Manfaat Dari Lari Maraton

  • July 28, 2020

Jika Anda suka berlari, atau baru mencoba lari maraton, Anda mungkin terintimidasi oleh jaraknya. Meskipun lari maraton dapat menjadi sesuatu yang menakutkan dan menyakitkan, pelatihan untuk dan berlari maraton ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, pikiran, dan jiwa Anda.

Maraton adalah perlombaan jarak jauh dengan jarak resmi sekitar 42.195 kilometer, yang biasanya dilakukan sebagai road race. Walaupun terlihat sulit dan menguras tenaga, ternyata lari maraton memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika lari maraton:

  • Meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan¬†

Berlari secara teratur memperkuat jantung Anda dengan meningkatkan VO2 max Anda (kapasitas aerobik) dan juga membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol tinggi Anda pada tingkat yang sehat. Hal ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kekuatan otot Anda.

  • Kualitas tidur lebih nyenyak

Pelatihan lari maraton bisa melelahkan dan tubuh Anda akan membutuhkan tidur yang cukup untuk memperbaiki dirinya sendiri saat Anda beristirahat. Anda pasti akan menemukan diri Anda tidur lebih awal dan tidur jauh lebih nyenyak.

  • Mengencangkan bentuk kaki Anda

Penurunan berat badan seringkali menjadi tujuan para pelari maraton dalam pelatihan, tetapi, seperti yang diketahui banyak orang, hal itu tidak selalu terjadi. Meskipun Anda mungkin tidak kehilangan banyak berat badan, mencatat jarak sejauh itu akan meningkatkan massa otot tanpa lemak dan mengencangkan kaki Anda.

  • Mengurangi stres

Penelitian menunjukkan bahwa berlari di saat stres membantu Anda menangani tantangan hidup dengan lebih baik dengan meningkatkan ketahanan mental Anda.

  • Memiliki perasaan pencapaian yang luar biasa

Meskipun Anda akan mengalami proses yang mungkin berat selama pelatihan maraton dan selama perlombaan, semuanya layak dilakukan begitu Anda melewati garis finish. Anda akan merasa bangga mengetahui bahwa Anda menetapkan tujuan untuk menyelesaikan maraton dan Anda melanjutkannya.

Untuk mengikuti lari maraton, Anda perlu mengikuti program pelatihan enam bulan yang lambat dan mantap yang dirancang secara bertahap untuk membangun daya tahan dan jarak tempuh untuk sekelompok pelari pemula. Latihan tersebut juga memiliki dorongan yang mengesankan bagi kesehatan jantung Anda.

Namun perlu diingat, jika Anda memiliki kondisi atau masalah kesehatan tertentu, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*