Rekomendasi Suplemen Penambah ASI

  • January 14, 2022

Suplemen penambah ASI seperti merupakan salah satu pilihan para ibu untuk meningkatkan produksi ASI mereka. ASI merupakan salah satu sumber makanan untuk bayi berusia di bawah enam bulan. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar anak terus diberikan ASI setidaknya sampai mereka berusia satu tahun. Bahkan WHO merekomendasikan agar anak terus menyusui hingga mereka berusia dua tahun.

Rekomendasi Suplemen Penambah ASI

Namun sayangnya tidak semua ibu sukses memberikan ASI pada anaknya. Ada beberapa ibu yang memiliki masalah mulai dari produksi ASI yang sedikit hingga kondisi mereka yang harus bekerja sehingga tidak bisa memberikan ASI secara langsung. Disinilah suplemen penambah ASI berperan untuk membantu meningkatkan produksi ASI ibu sehingga anak bisa terus mendapatkan ASI eksklusif dari ibu mereka.

Ada beberapa rekomendasi suplemen penambah ASI yang bisa ibu pilih, diantaranya adalah:

  1. Mom Uung

Mom Uung merupakan salah satu suplemen penambah ASI yang banyak menjadi pilihan ibu menyusui. Memiliki kandungan ekstrak daun kelor dan ekstrak ikan gabus yang keduanya dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Bukan hanya itu saja, kandungan daun kelor mengandung zat besi sehingga dapat mencegah anemia pada ibu menyusui.

Bagi ibu menyusui yang mendapatkan luka jahitan perineum pasca melahirkan normal atau operasi caesar, ikan gabus bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan karena kandungan albumin yang ada di dalamnya.

Ibu menyusui bisa mengonsumsi suplemen Mom Uung sebanyak 2 kapsul, 2 kali sehari.

Harga: Rp 70.000/ 30 kapsul.

  1. Herba ASIMOR

Selain daun kelor, daun katuk juga bermanfaat untuk melancarkan serta meningkatkan produksi ASI. Hal ini bahkan sudah terbukti melalui berbagai penelitian. Herba ASIMOR mengandung ekstrak daun katuk, fraksi ikan gabus dan torbangun yang keduanya dapat meningkatkan produksi ASI. Daun torbangun sendiri dalam sebuah penelitian sudah terbukti mampu meningkatkan volume asi hingga 65% tanpa mengurangi kualitas dan nutrisi ASI.

Anda bisa mengonsumsinya 1 tablet, 2 kali sehari.

Harga: Rp 70.000/ 30 kapsul.

  1. Herbamed Lactaron

Merupakan suplemen herbal yang memiliki kandungan daun katuk, temulawak, sambiloto, adas, tapak liman dan kunyit. Kandungan tersebut mampu melancarkan serta meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Kandungan sambiloto yang ada pada suplemen ini juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui.

Untuk dosis yang disarankan adalah 2 kapsul, 3 kali sehari.

Harga: Rp 110.000/ 50 kapsul.

  1. Asifit

Satu lagi suplemen penambah ASI yang memiliki kandungan ekstrak daun katuk. Daun katuk berperan untuk meningkatkan hormon prolaktin guna merangsang produksi ASI. Asifit juga mengandung vitamin seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12 yang bermanfaat untuk ibu dan bayi. Vitamin B12 sendiri memang dibutuhkan bayi untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan perkembangan otak.

Penggunaan Asifit adalah 1 hingga 2 tablet, 3 kali sehari.

Harga: Rp 22.000/ 10 tablet.

  1. Mama Choice’s Breastfeeding Support

Suplemen satu ini memiliki kandungan ekstrak daun katuk dan fenugreek yang berperan untuk meningkatkan produksi ASI. Selain itu, suplemen penambah ASI dari Mama Choice’s ini juga dapat meningkatkan kualitas ASI karena kandungan almond dan kedelai yang ada di dalamnya. Mengonsumsi suplemen tersebut juga mampu menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi.

Ibu menyusui dapat mengonsumsi 1 hingga 2 kapsul, 2 kali sehari.

Harga: Rp 109.000/ 30 kapsul.

Selain dengan mengonsumsi suplemen penambah ASI, Anda juga harus rajin menyusui bayi setidaknya 8 hingga 12 kali sehari untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Dan jangan lupa untuk memompa ASI di antara waktu menyusui.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*