olahraga rounders

Olahraga Rounders, Permainan Menyenangkan yang Mirip Kasti

  • January 26, 2021

Salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh adalah berolahraga. Olahraga juga akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama sehingga dapat meningkatkan kesehatan mental. Salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan secara beregu adalah olahraga rounders.

Jenis olahraga ini tidak jauh berbeda dengan olahraga kasti. Mulai dari penggunaan bola, teknik permainan, dan lapangan yang digunakan olahraga rounders mirip dengan olahraga kasti.

Apa Itu Olahraga Rounders?

Olahraga rounders merupakan salah satu jenis olahraga bola kecil yang dilakukan oleh 2 regu. Tiap regu berisi 6 hingga 15 orang (di Indonesia umumnya 12 pemain) dan dalam satu permainan jumlah maksimal pemain yang berada di lapangan adalah 9 orang.

Lapangan untuk olahraga ini berbentuk segi lima dengan panjang sisi 15 meter. Tiap sudut diberi base dengan bentuk bujur sangar yang berfungsi sebagai tempat hinggap.

Seorang pemain olahraga rounders yang hebat harus mampu menguasai teknik melempar, menangkap, memukul, dan menghindari sentuhan bola.

Sejarah Olahraga Rounders

Rounders adalah olahraga yang berasal dari Chicago Amerika Serikat pada tahun 1887 yang diperkenalkan oleh George Hanchock. Olahraga ini kemudian berkembang ke penjuru dunia dan juga dikenal di Indonesia.

Walaupun tidak se-terkenal olahraga kasti, olahraga rounders di Indonesia juga memiliki banyak peminat yang terlihat dari berdirinya klub rounders di beberapa daerah. Olahraga ini juga pernah dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 1969 di Surabaya.

Peralatan dalam Olahraga Rounders

Sebelum memulai olahraga, Anda harus menyiapkan peralatan yang digunakan dalam permainan ini. Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah tongkat pemukul dan bola. Panjang tongkat rounders adalah 50-80 cm dengan diameter 7 cm dan untuk bola rounders adalah bola kecil yang keras.

Selain tongkat pemukul dan bola, Anda juga harus menyiapkan lapangan tempat bermain. Lapangan harus dilengkapi dengan tempat hinggap atau base, tiang bendera batas, dan garis pembatas yang dapat digambar dengan menggunakan serbuk kapur.

Cara Bermain Olahraga Rounders

Seperti yang telah disebutkan, olahraga rounders dimainkan oleh 2 regu. Tiap regu memiliki dua kali giliran dalam melakukan pukulan serta menjaga lapangan (bertahan). Berikut cara bermain bagi tim pemukul:

  • Masing-masing pemain melakukan pukulan sebanyak 3 kali
  • Berlari ke tiang hinggap setelah berhasil memukul bola dengan membawa tongkat pemukul
  • Satu nilai diberikan untuk tiap base yang berhasil dilewati pemukul
  • Bagi pemukul yang berhasil ke ruang bebas tanpa dimatikan tim penjaga akan mendapatkan nilai 5
  • Homerun berlaku ketika pemain berhasil melewati semua base dan kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri. Pemukul juga akan mendapatkan nilai 6

Tim penjaga dapat mematikan lawan dengan cara berikut:

  • Membakar base

Tim penjaga menangkap bola dan menguasai base sebelum pelari atau pemukul sampai ke base.

  • Melakukan tik

Setelah membakar base, tim penjaga menyentuhkan bola ke tubuh pelari sebelum menginjak base.

Jika tim pemukul telah mati sebanyak 6 kali atau tim penjaga berhasil menangkap bola sebanyak 5 kali, maka tiap tim dapat bertukar posisi. Tim pemukul juga dapat menjadi tim penjaga jika alat pemukul terlepas dari tangan pemukul karena hal ini dianggap membahayakan pemain. Untuk menentukan pemenang dapat dilihat dari tim yang paling banyak mengumpulkan nilai salah satu ronde.

Manfaat Olahraga Rounders

Selain menyenangkan, olahraga rounders tentunya memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat tubuh bergerak aktif karena pemain harus menggerakkan tangan untuk memukul dan menangkap bola serta berlari.
  2. Mengasah otak dengan menyusun strategi agar dapat memenangkan permainan
  3. Membantu untuk menghilangkan stres
  4. Meningkatkan keterampilan sosial karena olahraga ini dilakukan bersama orang lain sehingga juga meningkatkan interaksi dengan lingkungan sekitar

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Anda dapat memilih olahraga rounders sebagai alternatif olahraga bersama rekan-rekan di hari libur sehingga Anda dapat memastikan tubuh tetap bugar.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*