Ragam Manfaat Renang Gaya Kupu-Kupu, dari Menurunkan Berat Badan Hingga Fleksibilitas

  • February 17, 2021

Renang adalah olahraga yang disukai banyak orang. Ada banyak sekali teknik berenang dan setiap gaya renang memiliki peminatnya masing-masing. 

Kelebihan dari olahraga renang adalah rendahnya cedera namun memiliki banyak manfaat kesehatan. Menariknya lagi, setiap teknik dalam olahraga air tersebut ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda. 

Misalnya, salah satu manfaat renang gaya kupu-kupu yang paling terkenal adalah menurunkan berat badan. 

Berenang gaya kupu-kupu dapat membakar kalori dalam jumlah besar

Manfaat renang gaya kupu-kupu untuk kesehatan

Manfaat renang gaya kupu-kupu bisa dirasakan perenang baik dengan tujuan kompetisi atau hanya untuk olah tubuh. 

Gaya renang kupu-kupu termasuk teknik yang sulit dilakukan. Teknik ini membakar paling banyak kalori diantara gaya renang lainnya, yaitu 450 kalori dalam 30 menit berenang. Sementara teknik lainnya hanya bisa membakar sekitar 200-250 kalori dalam kurun waktu yang sama. Karena hal inilah gaya kupu-kupu sangat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. 

Berikut manfaat renang gaya kupu-kupu yang bisa Anda dapatkan.

  1. Menguatkan otot 

Teknik kupu-kupu mengandalkan hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak. Otot perut dan punggung bawah dibutuhkan untuk mengangkat tubuh saat bernapas. Otot kaki mendukung kaki bergerak seperti ekor ikan. Otot lengan dan bahu juga diperlukan selama gerakan lengan. 

Melakukan gerakan yang konstan dan berulang saat berenang akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot karena massa air lebih rapat daripada udara. Berenang bisa mengencangkan otot tanpa harus memaksa tubuh mengangkat alat pemberat. 

  1. Memperbaiki postur tubuh

Diperlukan postur tubuh yang tepat saat melakukan teknik renang gaya kupu-kupu. Melibatkan otot punggung dan bahu, berenang memperkuat tingkat stabilitas inti. Ini memperbaiki kesalahan postur tubuh saat Anda duduk atau beraktivitas.

  1. Meningkatkan kemampuan pernapasan

Perenang harus tahu kapan waktu mengambil napas yang tepat. Keterlambatan mengambil napas bisa mengganggu ritme dan menyebabkan kesalahan saat melakukan teknik kupu-kupu.

Selain itu, bernapas saat berenang memaksa Anda menghirup volume udara lebih banyak daripada biasanya. Ini melatih paru-paru dan meningkatkan kapasitasnya menjadi lebih besar.

  1. Tubuh lebih fleksibel

Gaya renang kupu-kupu membutuhkan koordinasi gerak dari lengan, kaki, dan bahu untuk bisa mencapai sisi kolam lainnya. Melibatkan sebagian besar otot tubuh, perenang diharuskan menjaga tubuh tetap stabil saat lengan dan kaki bergerak secara bersamaan. 

Posisi tubuh selama berenang dengan gaya kupu-kupu akan meningkatkan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan. 

Tips berenang bagi pemula

Tips dan trik berikut ini bisa membantu Anda menjadi perenang yang lebih baik.

  • Kenakan kacamata renang Anda satu jam sebelum mulai berenang supaya Anda bisa menyesuaikan dan terbiasa dengannya. Siapkan kacamata yang sesuai dengan cuaca, misalnya lensa cerah untuk hari berawan atau berkabut, dan set gelap untuk hari yang cerah. 
  • Lakukan pemanasan yang baik sebelum masuk kolam untuk menghindari kram selama berenang. 
  • Gunakan sirip renang untuk membantu latihan tendangan. Sirip renang juga bisa meningkatkan kelenturan pergelangan kaki Anda. 
  • Gunakan penutup telinga silikon untuk mencegah iritasi dan infeksi telinga.
  • Siapkan handuk kecil untuk membersihkan, menyeka, dan mengeringkan tubuh.
  • Berinteraksi dengan perenang berpengalaman untuk mendapatkan panduan dan tip berenang yang baik.

Catatan

Jika Anda menyukai tantangan, berenang dengan gaya kupu-kupu adalah pilihan yang tepat. Meskipun ada banyak manfaat dari renang gaya kupu-kupu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai program renang untuk memastikan kondisi Anda cukup sehat untuk melakukan olahraga tersebut. 

Anda bisa menanyakannya langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play Store.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*