Perlukah Perawatan Wajah Berkedut; Kedutan di Wajah?

  • April 1, 2021

Wajah berkedut; kedutan di wajah dikenal pula dengan istilah “hemifacial spasm”. Ini merupakan gangguan sistem saraf di mana otot di salah satu sisi wajah berkedut tanpa disengaja. Hemifacial spasm biasanya sering disebabkan karena pembuluh darah yang menyentuh saraf wajah, namun kondisi ini juga dapat disebabkan karena cidera saraf wajah ataupun tumor, atau bahkan tidak memiliki penyebab sama sekali. 

Adakah perawatan wajah berkedut?

Untuk melakukan diagnosis terhadap kondisi wajah berkedut; kedutan di wajah Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa tanda-tanda hemifacial spasm. Untuk menentukan penyebab kondisi Anda dan membuat rencana perawatan yang paling tepat, tes pencitraan dapat dibutuhkan. Magnetic resonance imaging (MRI) menggunakan magnet dan gelombang radio yang sangat kuat untuk menciptakan gambar kepala dengan detail dan menentukan penyebab utama kondisi wajah berkedut; kedutan di wajah Anda. Dokter dapat menyuntikkan zat pewarna kontras ke dalam pembuluh darah untuk melihat pembuluh darah yang tidak normal yang mungkin dapat mengiritasi saraf wajah. 

Pada dasarnnya, Anda dapat mengurangi gejala wajah berkedut; kedutan di wajah di rumah dengan mendapatkan cukup istirahat serta membatasi konsumsi kafein, yang mana dapat menenangkan saraf. Mendapatkan cukup nutrisi tertentu juga dapat mengurangi gejala wajah berkedut; kedutan di wajah. Contoh nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin D, yang mana bisa Anda dapatkan dari telur, susu, dan sinar matahari; magnesium, yang bisa Anda peroleh dari almond dan pisang; chamomile, yang tersedia dalam bentuk teh ataupun tablet suplemen, dan blueberries, yang mana mengandung antioksidan yang dapat menenangkan otot. 

Perawatan yang paling sering digunakan untuk mengatasi wajah berkedut; kedutan di wajah adalah penenang otot oral yang dapat mencegah otot Anda berkedut. Dokter dapat merekomendasikan satu atau lebih obat-obatan untuk menenangkan otot wajah seperti baclofen, clonazepam, dan carbamazepine. Suntikan botulinum toxin type A, juga dikenal dengan nama botox, juga sering digunakan untuk merawat hemifacial spasm. Dalam perawatan jenis ini, dokter akan menggunakan jarum untuk menyuntikkan zat kimia botox dalam jumlah kecil ke wajah di dekat otot yang berkedut. Botox akan membuat otot menjadi lemah dan dapat mengurangi kedutan Anda seama 3 hingga 6 bulan sebelum Anda membutuhkan suntikan lainnya. 

Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan obat-obatan tersebut sebelumnya seputar efek samping dan interaksi dengan obat-obatan lain yang mungkin sedang Anda konsumsi saat ini. Apabila obat dan suntikan botox tidak efektif dalam mengatasi wajah berkedut; kedutan di wajah, dokter dapat merekomendasikan tindakan bedah medis atau operasi untuk melepaskan tekanan apapun yang ada pada saraf wajah yang dapat disebabkan karena tumor atau pembuluh darah. 

Prosedur bedah medis yang sering dilakukan untuk mengatasi wajah berkedut; kedutan di wajah adalah microvascular decompression (MVD). Dalam prosedur ini, dokter Anda akan membuat bukaan kecil di tengkorak di bagian belakang telinga dan meletakkan sebuah padding Teflon di antara saraf dan pembuluh darah yang menekannya. Tindakan bedah medis ini hanya akan memakan waktu sekitar beberapa jam saja, dan Anda bisa kembali ke pulang rumah setelah menghabiskan waktu beberapa hari di rumah sakit untuk proses pemulihan. Wajah berkedut; kedutan di wajah juga dapat disebabkan oleh kondisi serupa yang disebut trigeminal neuralgia. Kondisi ini disebabkan karena kerusakan atau iritasi pada saraf kranial ke 5 dan bukan ke 7. Trigeminal neuralgia juga dapat diatasi dengan obat-obatan dan prosedur yang sama dengan wajah berkedut; kedutan di wajah.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*