OBH Combi Anak Redakan Gejala Flu pada anak

  • September 3, 2021

Anak demam disertai batu pilek? Bisa jadi anak Anda terserang gejala flu. Gejala flu pada anak tampak seperti pilek pada umumnya. Namun, orang tua perlu mengetahui bahwa gejala flu dan pilek merupakan dua penyakit yang berbeda. Gejala flu umumnya diikuti dengan demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Orang tua bisa memberikan obat untuk mengatasi gejala flu yang ada di pasaran seperti obh combi anak.

Lalu apa yang membedakan gejala flu dan pilek? Anak-anak sebenarnya rentan terserang segala penyakit karena kondisi imunnya yang masih lemah. Apalagi jika dibarengi dengan aktivitas yang banyak tanpa menjaga pola makan dan istirahat yang tidak teratur. Karena itu, orang tua perlu lebih memperhatikan aktivitasn dan pola makan anak.

Pilek dan flu merupakan dua penyakit yang sering menyerang anak. Keduanya pun sering dikira penyakit yang sama. Padahal, sebenarnya berbeda. Keduanya memang diawali dengan rasa tidak enak badan, bersin, dan rasa tidak nyaman pada hidung, Tapi kemudian, gejalanya akan terasa berbeda.

Jika anak mengalami penyakit pilek, tidak akan disertai dengan gejala yang lebih parah. Namun, untuk penyakit flu, anak bisa memiliki gejala lanjutan seperti tubuh lemas, penurunan nafsu makan, bahkan hingga demam tinggi.

Perlu diketahui bahwa anak bayi yang di bawah enam bulan butuh penanganan yang serius ketika mengalami flu karena berisiko untuk dirawat di rumah sakit. Bahkan pada beberapa kasus jika flu yang meyerang sudah sangat parah dapat menyebabkan kematian. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh bayi umur di bawah 6 bulan belum sepenuhnya berkembang dan masih sangat lemah sehingga tidak bisa melawan virus penyebab flu.

Flu dan pilek juga disebabkan oleh dua jenis virus berbeda. Bila pilek banyak disebabkan oleh virus corona, rhino virus dan  lainnya, flu seringnya disebabkan oleh virus influenza. Gejala saat terinfeksi virus influenza pun akan lebih berat seperti demam tinggi 3 hingga 5 hari disertai dengan batuk, sakit tenggorokan, dan tidak nafsu makan.

Jika sudah terserang flu, ada baiknya langsung memberikan pertolongan pertama. Orang tua bisa memberikan obat flu seperti obh combi anak yang dijual bebas di pasaran. OBH combi anak memang merupakan obat khusus yang diformulasikan meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-besin.

Kandungan ekstrak succus liquiritiae serta amonium klorida bekerja efektif untuk melegakan tenggorokan. Cara kerja kedua zat ini adalah dengan mengencerkan dahak atau sputum sehingga dahak bisa keluar dengan mudah bersama batuk. 

OBH combi anak juga dilengkapi dengan pseudoefederine HCI yang dapat membantu meredakan pembengkakan pada pembuluh dara hidung. Saluran napas pun akan lebih terbuka dan anak bisa bernapas dengan lega seperti biasanya. Tidak hanya aman dikonsumsi, obh combi anak juga memiliki varian rasa yang anak suka, seperti madu dan jeruk.

Yang perlu diwaspadai adalah efek samping dari obat ini, yaitu mengantuk. Kandungan paracetamol pada obat ini bisa membuat anak menjadi mengantuk. Biarkan anak berisitarahat untuk meredakan gejala flu dengan cepat. 

Selain itu, mungkin ada pertanyaan perlukah untuk membawa anak ke dokter saat mengalami pilek dan flu? Ada yang mengatakan, anak bisa dibawa ke dokter setelah demam terjadi selama 3 hari berturut-turut dan tidak langsung reda meski sudah diberi obat. Tetapi ada juga yang merekomendasikan untuk segera pergi ke dokter apabila anak terlihat sangat lemas, meskipun demamnya baru terjadi selama satu hari.

Yang perlu dihindari orang tua adalah pemberian antibiotik tanpa resep dokter. Sebab, antibiotik bukan untuk jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, melainkan bakteri. Orang tua cukup memberikan obat redakan gejala flu yang aman untuk anak seperti OBH combi untuk pertolongan pertama. Dan, pastikan takaran yang diberikan kepada anak sesuai dengan yang dianjurkan.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*