6 Manfaat Pepaya Bagi Kecantikan

6 Manfaat Pepaya Bagi Kecantikan

  • November 25, 2021

Siapa sangka bahwa ternyata terdapat kebaikan untuk kecantikan dari manfaat pepaya? Selain dikenal berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, buah ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah menarik. Pepaya merupakan buah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. 

Selama ini, pepaya dikenal sebagai buah yang memiliki khasiat untuk mengatasi sembelit atau memperlancar pencernaan. 

Selain itu, pepaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, mulai dari mencegah diabetes, jantung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan.

Pasalnya, buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kecantikan kulit, seperti Vitamin C, asam folat, likopen, dan asam pantotenik. Oleh karena itu, produk-produk kecantikan banyak yang memiliki kandungan ekstrak pepaya.

Lalu, apa saja manfaat pepaya bagi kecantikan?

1. Mencegah Tanda Penuaan

Kandungan-kandungan dalam pepaya seperti Vitamin C, Vitamin E, dan betakaroten memiliki manfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang tampak pada kulit. 

Misalnya, mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas yang mengakibatkan keriput dan tanda penuaan lainnya.

2. Baik Untuk Rambut

Pepaya memiliki khasiat yang baik untuk rambut. Kandungan Vitamin A dalam pepaya dapat menjaga kelembaban rambut. Beberapa manfaat lainnya bagi rambut adalah mencegah ketombe, menyuburkan rambut, serta menjadi kondisioner.

3. Melembabkan Kulit

Selain rambut, pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Kandungan Vitamin C dalam pepaya dapat membangun dan memelihara kolagen sehingga memberikan struktur pada kulit.

Pepaya juga bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kulit kering. Enzim yang ada dalam pepaya dapat mengatasi kulit kering dan bersisik. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memanfaatkan pepaya untuk dijadikan masker wajah. 

Cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan buah pepaya yang dihaluskan dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah, diamkan 30 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Mencegah Jerawat

Salah satu olahan pepaya yang bisa Anda coba adalah jus pepaya mentah untuk dioleskan pada kulit Anda yang terkena jerawat. Olahan ini bisa memberi manfaat berupa mencegah jerawat dan noda pada kulit.

Blender pepaya mentah untuk diekstrak menjadi jus, kemudian oleskan pada daerah yang terkena menggunakan kapas. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan wajah.

Jika diterapkan setiap hari, Anda akan mulai melihat perbedaan pada kulit.

5. Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Pepaya juga bisa mengatasi lingkaran hitam di bawah mata yang biasanya disebabkan kurang tidur.

Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan pepaya hijau sebagai masker. Caranya dengan menghaluskan ¼ cangkir buah pepaya hijau atau muda. Oleskan pada area bawah mata, diamkan 10 menit hingga mengering, bilas dengan air hangat.\

6. Mencerahkan Kulit 

Manfaat lain pepaya untuk kecantikan adalah mencerahkan kulit, khususnya pada wajah. Memanfaatkan kandungan vitamin A dan C, Anda bisa memanfaatkan masker pepaya untuk wajah.

Caranya, haluskan beberapa potong pepaya, 1 sendok makan madu, serta 1 sendok makan bubuk. Oleskan pada wajah, diamkan 20-30 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat pepaya bagi kecantikan. Manfaat ini bisa didapat melalui berbagai cara, mulai dari mengonsumsinya sebagai makanan, atau mengolahnya untuk dijadikan masker wajah.

Meski begitu, penggunaan pepaya sebagai masker wajah memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. 

Salah satunya mengenai kondisi jenis kulit wajah yang belum tentu cocok, seperti reaksi alergi misalnya. Jadi, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk menggunakan masker pepaya.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*