Paronikia, Nanah Pada Kuku

  • June 29, 2020
Paronikia merupakan infeksi kulit di sekitar kuku tangan dan kaki Anda

Paronikia adalah infeksi kulit di sekitar kuku dan kuku kaki Anda. Bakteri atau sejenis ragi yang disebut Candida biasanya menyebabkan infeksi ini. Bakteri dan ragi bahkan dapat bergabung dalam satu infeksi.

Tergantung pada penyebab infeksi, paronikia dapat muncul perlahan dan berlangsung selama berminggu-minggu atau muncul tiba-tiba dan hanya berlangsung selama satu atau dua hari. Gejala paronychia mudah dikenali dan biasanya dapat dengan mudah dan berhasil diobati dengan sedikit atau tanpa kerusakan pada kulit dan kuku Anda.  Infeksi Anda bisa menjadi parah dan bahkan mengakibatkan kuku Anda hilang sebagian atau seluruhnya jika tidak dirawat.

Paronikia juga disebut whitlow. Hal ini mungkin berhubungan dengan felon, yaitu infeksi pada pulpa di ujung jari. Paronikia bisa akut, yaitu kurang dari 6 minggu atau kronis dimana kondisi bertahan lebih dari 6 minggu.

  • Paronikia akut

Infeksi akut hampir selalu terjadi di sekitar kuku dan berkembang dengan cepat.  Biasanya akibat kerusakan pada kulit di sekitar kuku karena menggigit, memetik, hangnail, manikur, atau trauma fisik lainnya.  Bakteri Staphylococcus dan Enterococcus adalah agen infeksi yang umum dalam kasus paronychia akut.

  • Paronikia kronis

Paronikia kronis dapat terjadi pada jari tangan atau kaki Anda, dan ia muncul perlahan. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu dan sering kembali. Hal ini biasanya disebabkan oleh lebih dari satu agen penular, seringkali Candidayeast dan bakteri.

Paronikia kronis lebih umum terjadi pada orang yang terus-menerus bekerja di air.  Kulit yang basah secara kronis dan perendaman yang berlebihan mengganggu penghalang alami kutikula. Hal ini memungkinkan ragi dan bakteri tumbuh dan berada di bawah kulit untuk membuat infeksi.

Gejala paronikia akut dan kronis sangat mirip. Kondisi ini sebagian besar dibedakan dari satu sama lain oleh kecepatan serangan dan durasi infeksi. Infeksi kronis datang perlahan dan berlangsung selama berminggu-minggu. Infeksi akut berkembang dengan cepat dan tidak bertahan lama.  Kedua infeksi dapat memiliki gejala berikut:

  • Kemerahan kulit di sekitar kuku Anda
  • Kelembutan kulit di sekitar kuku Anda
  • Lepuh berisi nanah
  • Perubahan bentuk, warna, atau tekstur kuku
  • Pelepasan pada kuku Anda

Terdapat beberapa penyebab paronikia akut dan kronis. Penyebab yang mendasari masing-masing adalah bakteri, ragi Candida, atau kombinasi dari dua agen.

  • Paronikia akut

Agen bakteri yang diperkenalkan ke daerah sekitar kuku Anda oleh beberapa jenis trauma biasanya menyebabkan infeksi akut.  Hal ini bisa terjadi dari menggigit atau mencungkil kuku atau hangnail, ditusuk oleh alat manikur, menekan kutikula Anda terlalu agresif, dan jenis cedera serupa lainnya.

  • Paronikia kronis

Agen yang mendasari infeksi pada paronikia kronis yang paling umum adalah ragi Candida, tetapi bisa juga bakteri. Karena ragi tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab, infeksi ini sering disebabkan oleh kaki atau tangan Anda yang terlalu sering dalam air. Peradangan pada paronikia kronis juga berperan.

Dalam kebanyakan kasus, dokter dapat mendiagnosis paronikia hanya dengan mengamatinya.

Dokter Anda dapat mengirim sampel nanah dari infeksi Anda ke laboratorium jika pengobatan tampaknya tidak membantu.  ni akan menentukan agen penular yang tepat dan akan memungkinkan dokter Anda meresepkan pengobatan terbaik. Beberapa bukti laboratorium infeksi, seperti:

  • Mikroskop pewarnaan gram dapat mengungkapkan bakteri
  • Mikroskopi kalium hidroksida dapat mengungkapkan jamur
  • Kultur bakteri
  • Penyeka virus
  • Tzanck smears
  • Guntingan kuku untuk kultur (mikologi)

Perawatan di rumah seringkali sangat berhasil dalam mengobati kasus-kasus ringan. Jika Anda memiliki koleksi nanah di bawah kulit, Anda dapat merendam area yang terinfeksi dalam air hangat beberapa kali sehari dan mengeringkannya secara menyeluruh sesudahnya. Perendaman akan mendorong area untuk mengalir sendiri. Dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik jika infeksinya lebih parah atau jika paronikia tidak menanggapi perawatan di rumah. 

Paronikia kronis lebih sulit diobati. Anda harus pergi ke dokter karena perawatan di rumah tidak mungkin berhasil. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antijamur dan menyarankan Anda untuk tetap mengeringkannya. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat bagian kuku Anda.  Perawatan topikal lain yang menghambat peradangan juga dapat digunakan.

Paronikia akut biasanya hilang sepenuhnya dalam beberapa hari, dan jarang kambuh pada orang sehat. Namun paronikia kronis dapat bertahan selama berbulan-bulan atau lebih dan dapat terulang pada individu yang memiliki kecenderungan. Jika Anda memiliki gejala-gejala paronikia, Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*