Manfaat Ketoconazol Salah Satu Kandungan Shampo Ketomed

  • May 24, 2021

Shampo ketoconazol adalah sampo obat yang dirancang untuk mengobati infeksi jamur yang menyerang kulit kepala. Anda dapat menggunakannya untuk kondisi seperti ketombe membandel, psoriasis, dan lainnya. Shampo yang mengandung ketoconazole seperti shampo ketomed tersedia secara bebas dan dengan resep dari dokter. 

Shampo ini digunakan untuk mengontrol ketombe. Penggunaan shampoo ini dapat membantu meredakan pengelupasan, kulit bersisik dan gatal yang berhubungan dengan ketombe. Ketoconazole adalah antijamur azole yang bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan jamur. Ketoconazole 2% shampo yang juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang dikenal sebagai pityriasis tinea versicolor, infeksi jamur yang menyebabkan pencerahan atau penggelapan kulit leher, dada, lengan, atau kaki.

Penggunaan ketoconazol

Shampo ketoconazol biasanya diiklankan sebagai perawatan ketombe, dengan merek seperti shampoo ketomed tersedia di supermarket atau online untuk pembelian. Kulit kepala kering menyebabkan ketombe, sementara ketombe lainnya sebenarnya adalah dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik mungkin terkait dengan pertumbuhan berlebih Malassezia, jamur ragi yang secara alami ada di kulit Anda. Ketoconazol dapat membantu mengatasi ketombe dengan mengurangi jamur dan peradangan.

Psoriasis

Ketoconazol adalah pengobatan umum untuk psoriasis, penyakit kulit inflamasi lain yang menyebabkan pengelupasan kulit, plak kulit, dan kemerahan. Jamur mirip ragi sering menginfeksi plak kulit ini. Resep mungkin diperlukan untuk flare psoriasis.

Infeksi tinea

Shampo ketoconazol juga dapat mengobati tinea capitis dan panu. Tinea capitis adalah infeksi jamur dangkal seperti kurap yang mempengaruhi kulit kepala. Tinea versikolor adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jenis jamur yang secara alami hidup di kulit Anda.

Rambut rontok

Meskipun ketoconazol paling sering digunakan karena sifat antijamurnya untuk mengobati infeksi atau kondisi seperti dermatitis seboroik, ada bukti yang menunjukkan bahwa Ketoconazol juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut atau mengurangi kerontokan rambut. Satu studi percontohan kecil yang terdiri dari 15 orang dengan alopecia, misalnya, menemukan bahwa ketoconazole mungkin dapat meningkatkan pertumbuhan kembali rambut.

Bagaimana obat ini digunakan?

Ketoconazol resep datang sebagai krim dan shampo untuk dioleskan ke kulit. Ketokonazol yang dijual bebas tersedia sebagai shampo untuk dioleskan ke kulit kepala. Krim Ketoconazol biasanya dioleskan sekali sehari selama 2 sampai 6 minggu. Shampo ketokonazol resep biasanya dioleskan satu kali untuk mengobati infeksi. Shampo Ketoconazol yang dijual bebas biasanya digunakan setiap 3 hingga 4 hari hingga 8 minggu, dan kemudian digunakan sesuai kebutuhan untuk mengendalikan ketombe. 

Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda pahami. Gunakan ketoconazole persis seperti yang diarahkan. Jangan gunakan lebih banyak atau lebih sedikit atau gunakan lebih sering daripada yang diresepkan oleh dokter Anda.

Satu pengobatan dengan shampo ketoconazole resep mungkin berhasil mengobati infeksi panu. Namun, mungkin perlu waktu beberapa bulan agar warna kulit Anda kembali normal, terutama jika kulit Anda terpapar sinar matahari. Setelah infeksi Anda diobati, ada kemungkinan Anda akan mengembangkan infeksi panu lagi.

Jika Anda menggunakan sampo ketoconazole yang dijual bebas untuk mengobati ketombe, gejala Anda akan membaik selama 2 hingga 4 minggu pertama perawatan Anda. Hubungi dokter Anda jika gejala Anda tidak membaik selama waktu ini atau jika gejala Anda memburuk kapan saja selama perawatan Anda.

Sampo ketoconazol hanya untuk digunakan pada kulit atau kulit kepala. Jangan biarkan krim atau sampo ketoconazol masuk ke mata atau mulut Anda, dan jangan menelan obatnya. Jika Anda mendapatkan krim Ketoconazol atau shampo di mata Anda, cucilah dengan banyak air.

Untuk menggunakan krim, oleskan krim secukupnya untuk menutupi area yang terkena dan semua kulit di sekitarnya.

Apa Efek Samping Shampo Ketomed?

Efek samping yang umum dari sampo Nizoral meliputi:

  • gatal atau iritasi kulit ringan,
  • kulit kering,
  • tekstur rambut tidak normal,
  • pustula kulit kepala,
  • sifat berminyak dan kering pada rambut dan kulit kepala,
  • ruam,
  • gatal-gatal,
  • reaksi situs aplikasi, atau
  • sakit kepala.

Shampo Nizoral Selama Kehamilan dan Menyusui

Selama kehamilan, harus digunakan hanya jika diresepkan. Ini mungkin berbahaya bagi janin. Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama perawatan. Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI atau dapat membahayakan bayi yang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.

Interaksi dengan obat lain

Seseorang harus berbicara dengan dokter mereka tentang obat apa pun yang mereka minum. Seorang dokter dapat memberi tahu apakah obat-obatan tertentu akan mengganggu, atau bereaksi terhadap, shampoo ketomed.

Jika reaksi memang terjadi, seseorang harus berbicara dengan dokternya sesegera mungkin. Ada kemungkinan shampo atau obat alternatif dapat bekerja tanpa interaksi.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*