Lakukan Cara Mudah Ini Saat Alami Lidah Terasa Terbakar

  • January 14, 2022

lidah terbakar - burnt tongue potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Memakan makanan pedas dan meminum minuman panas bisa membuat lidah terasa terbakar. Ketahuilah penyebab lainnya dan cara mudah menghilangkan sensasi lidah terasa terbakar tersebut.”

Lidah terasa terbakar memang sering terjadi pada kebanyakan orang. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, namun bisa juga disembuhkan dengan cara-cara yang sederhana. Jadi simak penyebab dan penyembuhannya di bawah ini.

Penyebab lidah terasa terbakar

Beberapa penyebab lidah terasa terbakar yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan pedas dan panas

Biasanya gangguan pada lidah ini sering terjadi karena Anda tidak memerhatikan suhu makanan atau minuman yang Anda konsumsi. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu bahwa suhu makanan dan minuman aman bagi lidah sebelum dikonsumsi. 

Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas juga akan memicu timbulnya lidah terasa terbakar. Sebab, di dalam cabai terdapat kandungan capsaicin yang memberikan efek pedas dan panas.

  1. Menyikat gigi terlalu keras

Pada saat Anda menyikat gigi, biasanya Anda akan membersihkan lidah pula. Nah, jika kegiatan membersihkan mulut itu dilakukan dengan keras maka akan menimbulkan efek berupa lidah terasa terbakar.

Selain itu, penggunaan obat kumur yang terlalu pedas secara terus menerus juga bisa menimbulkan sensasi lidah terasa terbakar juga. Oleh karena itu, hindarilah menggosok gigi terlalu keras dan gunakanlah obat kumur yang tidak menimbulkan efek samping untuk Anda. 

  1. Sindrom mulut terbakar

Bila lidah terasa terbakar berlangsung dalam waktu yang lama, maka bisa jadi Anda mengalami sindrom mulut terbakar. Sindrom ini memiliki gejala lidah terasa terbakar selama hitungan bulan bahkan tahun.

Sindrom ini tidak bisa dipastikan secara spesifik apa yang menjadi penyebabnya, sehingga Anda perlu melalukan konsultasi dengan dokter bila mengalami burning mouth syndrome ini.

  1. Penyebab lainnya

Penggunaan gigi palsu, mengalami cedera mulut, kekurangan vitamin hingga reaksi alergi terhadap suatu hal bisa menjadi penyebab lain lidah terasa terbakar.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa ketika Anda mengalami kondisi lidah terasa terbakar, itu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Kemudian, kondisi lidah terbakar dan panas tersebut juga memiliki tingkat keparahan yang pelu Anda ketahui.

Derajat keparahan lidah terbakar

Tingkat keparahan ini dipengaruhi oleh kondisi dan seberapa banyak lapisan lidah yang terluka.

  • Derajat keparahan pertama

Tingkat pertama ini luka bakar hanya terjadi di lapisan luar lidah. Kondisi yang Anda alami berupa munculnya rasa sakit hingga timbul kemerahan dan lidah membengkak.

  • Derajat keparahan kedua

Selanjutnya pada tingkat kedua Anda akan merasa sakit yang lebih parah dibandingkan dengan derajat pertama. Lidah terasa terbakar di bagian luar hingga lapisan bawah, bahkan lidah bisa menjadi lecet karena melepuh, bengkak, dan juga kemerahan.

  • Derajat keparahan ketiga

Lidah terasa terbakar dan timbulnya luka ini akan memengaruhi jaringan lidah paling dalam. Sehingga, lidah berubah menjadi putih atau hitam seperti kulit yang terbakar. Ketika sampai pada derajat keparahan ini, maka lidah akan mengalami mati rasa dan nyeri kronis.

Biasanya, sensasi lidah terasa terbakar ini hanya berlangsung selama dua minggu. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi lebih lama bila tidak ditangani dan keadaan semakin memburuk, khususnya pada derajat keparahan dua dan tiga.

Cara mudah mengatasi lidah terbakar

Penangan yang tepat saat mengalami sensasi lidah terasa terbakar akan mempercepat proses pemulihan lidah.

  1. Minum air dingin

Meminum air dingin atau menempelkan es batu bisa menurunkan suhu lidah yang sedang terbakar, dan juga menjaga mulut agar terus terhidrasi.

Alternatif lainnya juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi ice cream, yoghurt, atau minuman dingin lainnya. Hindarilah mengonsumsi makanan panas dan pedas selama lidah masih terasa terbakar.

  1. Madu dan gula

Bahan alami lainnya yang bisa meredakan rasa panas dan sensasi lidah terbakar adalah madu dan gula. Cukup dengan melapisi lidah dengan sesendok madu dan ditabur dengan gula maka biarkan bahan alami tersebut menghilangkan permasalahan lidah terbakar ini.

  1. Minum obat penghilang nyeri

Selain sensasi lidah terasa terbakar, kadang gangguan ini pun bisa menimbulkan rasa nyeri yang bisa mengganggu aktivitas Anda, seperti tidak nyaman saat makan dan berbicara. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri agar rasa sakit dan peradangan bisa ditangani.

Obat yang bisa Anda konsumsi adalah pracetamol atau ibuprofen.

Jika cara penanganan sederhana tidak bisa membuat lidah terasa terbakar Anda membaik, maka ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan lidah terbakar dengan tepat. Apalagi jika terjadi lidah terbakar diikuti oleh beberapa tanda infeksi, seperti demam, bengkak dan merah, hingga rasa nyeri yang semakin parah.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*