Obat Panu Mana yang Paling Efektif? Perlukan Resep Dokter?

  • March 1, 2020

Penyakit panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak heran, produk obat panu juga banyak dijual di pasaran. Penyakit panu sewajarnya perlu segera diatasi agar tidak menimbulkan rasa gatal berkepanjangan.

Panu disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia furfur yang sebenarnya hidup di kulit Anda. Namun, ketika jamur tersebut tumbuh secara berlebihan, maka ia dapat menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut ditandai dengan timbulnya bercak pada permukaan kulit yang berwarna lebih terang atau lebih gelap dibanding dengan warna kulit sebenarnya.

Gejala panu umumnya mudah untuk timbul jika kondisi kulit berminyak, memproduksi banyak keringat, sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan juga iklim lingkungan yang panas. Bercak yang timbul pada kulit ini dapat mengganggu penampilan, sehingga menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Salah satu cara yang paling umum untuk mengatasi panu, yaitu dengan menggunakan obat panu yang dijual dalam berbagai bentuk, seperti salep, krim, hingga losion dan sabun. Namun, Anda juga dapat mengatasi panu dengan cara yang dapat dilakukan sendiri di rumah, seperti:

  • Sampo khusus anti ketombe

Kandungan zinc, pyrithione, asam salisilat, dan selenium sulfida dalam sampo ini dapat menjadi obat panu yang efektif. Caranya, cukup oleskan sampo di lokasi panu, diamkan selama 5 menit, dan bilas. Lakukan cara ini selama dua minggu. Namun, jika timbul reaksi iritasi, segera hentikan cara ini.

  • Obat panu oles khusus

Berbagai merek obat panu oleh tersedia di pasaran. Pilihlah obat panu dengan kandungan clotrimazole, miconazole, dan terbinafine.

Jika kedua cara di atas masih tidak membuahkan hasil, maka Anda perlu berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan cara penanganan yang tepat. Dokter akan meresepkan obat tertentu, seperti:

  • obat oles resep dokter

Obat ini umumnya mengandung bahan aktif ketoconazole dan harus digunakan sehari sekali secara rutin. Hasil dari obat ini akan mulai terlihat pada hari ke-11 penggunaan.

  • Obat anti jamur

Dikarenakan panu disebabkan oleh jamur, maka obat jamur haruslah menjadi pilihan. Dokter akan meresepkan obat anti jamur dengan kandungan ketoconazole dan fluconazole.

  • Pembersih kulit

Wilayah yang cenderung bercuaca panas memicu tumbuhnya panu. Alternatif lain dari obat jamur dan oles dari dokter, yaitu sabun khusus yang dapat Anda gunakan setiap kali Anda mandi untuk menghilangkan panu secara menyeluruh.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*