Koma Miksedema, Hipotiroidisme Parah yang Mengancam Jiwa

Koma Miksedema, Hipotiroidisme Parah yang Mengancam Jiwa

  • January 21, 2021

Proses metabolisme tubuh diatur oleh hormon tiroid, yang juga berperan terhadap fungsi organ, Hormon ini diproduksi di kelenjar tiroid yang terletak di bagian depan leher. Hipotiroid atau hipotiroidisme adalah kurangnya kadar tiroid, yang mengakibatkan seluruh fungsi tubuh terganggu. Salah satu hipotiroid yang paling umum adalah gondongan.

Namun ketika komplikasinya semakin parah, ini dapat mengakibatkan koma miksedema atau krisis miksedema. Kondisi ini jarang terjadi, namun lebih sering menyerang wanita usia lanjut. Jika tidak ditangani dengan baik, koma miksedema dapat menyebabkan kematian.

Penyebab koma miksedema

Koma miksedema lebih sering disebabkan karena kurangnya produksi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid (hipotiroid). Tapi, produksi hormon dalam jumlah berlebih (hipertiroidisme) juga dapat memicu kondisi tersebut. 

Kondisi ini juga dapat berkembang pada pasien dengan hipotiroidisme yang telah terjadi lama dan tak terdiagnosis, dan paling sering dipicu oleh infeksi, gagal jantung, penyakit serebrovaskular, dan terapi penggunaan obat. 

Tanda dan gejala

Pasien yang mengembangkan koma miksedema memiliki gejala hipotiroidisme yang sangat parah disertai dengan distorsi mental. Penderita krisis miksedema bukan berarti harus terbaring koma. Namun itu bisa menjadi komplikasi hipotiroidisme ekstrem.

Berikut adalah tanda dan gejalanya:

  • Hipotermia, dengan suhu tubuh mencapai hingga 26,6 ÂșC
  • Hipotensi
  • Bradikardi (jantung berdetak dengan lambat)
  • Tekanan nadi menurun, disertai dengan peningkatan tekanan diastolik
  • Sulit bernapas
  • Bengkak di sekitar mata (edema periorbital)
  • Lidah membesar (makroglosia)
  • Rambut kasar atau menipis
  • Perut membesar akibat penumpukan gas atau cairan (distensi abdomen)
  • Lebam atau memar
  • Kulit dingin, pucat, kering, bersisik, dan menebal
  • Kebingungan
  • Bicara melambat
  • Pingsan
  • Kejang

Harus segera ditangani

Koma miksedema adalah kondisi darurat medis. Jika setelah muncul gejala awal kondisi tidak segera diobati, risiko kematian bisa mencapai 50%. Bahkan dengan penanganan dini pun pasien masih memiliki risiko sebesar 25%. 

Selain itu, usia yang lebih tua, hipotermia persisten atau bradikardia, dan tingkat kesadaran rendah merupakan faktor prognosis buruk yang dapat meningkatkan angka mortalitas.

Pasien yang didiagnosis koma miksedema akan dibawa ke ruang ICU dan menerima tindakan  awal yang mencakup:

  1. Manajemen jalan napas

Kebanyakan pasien mengalami ketidakstabilan mental dan gagal napas, pemeliharaan jalan napas sangat penting. Pasien akan diberikan bantuan pernapasan selama 36-48 jam pertama, tapi beberapa pasien membutuhkannya selama 2-3 minggu.

  1. Penggantian hormon tiroid

Perawatan ini masih kontroversial karena kurangnya uji klinis. Perawatan diberikan secara intravena dengan beberapa jenis obat dan dosis yang disarankan. American Thyroid Association merekomendasikan terapi kombinasi dengan levothyroxine (T4) dan liothyronine (T3). Setelah pasien mampu minum obat melalui mulut, perawatan diubah ke bentuk oral.

  1. Terapi glukokortikoid

Perawatan diberikan untuk mengatasi kemungkinan insufisiensi adrenal akut dan hipopituitarisme pada pasien. Perawatan diberikan secara intravena dengan dosis yang telah ditentukan.

Pasien juga akan mendapatkan tindakan pendukung seperti penghangatan, pemberian obat infeksi, dan terapi hormon tiroid jika pasien mengalami hipotensi. Setelah kondisinya stabil, pasien dapat dipindahkan ke bangsal medis. 

Pada beberapa kasus, pasien myxedema coma membutuhkan perawatan bedah. Namun mereka berisiko tinggi mengalami komplikasi anestesi, serta komplikasi selama dan pasca operasi. 

Untuk meminimalisir komplikasi, dokter akan memberikan T4 dan glukokortikoid sebelum anestesi. Pemantauan ketat selama operasi dan pasca operasi dilakukan, yang meliputi pernapasan, jantung, dan volume serta status suhu.

Catatan

Di negara 4 musim, koma miksedema dapat berkembang selama musim dingin. Jika Anda menderita hipotiroid, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan dan memerhatikan setiap gejala yang muncul. 

Tanyakan mengenai gangguan tiroid dan koma miksedema pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*