi seperti penisilin dan antibiotik lain.  

Jika bibir bengkak yang Anda alami disebabkan oleh adanya peradangan, pemberian obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) biasanya disarankan. Contohnya, ibuprofen (Advil) atau kortikosteroid.

Infeksi 

Selain alergi, bibir bengkak bisa jadi karena infeksi. Munculnya jerawat di sekitar bibir bisa membuat bibir bengkak dan membesar. Selain itu, mengalami infeksi herpes di daerah sekitar mulut juga berdampak pada pembengkakan bibir.

Gejala dari infeksi herpes tersebut bisa dengan mudah muncul dalam waktu semalam, meski virus telah ada di dalam tubuh sebelumnya.

Bibir Kering dan Pecah-pecah 

Bibir bengkak juga merupakan efek dari kondisi bibir yang pecah-pecah. Pemicunya bisa karena cuaca dan kebiasaan menjilati bibir.

Kebiasaan menjilati bibir membuat air liur mudah menguap saat terkena kontak langsung dengan udara, sehingga membuat bibir kering.  

Untuk mengatasi bibir bengkak akibat kering, Anda bisa melakukan sejumlah cara seperti: 

  • Hindari kebiasaan menjilati bibir.
  • Oleskan pelembap dengan kandungan petroleum jelly
  • Pakai produk bibir dengan kandungan tabir surya 
  • Hindari kebiasaan mengelupas bibir yang kering

Cedera

Ada banyak hal yang bisa membuat bibir bengkak akibat cedera. Misalnya menggigit atau mengunyah makanan terlalu kuat, sehingga bagian bibir ikut tergigit dan akhirnya luka.

Cedera dapat membuat bibir bengkak dan membesar, munculnya luka, memar, atau sekadar goresan saja.

Tak hanya itu, kebiasan tidur dengan posisi tubuh miring tanpa sadar dapat menekan permukaan bibir. Inilah yang nantinya menimbulkan pembengkakan pada bibir selama Anda tidur.

Untuk mengatasi bibir bengkak akibat cedera,  Anda bisa menggunakan es batu yang telah dibungkus handuk atau kain. 

Lalu gunakan es tersebut untuk mengompres bagian bibir yang bengkak dan meradang. Sebaliknya, hindari menempelkan es tersebut langsung ke kulit karena berisiko mengakibatkan masalah yang lebih parah.

Gigitan Serangga

Semut atau serangga dapat menyebabkan bibir bengkak. Jika serangga tersebut menggigit atau menyengat tepat di bibir Anda, maka akan meninggalkan racun yang dapat menyebabkan bibir bengkak, muncul sensasi panas, hingga gatal. 

Untuk mengatasinya, biasanya cukup didiamkan beberapa waktu sampai bengkak tersebut menghilang dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bibir bengkak secara tiba-tiba. Apapun penyebabnya, penting untuk membersihkan area bibir secara rutin, terutama setelah makan. 

Jangan hanya mengusapnya dengan tisu, tapi Anda dianjurkan untuk membilas area mulut dengan air sehabis makan. Tujuannya agar sisa-sisa kotoran makanan tidak menempel pada bibir yang bengkak dan kemudian menyebabkan infeksi atau peradangan.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*