Sakit Bronkitis? Kunjungi Dokter THT di Jakarta Timur

  • January 5, 2021

Tabung bronkial Anda mengirim udara dari trakea ke paru-paru. Saat tabung tersebut meradang, lendir dapat menumpuk di dalamnya. Kondisi ini disebut dengan istilah bronkitis, dan dapat menyebabkan beberapa gejala seperti batuk, sesak napas, dan demam ringan. Bronkitis dapat bersifat akut atau kronis. Bronkitis akut biasanya bertahan selama kurang dari 10 hari, namun batuk dapat terus terjadi selama beberapa minggu. Sementara itu, bronkitis kronis dapat bertahan selama beberapa minggu dan biasanya akan kambuh kembali. Kondisi ini lebih sering dijumpai pada orang-orang yang menderita asma atau emphysema. Apabila Anda menderita batuk dan sesak napas yang tidak kunjung sembuh, kunjungi dokter THT di Jakarta Timur untuk mendapatkan pemeriksaan, diagnosa, dan perawatan. 

Gejala bronkitis akut

Hubungi dokter THT di Jakarta Timur apabila Anda menderita gejala bronkitis seperti hidung meler, radang tenggorokan, tubuh terasa lelah, bersin-bersin, mengi, mudah merasa dingin, sakit otot atau punggung, dan demam dengan suhu tubuh mencapai 38 derajat Celsius. Setelah infeksi terjadi, ada kemungkinan Anda akan menderita batuk. Batuk bersifat kering untuk kemudian berubah menjadi produktif, dalam arti akan menghasilkan lendir. Batuk produktif adalah gejala bronkitis akut yang paling sering dijumpai dan dapat terjadi selama 10 hari hingga 3 minggu. Gejala lain yang bisa Anda perhatikan di antaranya adalah adanya perubahan warna lendir, dari putih menjadi hijau atau kuning. Hal ini bukan berarti infeksi yang Anda derita disebabkan karena virus ataupun bakteri; hal ini berarti sistem kekebalan tubuh Anda sedang bekerja. Periksakan diri ke dokter THT di Jakarta Timur sesegera mungkin apabila Anda menderita gejala seperti turunnya berat badan yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya, batuk kasar, kesulitan bernapas, sakit dada, demam bersuhu 38 derajat Celsius atau lebih, dan batuk yang terus menerus terjadi selama lebih dari 10 hari. 

Diagnosa dan Perawatan

Dalam banyak kasus, bronkitis akut biasanya akan hilang sendirinya tanpa perlu perawatan khusus. Namun, apabila Anda memutuskan untuk mengunjungi dokter THT di Jakarta Timur, mereka akan melakukan pemeriksaan fisik seperti mendengarkan suara paru-paru saat Anda bernapas, dan memeriksa gejala mengi. Dokter juga akan menanyakan perihal batuk yang Anda alami, seberapa sering batuk terjadi dan apakah batuk Anda mengeluarkan dahak. Apabila dokter tidak yakin dengan diagnosa Anda, mereka akan merekomendasikan sinar-X dada untuk membantu dokter mengetahui apakah Anda menderita pneumonia atau tidak. Tes dan kultur darah juga dapat dibutuhkan apabila dokter THT di Jakarta Timur berpikir Anda memiliki infeksi lain selain bronkitis. 

Kecuali gejala Anda bersifat parah, tidak ada banyak hal yang bisa dokter THT di Jakarta Timur lakukan untuk merawat bronkitis akut. Dalam banyak kasus, perawatan biasanya terdiri dari “home care”, seperti menggunakan humidifier, teh jahe, dan madu untuk membuat Anda merasa lebih baik. Antibiotik tidak direkomendasikan penggunaannya untuk orang-orang yang menderita bronkitis akut. Kebanyakan kasus bronkitis disebabkan karena virus, dan antibiotik tidak akan efektif melawan virus, sehingga obat tidak akan bermanfaat untuk Anda. Akan tetapi, apabila Anda menderita bronkitis akut dan memiliki risiko tinggi dalam menderita pneumonia, dokter dapat meresepkan antibiotik pada musim demam dan flu. Ini disebabkan karena bronkitis dapat berkembang menjadi pneumonia, dan antibiotik dapat membantu mencegah hal tersebut untuk terjadi. Gejala bronkitis akut biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu.

fadli

E-mail : admin@euskanikross.net

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*