Konsumsi Keripik Setiap Hari, Sehatkah Untuk Tubuh?

  • March 4, 2021
Keripik

Camilan tentu sering menjadi menu wajib harian banyak orang. Makanan ringan berupa camilan dapat dinikmati kapan saja. Salah satu jenis camilan yang nikmat adalah keripik. Berbagai jenis rasa dari keripik seperti manis, asin, gurih, hingga pedas bisa Anda dapatkan. Bahan pembuat keripik pun bermacam-macam. Anda dapat memilih keripik yang paling sesuai dengan selera Anda untuk dijadikan camilan ketika menonton film atau sekadar bersantai di sore hari. Akan tetapi, sehatkah jika keripik dikonsumsi terus menerus? Simak penjelasan lengkapnya.

Tips mengonsumsi camilan keripik 

Mengonsumsi keripik sayangnya tidak sama dengan mengonsumsi buah-buahan. Camilan ini akan menjadi kurang sehat jika dikonsumsi tiap hari sebab jika terlalu banyak dapat memicu kenaikan berat badan. Selain itu, mengonsumsi keripik berlebihan juga menyebabkan Anda menjadi kekurangan gizi. Untuk itu, jika ingin mengonsumsi keripik cobalah untuk terapkan tips berikut ini. 

  1. Batasi konsumsi keripik

Sesuka apapun Anda dengan rasa keripik, pastikan untuk membatasi konsumsinya. Buat menu camilan Anda variatif sehingga tidak terbatas hanya mengonsumsi keripik saja. Beberapa menu camilan lain yang lebih sehat bisa Anda coba misalnya buah segar.  

  1. Pilih keripik sehat

Perhatikan keterangan bahan dan bumbu yang ada pada kemasan sebelum membeli keripik. Anda bisa mengecek nilai gizi yang terkandung serta persentase dari berbagai bahan yang digunakan. Dengan begitu Anda pun bisa memilih keripik yang lebih sehat dari segi bahan dan kandungannya. 

  1. Imbangi dengan makanan sehat 

Saat mengonsumsi keripik Anda seringkali merasa kenyang dan merasa boleh tidak makan berat. Hal tersebut sangat keliru dan dapat memicu kekurangan gizi. Saat mengonsumsi keripik pastikan Anda tetap mengimbangi mengonsumsi makanan sehat sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tetap  terpenuhi. Berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh diantaranya yaitu vitamin, serat, mineral, karbohidrat, lemak baik, serta protein. 

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat tentu perlu dilakukan meski Anda tidak mengonsumsi keripik. Pastikan Anda mengonsumsi cukup air putih, menghindari rokok, mengurangi kafein dan alkohol, serta tidur yang cukup di malam hari. Olahraga teratur juga membantu menjaga berat badan tetap  ideal sebab mengonsumsi keripik terus menerus bisa menyebabkan kenaikan berat badan. 

Jenis keripik yang populer

Keripik sendiri memiliki berbagai bahan utama pembuat yang berbeda-beda dan variatif. Terdapat beberapa jenis keripik yang cukup populer di pasaran, yaitu: 

  1. Keripik singkong

Bahan singkong mudah ditemukan di Indonesia dan seringkali diolah menjadi keripik. Tanpa tambahan rasa atau hanya dengan taburan garam saja, keripik singkong sudah lezat disantap. Keripik singkong biasanya bisa dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Rasanya yang renyah dan gurih membuat keripik singkong digemari banyak orang. 

  1. Keripik kentang

Popularitas keripik kentang bersaing dengan keripik singkong. Selain mudah ditemukan, keripik kentang tersedia dalam berbagai rasa seperti balado, asin, keju, sapi panggang, dan lain sebagainya. Keripik ini bentuknya mirip seperti keripik berbahan singkong. Beberapa produk membuat keripik kentang berbentuk potongan bergelombang sehingga dapat dibedakan dengan keripik singkong. 

  1. Keripik tempe

Tempe ternyata bisa dimanfaatkan menjadi keripik, lho! Makanan ini cukup umum di Indonesia terutama di daerah Jawa. Bahkan keripik tempe ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Jawa Tengah khususnya daerah Banyumas. Keripik tempe ini nikmat dijadikan camilan atau pelengkap makan dengan nasi. 

  1. Keripik pisang 

Variasi jenis buah pisang di Indonesia sangatlah beragam. Hal tersebut memicu pengolahan pisang menjadi aneka makanan seperti jus, es buah, pisang goreng, pisang rebus, serta keripik. Pisang yang akan dijadikan keripik biasanya dikupas bersih kemudian diiris tipis-tipis. Setelahnya pisang yang telah diiris akan digoreng menggunakan minyak panas hingga kering. Umumnya keripik pisang memiliki 2 pilihan rasa yaitu manis dan asin. 

Mengonsumsi keripik tentu boleh dilakukan sebagai camilan Anda, namun pastikan memilih keripik yang kandungannya lebih sehat. Untuk mendapatkan keripik sehat berbagai jenis dengan mudah, Anda dapat membeli secara online melalui toko SehatQ. Anda dapat bertransaksi melalui aplikasi SehatQ dengan mengunduhnya melalui App Store atau Google Play. 

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*