aggravan

Mengenal Obat Antiplatelet Aggravan dan Cara Kerjanya

  • May 27, 2021

Gumpalan darah yang terbentuk di pembuluh darah bisa jadi sumber berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke hingga serangan jantung. Untuk mengurangi penggumpalan darah yang terjadi, biasanya dokter akan meresepkan obat pengencer darah untuk pasien. Ada berbagai jenis dan mereknya, seperti obat Aggravan

Obat pengencer darah bukan obat yang bisa didapat secara bebas dan harus menggunakan resep dokter. Sebab, jika obat yang tergolong keras ini dikonsumsi sembarangan, bisa menyebabkan berbagai efek samping berbahaya, seperti misalnya darah akan sulit membeku hingga tubuh jaid lebih mudah mengalami perdarahan.

Contoh Obat Pengencer Darah

Mungkin Anda bisa melihat ada beragam jenis obat pengencer darah yang ada di pasaran. Obat ini secara umum dibagi dalam dua kelompok, yaitu obat antikoagulan dan antiplatelet. 

Adapun contoh dan merek obat antikoagulan seperti warfarin, dabigtran, heparin, rivaroxaban, apixaban, edoxaban, fondaparinux, dan enoxaparin.

Sedangkan contoh obat antiplatelet yaitu aggravan, clopidogrel, prasugrel, ticagrelol, aspirin, dipyridamole, ticlopidine, dan eptifibatide. 

Bagaimana Cara Kerja Obat Pengencer Darah?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa obat pengencer darah ini berguna untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah. Ada dua kelompok yang sejak tadi disebutkan, yaitu antikoagulan dan antiplatelet. Apa beda keduanya?

  1. Cara kerja obat antikoagulan

Obat antikoagulan bekerja dengan menghambat proses terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah. Gumpalan darah ini terbentuk sebenarnya untuk menghentikan pendarahan karena luka. Akan tetapi, apabila gumpalan terbentuk di pembuluh darah, maka bisa menghambat aliran darah yang mengalir ke organ-organ vital tubuh.

Pembekuan darah ini terjadi karena adanya faktor seperti protein yang dibuat di hati. Protein ini tidak bisa terbentuk tanpa vitamin K. Di sinilah peran obat antikoagulan, yaitu untuk melawan vitamin K yang berusaha membentuk gumpalan darah.

  1. Cara kerja obat antiplatelet

Obat pengencer darah jenis antiplatelet ini bekerja dengan cara mencegah sel-sel darah (platelet) menempel satu sama lain, yang nanti bisa melekat di dinding pembuluh darah.

Efeknya, obat antiplatelet ini sebenarnya lebih lemah dibanding antikoagulan. Obat antiplatelet biasanya diresepkan untuk pasien yang berisiko tinggi mengalami penyumbatan pembuluh darah, bukan mengobati pasien yang sudah mengalami penyumbatan pembuluh darah.

Perlu diingat bahwa cara kerja obat pengencer darah ini bisa dipengaruhi oleh interaksinya dengan obat lain. Jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain, maka bisa menghilangkan efeknya sama sekali, bahkan bisa meningkatkan risiko bahaya kesehatan.

Adapun obat yang bisa menimbulkan interaksi dengan obat pengencer darah lain adalah antibiotik, antikonvulsan, obat golongan kortikosteroid, antidepresan, dan obat antiinflamasi non steroid.

Mengenal Obat Antiplatelet Aggravan 

Salah satu obat antiplatelet adalah aggravan tablet. Obat ini berguna mengatasi kekurangan suplai darah akibat adanya masalah pembuluh darah. Selain itu, obat aggravan ini juga bisa meredakan nyeri ketika berolahraga. 

Dalam obat ini terdapat kandungan cilostazol yang berperan sebagai antiplatelet atau pengencer darah, antitrombotik yang berguna mencegah penggumpalan trombosit, dan vasodilator yang berfungsi melebarkan pembuluh darah. 

Namun, obat Aggravan ini tidak dianjurkan dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami kondisi:

  • Pasien dengan perdarahan
  • Fragilitas kapiler
  • Pasien yang mengalami gangguan perdarahan akibat kekurangan faktor pembekuan darah
  • Pasien batuk berdarah
  • Perdarahan di saluran kemih
  • Perdarahan di saluran cerna bagian atas
  • Ibu menyusui
  • Pasien penderita gagal jantung
  • Wanita hamil
  • Perdarahan di bagian ruang vitreus atau antara lensa dan retina
  • Pasien yang hipersensitif terhadap obat Aggravan dan juga komponen-komponennya.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*