Pentingnya Menjaga Peredaran Darah Kecil agar Tetap Sehat

  • April 3, 2020

Sistem peredaran darah besar dan sistem peredaran darah kecil berfungsi melawan penyakit, bekerjasama dengan sistem kardiovaskular, menjaga suhu tubuh tetap normal, dan menyalurkan ke seluruh tubuh zat-zat yang diperlukan untuk mencapai kondisi homeostasis atau keseimbangan semua sistem tubuh.

Sistem peredaran darah memiliki komponen penting, yaitu:

  • Jantung yang selalu berdenyut dan berfungsi sebagai pompa yang membuat sistem peredaran darah terus berjalan.
  • Pembuluh arteri yang berfungsi membawa darah kaya kandungan oksigen keluar dari jantung
  • Pembuluh vena yang berfungsi membawa darah penuh karbondioksida ke paru-paru untuk ditukar dengan oksigen
  • Darah sebagai kurir yang mengantarkan oksigen, nutrisi, hormone, antibody dan sebagainya ke seluruh jaringan tubuh.

Sistem peredaran darah terdiri dari peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah besar atau disebut juga peredaran sistemik berawal di bilik kiri jantung yang memompa darah kaya oksigen melalui aorta ke seluruh tubuh. Ketika dalam darah tinggal tersisa karbon dioksida, maka darah akan kembali ke bilik kanan jantung. Sedangkan peredaran darah kecil yang disebut peredaran pulmonal berawal saat darah mengandung karbondioksida dipompa oleh arteri pulmonal dari bilik kanan jantung ke paru-paru, setelah menukar karbondioksida degan oksigen di paru-paru, darah mengalir ke bilik kiri jantung lewat vena paru-paru.

Gangguan pada peredaran darah ini bisa menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung,

Oleh karena itu sistem peredaran darah mesti dijaga supaya tetap lancar menjalankan fungsinya.

Konsumsi vitamin dan suplemen yang sesuai bisa bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah.

Namun hal itu juga mesti dilengkapi dengan gaya hidup sehat yang seperti:

  • Tidak merokok atau berhenti merokok. Racun-racun dari rokok bisa membuat pembuluh darah mengerut dan mengakibatkan sirkulasi darah tidak lancar.
  • Rutin berolahraga. Olahraga secara rutin merupakan salah satu cara terbaik meningkatkan sirkulasi darah. Lakukan jenis olahraga aerobic seperti jogging, renang, bersepeda, zumba dan sebangainya untuk meningkatkan ketahanan jantung serta paru-paru.
  • Tidak stress. Saat seseorang menderita stress, pembuluh darah mengerut jadi kaku sehingga sirkulasi darah terganggu. Stres kadang-kadang perlu tetapi harus dikendalikan agar tidak berkepanjangan dan menimbulkan gangguan di jantung serta pembuluh darah.
  • Minum yang cukup. Sebagian besar darah terbentuk dari cairan, karena itu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik supaya aliran darah selalu lancar.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*