Mengenal Azithromycin 500mg, Obat Generik Untuk Infeksi Bakteri

  • September 29, 2021

Bakteri bisa ditemukan di mana saja, mereka bisa membawa manfaat tapi juga bisa membawa penyakit. Makhluk kecil bersel satu ini bisa berkembang dengan cepat yang dapat mengakibatkan penyakit seperti infeksi atau peradangan. Beberapa bakteri yang menyebabkan infeksi termasuk E. coli yang sudah sering didengar, Streptococcus, dan Staphylococcus.

Pengobatan penyakit atau infeksi akibat bakteri biasanya dengan obat antibiotik. Penggunaan antibiotik harus tepat dan sesuai anjuran, oleh karenanya banyak antibiotik yang didapat harus dengan resep dokter. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tubuh dari resistensi antibiotik, yaitu kondisi di mana bakteri sudah kebal dengan pengobatan antibiotik yang diberikan.

Azithromycin Novell Kaplet 500 mg  harga terbaik

Salah satu obat antibiotik untuk atasi infeksi adalah Azithromycin 500mg. Azithromycin 500mg banyak dijual dengan bentuk tablet, kaplet, kapsul, hingga sirup sesuai dengan perusahaan farmasi yang membuatnya. Salah satu yang akan kita kenali adalah Azithromycin Novell Kaplet 500 mg. Berikut penjelasan selengkapnya tentang obat Azithromycin. 

Azithromycin 

Azithromycin adalah golongan obat antibiotik yang digunakan pada orang dewasa maupun anak-anak untuk mengobati infeksi telinga atau infeksi dada. Obat ini dapat digunakan dalam jangka panjang untuk mencegah infeksi dada pada orang yang perlu mendapatkannya secara terus-menerus.

Azithromycin 500 mg sendiri banyak digunakan untuk mengobati infeksi dada, seperti pneumonia, infeksi hidung dan tenggorokan (sinusitis), infeksi kulit, penyakit Lyme, dan beberapa infeksi menular seksual.

Obat ini tersedia dengan resep dokter dalam bentuk kapsul, tablet dan cairan, dapat juga diberikan melalui suntikan, tetapi ini biasanya hanya dilakukan di rumah sakit.

Azithromycin Novell Kaplet 500 mg

Seperti namanya, obat Azithromycin ini diproduksi oleh Novell dan termasuk dalam obat generik golongan antibiotik makrolida. Obat generik maksudnya adalah obat yang memiliki mulai dari bahan aktif, manfaat, efek, takaran, keamanan, kekuatan, mutu, cara kerja dan cara pemakaian yang sama dengan obat bermerek.

Obat generik biasanya dijual dengan nama yang sama dengan kandungan aktifnya, ada juga yang dijual dengan mereka tapi nama dagangnya tidak akan jauh berbeda dengan nama kandungannya.

Azithromycin 500 mg termasuk dalam golongan antibiotik makrolida yang berarti antibiotik untuk melawan beragam infeksi bakteri, seperti strain bakteri streptococci, staphylococci, listeria, clostridium, hingga corynebacterium.

Karena merupakan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, maka Azithromycin 500 mg tidak dimungkinkan dapat mengobati infeksi yang diakibatkan virus dan jamur. 

Azithromycin Novell 500 mg terindikasi dalam mengobati pasien dengan:

  • Infeksi kulit dan jaringan lunak
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Penyakit kencing nanah yang tidak berkomplikasi
  • Penyakit menular seksual yang menyebabkan peradangan pada alat kelamin dan menahun 

Komposisi dan penggunaan Azithromycin 500 mg

Azithromycin 500 mg berbentuk kaplet salut selaput yang harus dikonsumsi utuh dengan tidak boleh digigit, dikunyah, digerus atau dibuka selaputnya. Kaplet ini dirancang khusus agar dapat meluruh di saluran cerna yang sudah ditentukan.

Karena termasuk obat keras, maka harus didapat dan dikonsumsi sesuai dengan resep atau anjuran dari dokter agar efektivitas obat bekerja dengan baik dan tidak menyebabkan bakteri menjadi kebal. Dalam satu kapsul obat ini mengandung Azitromisin 500 mg dan dapat dikonsumsi setelah makan.

Untuk dosisnya sendiri bergantung pada usia dan berat badan. Untuk dewasa dapat diminum 3 kali sehari sebanyak 500 mg selama 3 hari di mana 500 mg sebagai dosis tunggal pada hari pertama. Lalu, dapat dilanjutkan sebanyak 250 mg, 1 kali sehari selama 4 hari.

Sementara untuk anak-anak usia lebih dari 6 bulan, dapat diberikan dengan dosis 10 mg/kg. Untuk berat badan 15-25 kg dapat dengan dosis 200 mg, 26-35 kg diberikan dosis 300 mg, dan berat badan 36-45 kg sebanyak 400 mg. Semua dosis tersebut diminum selama 3 hari.

Dosis di atas hanya dasar umum, untuk dosis lebih tepatnya, Anda bisa mengikuti dengan yang tertulis pada resep dokter. Cara meminumnya sendiri setidaknya 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan. 

Azithromycin 500 mg adalah obat antibiotik yang dapat mengatasi beragam infeksi bakteri dan termasuk dalam obat keras dengan resep dokter. Obat ini termasuk obat generik yang sama dengan obat bermerek. Perhatikan dosis dan cara pemakaiannya sesuai dengan yang telah diresepkan dokter dan diberitahukan oleh tenaga kesehatan lainnya.Anda bisa menebus obat Azithromycin 500 mg secara online dengan melampirkan resep dokter Anda di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ melalui website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Apoteker SehatQ akan membantu Anda dalam memproses transaksi. Download sekarang aplikasinya di App Store atau Play Store.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*