Menelan Magnet Menyebabkan Perforasi Usus pada Anak

  • March 31, 2020

Mungkin Anda pernah mendengar kasus anak balita yang menelan mainan plastik, kerikil, koin atau manik-manik. Kasus yang sekarang cukup banyak terjadi di berbagai negara adalah anak yang menelan mainan magnet atau bola-bola magnet. Para korban biasanya balita hingga remaja, yang menelan magnet secara sengaja maupun tidak disengaja. Jika tertelan lebih dari satu atau banyak, magnet tersebut dapat saling menempel dengan kuat di dalam saluran pencernaan sehingga mengakibatkan perforasi gastrointestinal.

Perforasi gastrointestinal merupakan luka atau lubang yang terbentuk di saluran pencernaan. Jadi lubangnya bisa saja muncul di esophagus, lambung, usus, dan usus besar. Jika saluran pencernaan berlubang, maka isinya bisa mengalir ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis atau radang pada lapisan rongga perut. Peritonitis sangat berbahaya karena infeksinya dapat masuk ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jika kondisi ini terjadi, korban bisa mengalami gagal organ-organ tubuh dan meninggal.

Umumnya, perforasi disebabkan oleh penyakit seperti diverticulitis, radang usus buntu dan penyakit Crohn. Bisa juga terjadi lubang akibat trauma fisik, seperti tusukan pisau dan luka tembak. Penyebab yang jarang terjadi, tapi saat ini kasusnya meningkat, adalah tertelannya benda asing seperti magnet yang dapat merusak organ pencernaan. Kasus anak yang menelan mainan magnet atau manik-manik gelang magnet hingga terjadi perforasi gastrointestinal terjadi di Inggris, Kanada, Amerika Serikat, dan Tiongkok. Orang tua tidak menyadari hal itu hingga anak-anak mereka mengeluhkan sakit perut yang hebat, demam, dan muntah yang mengeluarkan cairan berwarna aneh seperti kuning atau cokelat gelap.

Pada beberapa kasus tersebut, dokter terpaksa memotong dan membuang bagian usus yang berlubang karena sudah terlanjur rusak parah. saat anak dicurigai menelan dua magnet atau lebih, segeralah bawa ke rumah sakit. Menelan satu saja mungkin bisa membahayakan nyawa, tapi dua atau lebih kekuatan tarik-menarik antar magnet bisa menyebabkan organ pencernaan yang harusnya terpisah jadi saling menempel terbawa magnet dan timbul perforasi di area magnet menempel.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*