Organ Pernapasan: Penting Untuk Dijaga

  • July 3, 2020
Cara menjaga organ pernapasan ternyata ada banyak, termasuk minum air putih dan banyak bercocok tanam

Salah satu organ yang penting di dalam tubuh adalah organ pernapasan. Manusia perlu menjaga organ pernapasan jika ingin hidup sehat. Ada berbagai cara untuk menjaga organ tersebut, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Pandemi Virus Corona

Meskipun organ pernapasan dapat dijaga dengan pola hidup yang sehat seperti di atas, saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 dimana setiap orang perlu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Salah satu gejala yang dialami pasien akibat virus Corona adalah gangguan pernapasan. Hal tersebut dapat memicu kematian. Meskipun para peneliti menyatakan bahwa vaksin akan tersedia pada awal tahun 2021, manusia dapat mencegah penularan virus Corona dengan mematuhi himbauan pemerintah.

Ada berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus Corona, salah satunya adalah isolasi diri di rumah. Dengan isolasi diri di rumah, Anda dapat menjaga kondisi pernapasan Anda. Organ pernapasan tidak hanya berupa paru-paru, namun juga terdiri dari hidung, mulut, dan tenggorokan. Oleh karena itu, jika Anda ingin keluar rumah, Anda wajib menggunakan masker.

Cara Menjaga Organ Pernapasan

Jika Anda ingin menjaga organ pernapasan, Anda dapat mengikuti cara-cara di bawah ini:

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Jika Anda ingin menjaga organ pernapasan, maka salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sebaiknya Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung vitamin dan mineral sebagai berikut: vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, kalium, selenium, dan magnesium.

  • Minum air putih

Anda juga dihimbau untuk mengkonsumsi air putih setiap hari. Banyak minum air putih tidak hanya dapat mencegah dehidrasi, namun juga demi menjaga kondisi pernapasan. Jika Anda banyak minum air putih, maka lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyebabkan gangguan pernapasan.

  • Rajin berolahraga

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah berolahraga, terutama pada saat pandemi virus Corona. Berolahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga pernapasan manusia. Caranya sederhana, Anda tidak perlu berolahraga yang berat, namun setidaknya harus aktif bergerak seperti berjalan-jalan. Hal tersebut dapat membantu melancarkan sirkulasi di dalam tubuh.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga, Anda juga dihimbau untuk mengkonsumsi obat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh supaya Anda dapat fokus untuk melakukan aktivitas sesuai kebutuhan. Contoh obat yang bisa Anda konsumsi adalah obat vitamin C.

  • Rajin menjaga kebersihan

Anda juga sebaiknya menjaga kebersihan jika ingin menjaga kondisi pernapasan. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah sering mencuci tangan dengan sabun setidaknya 20 detik. Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai penggantinya.

  • Hindari polusi

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah Anda hindari polusi. Polusi seperti asap rokok atau kendaraan bisa memicu gangguan pernapasan, terutama jika mereka memiliki gejala asma. Oleh karena itu, Anda sebaiknya gunakan masker untuk mencegah paparan melalui udara.

  • Periksa diri secara berkala

Cara lain yang sebaiknya Anda lakukan adalah periksa diri secara rutin. Orang-orang bisa melakukan medical check up di rumah sakit. Jika Anda memeriksa diri secara rutin, maka Anda dapat memantau kondisi Anda, apakah Anda terkena berbagai penyakit pernapasan atau tidak. Banyak penyakit pada sistem pernapasan manusia yang tidak menimbulkan gejala, namun baru dialami jika kondisinya memburuk.

Kesimpulan

Cara untuk menjaga organ pernapasan mudah, hanya ikuti cara-cara yang disebutkan di atas. Jika Anda mengalami gangguan pada pernapasan dan kondisinya memburuk, Anda sebaiknya periksa diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*