Produk Penumbuh Rambut Alami Aman untuk Ibu Hamil

Produk Penumbuh Rambut Alami Aman untuk Ibu Hamil

  • October 6, 2021

Masalah yang dialami sebagian ibu hamil, yaitu kerontokan rambut. Adakah produk penumbuh rambut yang aman untuk ibu hamil?

Perubahan hormon kerap terjadi saat masa kehamilan. Salah satu dampak dari perubahan hormon yang paling terlihat pada ibu hamil yakni perubahan rambut. Rambut terlihat kian sehat dan berkilau. Sayangnya, untuk sebagian ibu hamil lainnya bisa mengalami hal yang berbeda. Rambut mereka mengalami kerontokan dan pertumbuhan rambut yang lambat.

Kerontokan rambut yang dialami dapat diperparah oleh beberapa kondisi lainnya dari ibu hamil seperti terjadinya stres, kekurangan zat besi, atau mengalami masalah medis di masa kehamilan.

Untuk mengurangi dampak dari perubahan hormon tersebut, salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan rambut dengan produk penumbuh rambut alami yang aman di masa kehamilan serta bebas dari zat kimia berbahaya seperti paraben, sulfat (SLS/SLES), ammonia, dan silikon.

Beberapa produk penumbuh rambut alami yang aman bagi ibu hamil:

1. Lidah Buaya

Khasiat dari lidah buaya sudah dikenal dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Folikel rambut yang tersumbat bisa diatasi dengan penggunaan lidah buaya secara rutin untuk mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala.

Produk penumbuh rambut ini juga bisa ditemukan di mana saja. Penggunaannya mudah hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Berikan waktu secukupnya sampai gel meresap ke dalam rambut sebelum rambut dibilas.

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri merupakan bahan masakan yang juga memiliki manfaat untuk merawat kerontokan rambut. Selain itu, produk penumbuh rambut ini mampu menghitamkan dan membuat rambut berkilau sekaligus aman untuk digunakan oleh ibu hamil.

Untuk mendapatkan minyaknya, Anda perlu siapkan biji kemiri yang telah dikupas untuk disangrai dalam wajan tanpa minyak hingga matang. Setelah itu, hanya perlu tumbuk halus atau bisa juga diblender sampai mengeluarkan minyak. 

3. Minyak Kelapa

Minyak lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat rambut rontok di masa kehamilan adalah minyak kelapa. Ada kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa yang berfungsi untuk memberikan protein yang hilang dari rambut. Untuk pengaplikasian minyak kelapa, perlu memperhatikan jenis rambut terlebih dahulu. Sebaiknya untuk rambut cenderung berminyak menghindari pemakaian minyak kelapa pada bagian kulit kepala.

Cukup oleskan 2 sendok makan minyak kelapa pada rambut. Anda bisa tunggu 1-2 jam agar kandungan minyak kelapa meresap ke rambut. Anda juga bisa memijat kulit kepala selama masa tunggu tersebut untuk melancarkan peredaran darah.

4. Ekstrak Bawang Putih

Mungkin tidak semua orang dapat tahan dengan aroma dari bawang putih, terutama pada ibu hamil trimester pertama yang mengalami peningkatan pada sensitivitas penciuman. Namun rupanya, ekstrak bawang putih berkhasiat untuk melawan kerontokan rambut. Fitokimia yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menutrisi akar dan merangsang pertumbuhan rambut.

Anda bisa langsung oleskan sari-sari bawang putih di kulit kepala. Biarkan beberapa saat sebelum nantinya Anda bilas. Produk penumbuh rambut ini aman diaplikasikan kurang lebih 2 kali dalam seminggu.

5. Air Kelapa Hijau

Selain produk penumbuh rambut yang telah disebutkan, salah satu produk penumbuh rambut yang bermanfaat untuk mengatasi kerontokan di masa kehamilan adalah air kelapa hijau. Rambut akan terhidrasi secara natural karena kandungan kalium, vitamin E, dan vitamin K dalam air kelapa hijau. 

Tak perlu dioleskan pada rambut. Cukup rutin mengonsumsi air kelapa hijau untuk mendapatkan kandungan baik yang ada di dalamnya untuk rambut Anda yang lebih sehat.

Itulah beberapa produk penumbuh rambut alami yang bisa diterapkan untuk ibu hamil yang tengah mengalami kerontokan rambut. Perawatan kesehatan rambut alami ini sebaiknya sudah dilakukan di awal masa kehamilan sebagai bentuk pencegahan kerontokan rambut yang lebih parah. 

Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh dan tetap terhidrasi terutama di masa perubahan hormon saat kehamilan.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*